Pengalaman Mendapatkan Uang Dari Blog

Discussion in 'General Internet' started by KangAndre, Oct 25, 2016.

  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    Saya merasa hutang thread kepada member bersosial karena berjanji akan bercerita tentang bagaimana saya mengelola blog sampai dengan penghasilan dari ngeblog. Sebelumnya saya beritahukan bahwa artikel ini merupakan pengalaman pribadi tanpa rekayasa dan mungkin dianggap tidak menarik karena sudah umum dilakukan blogger.

    Awal saya buat blog sekitar tahun 2005 namun blog gratis (geocities punya yahoo) asal-asalan karena waktu itu saya hanya mencoba keberuntungan MLM seperti goldquest atau voucherkeys. Juga pernah beli domain dan hosting yang diinstal mambo (joomla belum ada). Berhubung koneksi internet masih langka dan mahal (per jam 10.000 pakai telkomnet instan) kegiatan ngeblog jarang dilakukan. Gmail saja belum ada.

    Lantas mulai serius ngeblog tahun 2011 lewat lenterakecil.com dengan menggunakan platform wordpress. Dari sini saya banyak belajar ngeblog, seo, sampai mencari uang dari kegiatan blog. Awal buat blog ini tidak memiliki tujuan apapun, hanya sekedar menulis online saja. Kemudian mencoba membahas masalah pendidikan yang kebetulan saya ketahui. Saat itu Google masih belum seketat sekarang dan blog juga masih tidak terlalu banyak sehingga tanpa seo pun (aslinya belum paham seo) blog bisa ramai. Dulu saya hanya mengandalkan vivanews untuk menjaring pengunjung, kemudian perlahan artikel bertebaran di halaman pertama google.

    Saya pun berpikir, apa untungnya selain berbagi informasi dan pengetahuan bagi saya? Ngeblog butuh biaya (waktu itu masih di warnet). Sudah banyak uang yang saya keluarkan untuk belajar ngeblog, mulai biaya internet sampai beli buku. Namun tidak ada pemasukan sama sekali. Perlu diketahui, saya murni ngeblog (nulis) tidak berjualan apapun.

    Akhirnya mencari-cari informasi tentang cara menghasilkan uang dari blog. Pada waktu itu masih ngetrend bisnis informasi seperti formula bisnis punya Joko Susilo. Ada juga iklan PPC. Namun Google adsense belum bisa digunakan pada blog bhs Indonesia. Setelah, ada undangan uji coba blog bahasa Indonesia untuk adsense, lenterakecil.com saya ajukan dan langsung diterima. Mengingat blog sudah banyak pengunjung (bisa puluhan ribu per hari) earning adsense cepat didapat.

    Namun sayang, belum merasakan PO, akun kena banned massal. Bukan hanya satu akun (kebetulan waktu itu sangat mudah mendapatkan akun adsense dari pihak ketiga) semua kena banned, baik yang sudah dipasang maupun yang belum. Sempat frustrasi dan down untuk ngeblog. Akhirnya, adsense saya buang jauh-jauh dari pikiran saya. Untunglah, ada review blog yang bisa menghasilkan uang. Seringnya saya berinteraktif di vivanews.com (sekarang viva.co.id) sering dapat order penulisan.

    Akhirnya, saya berkonsentrasi ke kontes seo untuk mendapatkan uang dari ngeblog sekaligus mempraktekan ilmu seo yang saya pelajari. Perlahan lenterakecil.com mulai diperhitungkan lawan karena beberapa kali menang kontes. Untuk memperkuat lenterakecil.com saya mulai membuat banyak blog agar tidak nyepam sana-sini. Sebenarnya, bersosial.com (masih drupal) ini jadi salah satu sasaran spamming saya karena PR-nya yang tinggi (7). Tapi entah kenapa, kok nggak jadi, malah jadi ikut membantu memberantas spammer. Baca:
    Alasan Saya Punya Blog Banyak

    Namun dibalik itu, kualitas blog jadi menurun. Meskipun pendapatan meningkat, namun pengunjung blog lenterakecil.com menurun drastis, apalagi setelah beberapa blog mulai jadi mesin kontes seo. Blog yang paling banyak dikunjungi hanya sekitar 400-500 per hari. Namun saya tidak perduli karena mementingkan artikel kontes. Selain pemasukan dari kontes seo, ada juga dari menulis review atau pasang backlink. Ditambah honor operator sekolah (ini berhubungan dengan internet juga).

    Jika ada anggapan dari member di sini bahwa saya pemain adsense, ini salah besar. Karena saya pernah kecewa. Maaf tidak banyak saya tulis di sini, jika berkenan bisa dibaca di Pengalaman Menjadi Publisher Adsense.

