Pengertian Alay & Kamusnya.

Discussion in 'General Lifestyle' started by Rahma Yuni, Jul 4, 2014.

  1. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Alay
    adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan"atau "anak lebay". Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Dan mengapa alay bisa di artikan 'anak layangan?' Karena kebanyakan anak alay ini cenderung berkulit sawo matang,rambut merah dan sejenisnya..karena sering terjemur terik matahari disaat bermain layangan.
    Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan (lebay) dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup. Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan. Dalam gaya bicara, mereka berbicara dengan intonasi dan gaya yang berlebihan.
    Di Filipina terdapat fenomena yang mirip, sering disebut sebagai Jejemon.

    Alay merupakan sekelompok minoritas yang mempunyai karakterisitik unik di mana penampilan dan bahasa yang mereka gunakan terkadang menyilaukan mata dan menyakitkan telinga bagi mayoritas yang tidak terbiasa bersosialisasi dengannya. Biasanya para Alayers (panggilan para Alay) mempunyai trend busana tersendiri yang dapat menyebar cepat layaknya wabah virus dikalangan para Alayers yang lain, sehingga menciptakan satu keseragaman bentuk yang sedikit tidak lazim.
    Namun juga memiliki aturan huruf tersendiri, yaitu para alayers hanya diperbolehkan memakai 13 abjad huruf saja. Sisanya angka dan simbol.[​IMG]


    Disini saya beritahu sebagian kamus alay:

    Aja : Ja, Ajj
    Apa : Pa, PPa, Aph
    Anak : Nax, Anx, Naq, Nagh
    Aku : Akuwh, Akku, Qhu
    Banget : Bangedh, Beud, Beutz, Bet, Bat, Benjet
    Boleh : Leh
    Belum : Lom, Lum
    Bokep : Bokebb
    Buat : Wat, Wad
    Cape : Cppe, Cpeg,
    Cakep : Ckepp
    Cuekin : Cuxin
    Curhat : Cvrht
    Cewek : Cwekz, Cewex
    Cowok : Cwokz, Cowog
    Deh : Dech, Deyh
    Dulu : Duluw
    Dong : Dumz, Dum
    Gue : W, Wa, Q, Qu, G
    Gitu : Gtw, Gitchu, Gituw
    Hai : Ui, Ai, Ao
    Halo : Alow
    Ini : Iniyh, Nc
    Imut : Imoetz, Mutz
    Kok : KoQ, KuQ, Kog, Kug
    Kan : Khan, Kant, Kanz
    Keren : Krenz, Krent
    Kurang : Krang, Krank
    Ketawa : xixixi, xoxoxo, haghaghag, w.k.k.k.k.k. , wkowkowkwo (bacanya apa coba tolong jelaskan)
    Khusus : Khuzuz
    Kalian : Klianz
    Kenal : Nal
    Karena/Soalnya : Coz, Cz
    Kakak : Kakagg
    Kamu : Kamuh, Kamyu, Qmu, Kamuwh
    Kalau : Kaluw, Klw, Low
    Lo : U
    Lagi : Ghiy, Ghiey, Gi, Gy
    Lucu : Luthu, Uchul, Luchuw
    Love : Luph, Luff, Loupz, Louphh
    Loh : Loch, Lochkz, Lochx
    Lupa : Lupz
    Manis : Maniezt, Manies
    Mengeluh : Hufft
    Masuk : Suk, Mzuk, Mzug, Mzugg
    Makan : Mumz, Mamz
    Maaf : Mu’uv, Muupz, Muuv
    Main : Men
    Nih : Niyh, Niech, Nieyh, Nich
    Nya: (contoh 'misalnya') kemudian jadi misalna,misal’a, misal.a
    Nggak : Gga, Gax/gx, Gag/gg
    Punya : Pya, P’y, Pu.a
    Pasti : Pzt
    Paling : Plink, P’ling
    Pengen : Pen (apaini...)
    Rumah : Humz, Hozz
    Reply : Repp
    Siapa : Sppa, Cppa, Cpa, Spa
    SMS : ZMZ, XMX, MZ, CMZ, ecemez/cemez (oh god…)
    Sorry : Cowwyy, Sowry (MasyaAllah-_-)
    Sih : Siech, Sieyh, Ciyh, Seeh
    Salam : Lam
    Sayang : Saiank, Saiang, Cynk
    Setiap : Styp
    Tuh : Tuwh, Tuch, Thu
    Tau : Taw, Tawh, Tw
    Terus : Tyuz, Tyz
    Tiap : Tyap
    Tapi : Phi
    Udah : Dagh
    Yang : Iank/Iang, Eank/Eang (ada juga yang iiank/iiang-_-)
    Ya/Iya : Yupz, Ia, Ea, Eapz/Eaps
    Yuk : Yuq, Yuqz, Yukz

    J4d1...ap4k4h kal3an t3rm4suk 4l4y?? Hehe.*dancewithme*

    Sumber:
    wikipedia & http://muasalkata.blogspot.com/2012/05/muasal-kata-alay.html?m=1
     
  2. Musa M

    Musa M Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    838
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    pusing bacanya kalau nulis gaya anak 4l4y *pusing*
     
  3. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Lol. Makanya itu... kadang suka heran,knp mereka milih kata yg sulit buat di ketik. Haha
     
  4. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    hahaha... kocak juga tuh kata2 alay nya..
     
  5. Software Toko

    Software Toko Member

    Joined:
    Jul 3, 2014
    Messages:
    90
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    haha ,jd inget pernah ada yg sms kyk gini :D
     
  6. V.S.M

    V.S.M Member

    Joined:
    May 24, 2014
    Messages:
    169
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    ribet banget,,kusut mata kalau baca tulisan begituan *pusing*
     
  7. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
  8. Musa M

    Musa M Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    838
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    mungkin biar kelihatan k3r3n haha:D
     
  9. outpost

    outpost Member

    Joined:
    Apr 11, 2014
    Messages:
    208
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    aduhhh... lagi marak tuh tren tren alay, semakin alay semakin populer. ANEH !
     
  10. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Sekarang untuk tulisan alay sepertinya sudah mulai punah.
     
  11. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Haha iya emang kocakkk
     
  12. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Pernah 'ada' atau pernah 'jadi' bagian mereka nih??*jail*
     
  13. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Hahaha iya.. tp kalo dipikir2 kreatif jg yaa
     
  14. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  15. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Dulu sih kayanya keren.. tp kesini2 jd memudar keren nya. Lol
     
  16. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Harus dimuseum in kali yaa hehe
     
  17. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Benar itu jadi kita bisa mengenang sejarah.. bahwa generasi muda kita pernah melakukan sesuatu yang tidak berguna.
     
  18. indra.w.m

    indra.w.m Guest

    Alay...tapi banyak juga yang nuruti. membebek.
    alay terjadi karena berusaha mencari sensasi, agar eksistensi dirinya bisa kelihatan sama orang lain.
     
Loading...

Share This Page