Pengering Baju Mesin Cuci Rusak? Kenali Dulu Penyebabnya

Discussion in 'General Lifestyle' started by haryo arbianto, Jun 15, 2021.

  1. haryo arbianto

    haryo arbianto New Member

    Joined:
    Apr 20, 2021
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    pengering.jpg

    Pernahkah Anda mendapati pengering baju mesin cuci rusak? Ini adalah hal yang akan membuat semua orang menjadi kesal. Proses mencuci menjadi tertunda. Pakaian juga tidak bisa kering dalam waktu yang cepat.

    Banyak orang yang kemudian membawa mesin cuci mereka ke teknisi distributor mesin laundry. Meskipun demikian, Anda bisa mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Siapa tahu bisa membenarkannya sendiri di rumah bukan?

    Penyebab Pengering Baju Mesin Cuci Rusak
    Ada berbagai faktor yang mungkin menyebabkan pengering menjadi tidak berputar. Akibatnya, baju tetap basah dan tidak dapat kering dengan sempurna. Berikut beberapa mungkin penyebabnya.

    1. Kabel Terputus
    Kabel yang terputus menjadi salah satu penyebab pengering baju rusak. Hal yang sangat biasa membuat hal ini terjadi adalah karena gigitan tikus. Ketika mesin cuci tidak digunakan, bisa saja binatang ini menggigitnya. Maka, periksa bagian ini dulu.
    Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan kabel berkualitas. Dengan begitu, pengering bisa berfungsi kembali dengan normal.

    2. Dinamo Rusak
    Ketika bagian dinamo rusak, maka pengering tidak akan berputar. Hal tersebut biasanya dikarenakan penggunaan yang sudah lama sehingga membuatnya aus. Bisa juga terjadi karena serangga kecoa atau semut. Segera ganti dengan timer baru untuk membuatnya normal.

    3. Door Switch Rusak
    Komponen ini biasanya terdapat dekat dengan bagian timer. Bagian tersebut bisa rusak karena terkena cipratan air. Cara memperbaikinya adalah dengan membongkarnya. Jika sudah dibenarkan tetap tidak bisa, maka gantilah dengan yang baru.

    4. Kapasitor Terbakar
    Jika kapasitor terbakar, maka pengering tidak akan bisa berputar. Salah satu cirinya adalah muncul dengung pada mesin cuci. Segera ganti komponen ini agar mesin bisa berfungsi kembali dengan normal.

    5. Timer Rusak
    Jika timer rusak, maka bagian pengering tidak bisa berputar. Kondisi ini sangat mungkin terjadi jika mesin cuci sudah digunakan dalam waktu yang lama. Agar tetap hidup, gantilah komponen timer dengan yang baru. Maka, pengering akan kembali normal. Hal ini juga umumnya terjadi pada pemilik paket usaha laundry karena mesin mereka yang memiliki jam kerja yang tinggi.

    Cara Memperbaiki Pengering Baju Mesin Cuci Rusak
    Akan menjadi sebuah masalah besar jika pengering baju mesin cuci ternyata rusak. Lalu,apa yang harus dilakukan? Tentu saja Anda harus segera memperbaikinya. Berikut beberapa tips memperbaiki pengering yang rusak.

    1. Matikan Mesin Dulu
    Ketika Anda menyadari bagian pengering mesin cuci tidak bisa berfungsi, maka segera perbaiki terlebih dahulu. Pastikan Anda memeriksanya dalam keadaan mati. Pastikan tombol dan kabel sudah terputus dari aliran listrik.

    2. Periksa Mesin Cuci
    Langkah berikutnya, rebahkan mesin terlebih dahulu. Ini akan mempermudah Anda untuk memeriksanya. Cobalah untuk merebahkan ke arah samping agar lebih mudah melihatnya.

    3. Lepas Bagian Pengunci Karet
    Jangan lupa, Anda harus melepaskan bagian tersebut. Lepaskan ke arah pembuangan. Bagian ini berwarna hitam. Tekan klem dan geser ke atas untuk melepas penguncinya.

    4. Tarik Bagian Selang Karet
    Ketika pengunci sudah terlepas, tariklah bagian selang karet. Mungkin saja, Anda akan menemukan berbagai macam kotoran. Kotoran tersebut bisa membuat pengering menjadi tersumbat. Akibatnya, pengering tidak bisa berfungsi normal seperti biasanya. Biasanya, ada koin tertinggal dipakaian menumpuk disana. Buanglah ke arah saluran pembuangan agar koin dan kotoran bisa keluar.

    Mungkin saja, terdapat penyebab lain yang membuat pengering tidak bisa berfungsi normal. Anda bisa menggunakan jasa Koin Laundry untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kami akan membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah terkait dengan kerusakan mesin cuci.

    Koin Laundry merupakan perusahaan terbaik yang menangani berbagai macam permasalahan laundry dan mesin cuci. Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan solusinya. Mau tahu penyebab pengering baju mesin cuci rusak, hubungi kami ya!
     

    Attached Files:

Loading...

Share This Page