    Namun, banyaknya member yang berkeluh kesah tentang sulitnya membuat akun adsense, saya pun penasaran juga. Sekitar juni 2015 saya coba mendaftar dengan membuat blog baru http://kanalwisata.com . Dua kali balasan email adalah penolakan dan balasan ketiga adsense diterima. Lagi-lagi saya masih trauma dengan adsense, makanya akun adsense hanya saya pasang di blog tsb yang masih sedikit pengunjungnya dan sy masih tidak mengharap adsense.

    Nah, perubahan terjadi. Awal tahun 2016, sepertinya Google telah mengendus blog kontes seo saya. Semua artikel kontes seo kena sandbox jika menggunakan keyword yang dilombakan. Kalau ditambah atau dikurangi muncul dengan baik. Saya coba bertahan, dan ternyata sulit. Saya lihat juga terhadap blog-blog yang sering menang kontes, mengalami sandbox atau pada peringkat jauh.

    Sepertinya kontes seo mulai memudarkan harapan untuk menghasilkan uang. Akhirnya saya mencoba meng-optimasi akun google adsense. Meskipun masih dengan perasaan was-was takut dibanned lagi, saya coba pasang di beberapa blog yang sudah saya filter. Mau tidak mau saya harus menaikkan trafik kunjungan agar pendapat adsense bisa bagus seperti pada blog lenterakecil.com dulu.

    Cara saya cukup sederhana., saya anggap blog yang saya pasang adsense adalah blog baru.
    Baca Meningkatkan Trafik Blog TIDAK Dengan Cepat. Ternyata cara ini cukup ampuh, trafik mulai naik, yang dulunya sekitar 500 perhari setelah dua bulan bisa 4.000 per hari. Dan akibatnya, earning adsense merangkat naik.

    Bagi saya, saat ini mengharapkan pendapatan dari adsense cukup berat, di samping banyaknya blog, juga dipengaruhi adblock yang mempersempit ruang adsense. Berbeda dengan dulu. Untuk itu saya pasang strategi dengan menempatkan iklan di beberapa blog yang memiliki pengunjung minimal 200 per hari sambil mencoba terus menaikkan trafik.

    Dalam waktu lima bulan mengoptimasi adsense, akhirnya hari ini 25 oktober 2016 saya mendapatkan uang untuk pertama kali dari google adsense. Kecil memang, hanya 1,6 jutaan. Mudah-mudahan 2 bulan lagi bisa PO dan selanjutanya bisa tiap bulan. :D

    Cukup panjang juga yah... padahal saya sudah berusaha menyingkat. Saya tidak berharap pembaca akan mengikuti jejak saya, namun yang penting lagi hutang saya sudah saya bayar... :D

    -
     
  2. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,351
    Likes Received:
    193
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    yang tidak bisa saya bayangkan, ngetik nya kok cepat amat ya
    threads sepanjang ini padahal sudah disingkat :D
     
  3. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,929
    Likes Received:
    135
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Luar biasa cerita yang sangat mengispirasi sekali, bisa membuat kagum serta semangat ngeblog lagi ternyata banyak halangan dan rintangan yang musti dihadapi...
     
  4. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,827
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Alhamdulilah Adsense itu nikmat @KangAndre ..... Pertama ane juga butuh beberapa bulan untuk bisa PO.... Tapi sekarang sepertinya sudah mulai merangkak.... Target untuk bisa gajian tiap bulan sempat dirasakan,,,, (1 bulan saja) Tapi karena butuh uang untuk nikah,,,, :D ya terpaksa salah satu blog utama dijual.... (lumayan blogspot laku 3 juta) Jadi nikah deh,,,(menjalankan sunnah nabi) Tapi penghasilan adsense jadi drop dan tidak sampek 100$ dalam 1 bulan.... cuma 88 saja... Tapi kayaknya sekarang semakin merangkak lagi,,,, Semoga Ane dan @KangAndre nantinya bisa menjadi Pemain Adsense yang berhasil,,,, Amin,,,,,!
     
    Damar and wrep17 like this.
  5. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,028
    Likes Received:
    1,013
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    AdSense > PPC lain

    AdSense memang ribet karena kebijakan penggunaannya guna minimalisir kecurangan oleh pengguna. Mereka juga nggak mau merugi. Di sisi lainnya, bisa panen setiap bulan; trafik naik-turun, namun masukan tetap ada.

    Pakai layanan gratis: https://www.bersosial.com/threads/34777/
    Biar tetap terbaca sampai lebih dari 5 tahun mendepan.

