Pengalaman 3 Tahun Menjadi Blogger

Discussion in 'Blogger' started by Muhammad Khoir, Oct 26, 2016.

  1. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,834
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Assalamu'alaikum Wr. Wb...!
    Hai sobat bersosial.... Sudah lama sekali ane tidak menulis dan berbagi pada forum yang tercinta ini...!

    Sebenarnya thread ini dibuat karena termotivasi oleh tulisan @KangAndre pada threadnya yang berjudul Pengalaman Mendapat Uang Dari Blog,,, sungguh membuat ane mengingat masa lalu ketika masih serius belajar ngeblog. Dan sampai saat ini pun masih belajar dalam memperbaiki kosa kata dan penulisan artikel yang sering kocar-kacir dan terjadi kesalahan.

    Sejalan dengan judul... Ane bukanlah seseorang yang mempunyai latar pendidikan tinggi. Hal ini menjadikan ane sangat sulit dalam mencari pekerjaan karena untuk menjadi karyawan (entah itu PNS ataupun pabrik) dibutuhkan suatu latar pendidikan yang jelas (untuk saat ini mungkin pendidikan minimal SMA) sedangkan ane hanyalah lulusan SMP.

    Sejak 2005 itulah hidup ane luntang-lantung gak karuan, segala macam pekerjaan ane jalani untuk membantu memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Sempat jadi kuli bangunan (sampek item cuma keliatan gigi), jadi penjaga warung tenda, dan juga menjadi karyawan pabrik kerupuk di Sidoarjo (karena persyaratannya hanyalah tanda pengenal alias KTP). Kebetulan pada saat itu ane masih belum punya KTP,, jadi menggunakan kartu Pelajar bekas dari sekolah SMP.

    Nah tepat pada tahun 2008, baru ane kenal dengan yang namanya internet. Pada saat itu ane bisa membeli HP sendiri dengan hasil menjual sapi yang sudah ane pelihara selama 2 tahun. Lumayan mahal pada saat itu, sebab Nokia 3500 saja dibanderol dengan harga Rp. 1.200.000,- (sungguh senang punya HP baru) karena biasanya numpang sama teman untuk sms, tapi sudah bisa menggunakan hp sendiri untuk mengacak nomer (maklum,,, saat itu ada promo salah satu kartu seluler yang menggratiskan telpon ditengah malam) Jadi banyak kenalan seorang cewek untuk dirayu tengah malam.

    Pada saat musim telponan tersebut, salah satu dari temen ane (cewek) berasal dari Malang bertanya tentang Facebook ane...! Penuh tanda tanya,,, dan ingin segera tahu apa itu facebook. Kebetulan tidak punya pulsa sehingga dibela-belain ngutang agar bisa internetan (buka fb). Nah dari situlah ane kenal yang namanya browsing, berselancar di internet atau apalah istilahnya....

    Pada zaman ane kenal internet (2008-2009), tahun itu masih rame-ramenya chatingan. Salah satu yang sering ane kunjungi ialah mygamma (masih ada gak ya?) dan ane terantang untuk mencari hal-hal baru di internet...! Dari yang namanya download lagu, film ***, dan lain sebagainya. Sampai cara mencari penghasilan di internet pun ane sasar...! Namun pada saat itu masih belum menemukan titik terang.

    Mungkin ini suatu panggung sandiwara yang sudah diatur oleh Allah SWT (kayak lagu aja :D). Tepat tanggal tanggal 22 Januari 2011 ane bertemu seorang Cewek Bidadari (yang sekarang jadi istri ane) Cuit-cuit-cuit....! Dan dari situlah celah buat ane mulai terbuka... Kebetulan paman dari istri ane mempunyai usaha warnet yang lagi butuh karyawan. Ane ditawari kerja disitu namun masih dilanda bimbang (takut gak bisa, takut dianggap culun,dll) Sebab ane tidak punya latar pendidikan yang mendukung hal tersebut. Di SMP hanya diajari Excel dan juga Word itupun gak tahu windows yang digunakan masih seri berapa. Sedangkan pekerjaan yang akan dijalani menuntut bisa semuanya, dari pengetikan, print, scan, dan mengoperasikan beberapa program yang biasa ada pada operator warnet. Tapi ane beranikan dengan bermodal Bonex (bondo nekat).

    Pertama kerja sekitar tahun 2011 hanya memfokuskan pada cari lagu baru (sering lihat tangga lagu) dan tidak luput dari nonton film animasi di youtube (sungguh masa-masa menyenangkan buat ane). Itupun kalau tidak lagi sibuk, sebab pada jam 8 hingga 4 sore biasanya rame dengan anak kuliahan yang ingin ngeprint (warnet deket dengan kampus). Hingga pada akhirnya ane sampai pada titik jenuh dimana sedikit merasa bosan dengan internet.

