pendidikan dan ketidaksesuaiannya

Discussion in 'General Discussion' started by megatrans, Apr 15, 2016.

Tags:
  1. megatrans

    megatrans Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    43
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    beberapa hari yang lalu saya mengajari sepupu saya yang masih duduk dikelas 4 sd di sekolah di sekolah yang cukup mahal dan ternya buku tugasnya cukup bahkan sangat tdak sesuai dan cenderung memaksakan karena ada beberapa soal yang berbunyi seperti ini :

    1. Tenaga apa yang mempengaruhi permukaan bumi

    2. Pengertian sudut

    3. Mengapa benda bisa mengapung

    menurut saya pertanyaan seperti ini belum saatnya diberikan karena materi nya pun belum diberikan seperti materi fisika dan geografi. seperti pertanyaan no 3 hal ini kan gara gara massa jenis benda < massa jenis larutan selain itu pertanyaan nya pun agak membingungkan bilamana sang anak melakukan studi kasus dai pasti bingung, untuk usia segitu studi kasusnya bakal seperti ini:

    1. Minyak mengapung diair

    2. Besi tenggelam diair

    3. Perahu besi mengapung di air

    4. Busa mengapung dia air

    5. Telor tenggelam diair

    6. Telor mengapung di air garem

    7. dia mengapung waktu berenang di air

    8. diriku kelelep diair

    oloeh karenaitu seharusnya lebih memperhatikan hal ini lebih seksama jangan asal ngasih materi ama soal.

    hal lain yang perlu diperhatikan adalah kesetaraan dalam dunia pendidikan pada saat sekarang ini tampaknya uang menjadi tolak ukur dalam mendapatkan pendidikan coba anda perhatikan buku yang beredar di sekolah sekolah saat ini tiap sekolah memilki buku pegangannya masing-masing yang sesuai dengan kurikulum saat ini namun konten dari setiap penerbit buku itu pastilah berbda beda selain itu kuriklum yang berganti ganti menyebabkan buku pegangan pun berubah rubah sedangkan materi nya masih itu itu juga dan kurikulum itu bukankah tehnik atau cara atau metode belajaar yang berlaku sesuai ketetapannya sedangkan bukankah gurulah yang seharusnya menentukan metoda belajar siswanya karena merekalah yang berinteraksi secara langsung dengan para siswa bukan di atur oleh pemerintah.

    menurut saya alangkah lebihbaik sistem dahulu waktu jaman prsiden suharto diterapkan kembali dan di tingkatkan salah satunya buku. Materi dan konten buku itu seharusnya disamaratakan untuk semua sekolah yang berlaku sehingga konten materi bagi guu dan siswa itu sama di seluruh indonesia baik swasta ataupun negri ataupun sekolah mahal. nah disitu gur akan berlomba untuk meningkatkan kualitas metode pembelajarannya sehingga terlihat sekolah berkualitas itu ditentukan oleh guru dan manajemne sekolahnya itu sendiri.
     
Loading...

Share This Page