    Alternatif lain: lamar kerja jadi anggota team redaksi Media Publisher Berita. Saya belum pernah coba, namun dengar-dengar gajinya di atas PNS.
     
    Last edited: Oct 25, 2016
    Theodore Nehemia likes this.
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    Tadi cukup panjang, ntar pembaca bosen, jadi saya potong lagi :D
     
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    Makanya saya kurang yakin dengan tutorial yang mengklaim "cara cepat atau cara mudah"
    Ditambah kemampuan seseorang berbeda. :D
     
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    Saya sih belum yakin, apalagi ini hasil eksperimen yang berkaitan dengan blog, seo dan adsense.
    Berdasarkan pengalaman, memang bisa sih.. Mudah-mudahan lancar. Amin. :D
     
  9. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    Sebenarnya sih nggak ribet, aturan jelas. Hanya saja banyak orang mencari jalan pintas.
    Dulu ingin buat thread adsense di terima, terus cara optimasi adsense. Namun karena belum PO, jadi saya tahan (hanya janji). Nggak mau saya hanya "jual" tulisan saja sebelum ada pembuktian. Berhubung sudah PO, maka saya berani nulis :D
     
    Garett likes this.
  10. Pramudya

    Pramudya Member

    Joined:
    Oct 25, 2016
    Messages:
    88
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Jadi inget awal ngeblog tahun 2008.. dulu masih kelas 5sd
     
  11. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,028
    Likes Received:
    1,013
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    @KangAndre, btw bagaimana dengan hasil PO dari layanan lain selain AdSense? Bisa bagi pengalaman dikit?
     
  12. Dan

    Dan Forum Bot

    Joined:
    Dec 4, 2012
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    257
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Bikin eBook aja kang yang bekaitan dengan tips-tips SEO dan Adsense, saya pesen satu... contoh judul eBooknya misal "Cara beternak bebek pedaging untuk pemula".
     
    Damar and wrep17 like this.
  13. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    saya pernah nulis tahun 2011
    • Evita menjadi blogger semenjak berumur 9 tahun full dalam bahasa Inggris,
    • Urfi Luthfurrahman 10 tahun mulai nge-blog dari tanggal 17-september-2010
    sumber: http://lenterakecil.com/wajah-blogger-indonesia/
     
  14. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,003
    Likes Received:
    55
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Bermain adsense memang berat, perlu kerja keras,,,,
    Apalagi kalau sambil bekerja dikantor, pulang kerja mau buka blog rasanya males, mungkin karena sudah capek bekerja seharian,,,
     
  15. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    357
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    mastaaaah... angkat daku jadi muridmu *kagum*
     
  16. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    Cocok.. isinya yang daging-daging, kata @nelson sitompul
    Dulu sempat, konsultasi dengan owner penerbit 3A Malang. Ada artikel yang saya buat sebagai dosen tamu untuk salah satu Universitas Swasta tentang Google dan internet yang bisa dikembangkan jadi buku. Sayang beliau telah dipanggil Yang Maha Kuasa.
     
  17. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,827
    Likes Received:
    357
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Iya sih..... Untuk niche itu kebanyakan sudah kebal iklan... Harus cari niche tambahan kang....! Aminnnnn!!!
     
  18. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    Adsense baru pertama kali, dulu nggak sempat karena keburu dibanned.
    Ada beberapa review yang saya buat dan saya posting di blog sy dengan link. Harga 50 - 250 rb per artikel
    Buat artikel (tapi sy bukan jasa) jadi pilih-pilih orang :D
    PPC lokal ada, tetapi sangat kecil.
    PPC adstars lumayan besar tapi ribet PO-nya, pakai hardcopy dan materai. Akhirnya beberapa juta hilang :(

    Sebenarnya banyak penawaran job, tapi harus ngantor ke Jakarta. Nggak ah... mending sedikit asal kumpul keluarga :D
     
  19. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,073
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    63
    Klu itu curhatan benerannn.... saya jadi merasa Iba juga, aku pikir selama ini udah dapat ribuan dollar/Month.

    Visitor web ane, belum pernah diatas 1000 orang/hari. Tapi gajian dari Adsense bisalah ganti pulsa....wkwkwkkwkw.

    Ane juga dulu pesan sama jasa pembuat adsense. baru sebulan banned. Tapi sekarang malah menurut ane, mudah daftar adsense.
     
  20. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,542
    Likes Received:
    2,474
    Trophy Points:
    313
    seberat apapun akan terasa ringan jika tidak dikerjakan :D
     
    Margareth likes this.
Loading...

Share This Page