    Pertengahan tahun 2012 ane mulai lebih fokus dalam mencari informasi mengenai cara menambah penghasilan dari internet. Segalanya ane coba (waktu itu hanya terfokus pada klik yang dibayar, kalau gak salah namanya PPC) kita akan mendapat dollar pada setiap aksi yang kita lakukan. Namun semua berakhir dengan kekecewaan, sebab untuk memperoleh 1$ saja butuh nangis darah. Dan pada akhirnya mulai merambah pada dunia blogging.

    Sejak tahun 2012 ane kenal dengan blogspot, namun tidak paham dengan cara pengoperasian dan lain sebagainya. Sudah bikin tapi lupa... Bikin lagi lupa lagi... begitu seterusnya... karena dibarengi dengan kesibukan kerja. Entah sudah berapa blog yang ane buat,,, tapi entah kemana semua hilang tanpa bekas. Waktupun dihabiskan sia-sia...!

    Awal Tahun 2014,,, Ane mulai kenal lebih dekat dengan bos (karena sebelumnya jarang ketemu soalnya rumah kediaman dengan warnet lumayan jauh). Beliau menuturkan " Kenapa tidak bikin blog saja, blog bisa menghasilkan dan juga bisa dijual". Ane sempat mikir,,, masak blog bisa dijual? Bagaimana cara membuat blog ya? Pertanyaan itu terus mengiang-ngiang sampai akhirnya ane sedikit tertantang untuk mendalami dunia blogging. Nah,,, dari sini perjalanan ane sebagai blogger di mulai...!

    " Jangan bosen bacanya ya..." :D

    Ane belajar membuat blog gratisan di blogger, mencari informasi mengenai bagaimana membuat blog, merawat blog, membuat postingan bisa meraih posisi di Google dan lain sebagainya. Hingga pada akhirnya ane berusaha belajar sendiri dalam menerapkan gaya penulisan yang bisa masuk dalam pencarian Google. Proses ini membuat ane hampir patah semangat,,, tapi berhubung didukung internet gratis,,, jadi ane berpikiran sangat mubadzir jika di sia-siakan.

    Tepat 2 bulan belajar ane sedikit banyak sudah mulai paham dengan yang namanya blogging. Mulanya untuk mengetik artikel membutuhkan waktu lama, sebab tidak bisa menulis dengan gaya cepat dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat 1 artikel saja. Namun ane tidak menyerah.. karena dorongan untuk mendalami semakin kuat. Pikiran yang seharusnya ada pada blogger newbie ialah " Kalau yang lain bisa, kenapa aku tidak?" Dari situ semangat baru pastinya akan menggebu....!

    Akhir tahun 2014 ane mencoba keberuntungan dengan mendaftar Adsense menggunakan blog pribadi kesayangan. Alhamdulilah pada bulan November 2014 akun sudah full approve (tinggal nunggu pin sampai dirumah) penghasilan perhari hanya sekitar 0,13 paling tinggi 0,27$ saja. Tapi senengnya bukan main,,, sebab itu hal baru bagi ane... Tapi gaji pertama hanya butuh 4 bulan saja dan itu membuat ane menjadi lebih semangat untuk meningkatkan visitor.

    Karena bos bilang kalau blog laku dijual,,,, (blogspot) ane penasaran dan mencoba untuk melepas salah satu blog utama. Alhamdulilah terjual dengan harga yang tidak terpikirkan (lumayan mahal) bikin ketagihan untuk terus menerus menjual blog. Namun setelah kesekian kali baru ane berbagi pada thread Siapa Bilang Blog Gratisan Tidak Laku Dijual. Sungguh manis uang dari internet...!

    Saking asyiknya dengan jual-jual blog, ane tidak berpikir kalau hal tersebut berimbas pada penghasilan Adsense,,,, Sampai-sampai butuh 10 Bulan lamanya baru bisa gajian Adsense lagi. Dari situ ane tidak lagi menjual blog utama sebagai sumber penghasilan,,, melainkan bikin blog baru untuk target jual (hal ini masih ane lakukan hingga sekarang). Namun salah satu blog utama bulan kemaren harus direlakan karena lagi butuh uang untuk modal nikah.

    Terus terang ane sangat berterima kasih pada Google karena sudah menyediakan tempat gratis untuk membuat blog. Dari dulu hingga saat ini masih setia menggunakan blogger meski dulu pernah pakek WP yang numpang sama bos (kendala utama memang modal seperti beli hosting, dll). Jangankan beli hosting, beli domain saja gak bisa soalnya masih tidak kebagian dengan kebutuhan lain.

    Untuk saat ini ane mempunyai 2 blog utama yang menjadi sumber penghasilan Adsense (masih blogspot) dan baru mencoba memanfaatkan custom domain (cantikdiri.com) yang ane bela-belain beli meski harus melalui proses panjang. :D

    Jadi intinya....! Saran untuk para Newbie (pendatang baru pada dunia blogging)
    Semua hal tidak bisa didapat dengan instan,,,, Harus melalui pengalaman, berbagai uji coba, tidak patah semangat dan tentunya tidak mengeluh meskipun blog tidak kunjung ramai. Sebab semua butuh proses dan kesabaran. Man Jadda Wajada...!

    Tangan pegel bro... tidak biasanya ane nulis sepanjang ini...! Sekedar niat berbagi saja....! Jangan diketawain ya....!

    Khusus Newbie yang ingin mengikuti cara ane... silahkan baca tutorial singkat yang ane sediain pada link ini...! Sorry kalau ada salah penulisan,,, sebab pengetikan menggunakan Word yang biasanya kata "bisa menjadi "bias" Yuk silahkan disimak.... Semoga bisa sedikit membantu!

    ==>> Ebook Blogging
     
    Last edited: Oct 27, 2016
  2. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    215
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Hallo mas khoir...
    Congrats ya sudah berhasil menghasilkan uang dari blog...

    Beda kalau ama saya.. sudah sangat jenuh di bidang blog. karena tidak menghasilkan sama sekali. di tolak adsens beberapa kali dan sekarang out hehehehe..

    Belum tahu kedepan.. kayaknya udah males main blog... :D
    Thx udah sharing ya,..

    semoga bawah saya terinspirasi :D
     
    Nagita Candra likes this.
  3. Minecraftndns

    Minecraftndns Active Member

    Joined:
    Dec 13, 2015
    Messages:
    924
    Likes Received:
    101
    Trophy Points:
    43
    Tema thread untuk minggu ini adalah curhatan hahaha tapi ane salut bro...
    Emng latar pendidikan tidak selalu jadi landasan buat orng sukses, masih ingt kan salah seorang blogger yg tamatan SMP bisa sukses dpt dolar dari blogger dan hidupnya dulu sebagai pengangon bebek
    Trust your self and pray to God aja
     
  4. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,210
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    jelas, lha buka olshop gitu :D haha
     
  5. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,834
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Hemh,,, menyerah bukan sifat yang perlu di pupuk.....! Tapi untuk adsense indo memang jarang di approve,,,, coba daftar pakek blog bule ajah....! :D

    HAhahaha.... ane belum sempat kerja angon bebek bro.... Cuma angon sapi aja....!
     
  6. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,834
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Untuk olshop ane kurang tahu kenapa.... padahal juga bisa manfaatin dropship,,,, tapi sepertinya bukan bidang ane.... :D
     
  7. Minecraftndns

    Minecraftndns Active Member

    Joined:
    Dec 13, 2015
    Messages:
    924
    Likes Received:
    101
    Trophy Points:
    43
    Hahaha ane juga dari sd ngangon sapi sampek smp, terus di jual buat lanjutin ke SMA hahaha
    Nahh dari masa SMA itu baru kenal yg namanya blog
     
  8. abunja

    abunja New Member

    Joined:
    May 9, 2014
    Messages:
    23
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Mantap, sudah berhasil jadi blogger yang "beruang"
     
  9. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,834
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Hahaha.... seperjuangan.... :D
    Belum beruang bro... masih panda.....!
     
    Last edited: Oct 26, 2016
  10. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,432
    Likes Received:
    202
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Jadi bulan kemaren nikah ya? :D Cuit-cuit-cuit.... :D
     
  11. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    594
    Likes Received:
    89
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    peternak blog nih, bikin blog buat dijual :D
    moga makin sukses gan blog2 barunya..
     
  12. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,834
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Hahahaha.... Bukannya didoain malah di ledek.... :(
    Hahahaha.... Amin gan.... Semoga lancar jaya.... :D
     
  13. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,210
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    boleh belajar, tapi jangan melepaskan apa yang sudah di tangan :)
     
    wrep17 likes this.
  14. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,834
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Ini baru saran yang bijak..... Biasanya belajar sesuatu yang baru itu lebih menyenangkan....!
     
  15. Fany Vanesha

    Fany Vanesha New Member

    Joined:
    Oct 20, 2016
    Messages:
    21
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Inspirasi nih buat para newbie kayak saya *bagus*
     
  16. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,834
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Yang mengaku newbie biasanya sudah berpengalaman.... Hormat buat suhu...!
     
  17. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    397
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Nyimak aja, masih pemula, msih blajar ane mh gan.. msih ska tany".
     
  18. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,938
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Tak baca dari atas sampai titik akhir kok hampir sama ceritanya sama ane... dari tahun 2013 mulai mengenal blog tapi gak serius baru serius tahun 2015 awal sampai sekarang....
     
  19. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    397
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Wah dah mantap dong gan penghasilan nya
     
  20. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,229
    Likes Received:
    182
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wkwkwkw... ini ambigu mas... Sumpaah... *ketawa3*

    Lagi pengen curhat og mas..
    Wkwkwkw. termasuk saya....
     
Loading...

Share This Page