Pengertian Biologi dan Contohnya

Discussion in 'Computer' started by NhesaR, Jul 21, 2017.

Tags:
  1. NhesaR

    NhesaR New Member

    Joined:
    Jul 21, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Pengertian Biologi - Biologi cukup sederhana, eksplorasi ilmiah dan kajian kehidupan. Pada tingkat tertinggi, ini mencakup kategori berdasarkan jenis organisme yang dipelajari: zoologi, botani, dan mikrobiologi. Setiap bidang telah memberi kontribusi pada kemanusiaan dengan berbagai cara seperti perbaikan di bidang pertanian, pemahaman yang lebih besar tentang sistem peternakan dan ekologi, dan studi tentang penyakit. Studi biologis modern sebagian besar berpusat pada konsep teori sel, evolusi, teori gen, dan homeostasis.

    Tiga Kategori Utama

    Ada tiga kategori utama studi dalam biologi, masing-masing terkait dengan jenis bentuk kehidupan yang berbeda. Zoologi adalah studi tentang hewan dan mencakup apa saja mulai dari serangga dan ikan hingga burung dan manusia. Botani, di sisi lain, berfokus pada tanaman dari semua tipe dan ukuran, termasuk hutan bawah laut, jamur, dan pepohonan. Mikrobiologi adalah studi tentang mikroorganisme yang terlalu kecil untuk dilihat dengan jelas dan yang lolos dari kategorisasi di dua bidang lainnya, seperti virus.

    Subkategori lainnya

    Selain klasifikasi berdasarkan jenis organisme yang dipelajari, biologi mengandung banyak sub-disiplin khusus lainnya, yang mungkin hanya berfokus pada satu jenis organisme atau mempertimbangkan kehidupan dari kategori yang berbeda. Ini termasuk biokimia, yang menggabungkan studi biologi dan kimia, dan biologi molekular, yang melihat kehidupan pada tingkat molekuler. Biologi seluler mempelajari berbagai jenis sel dan cara kerjanya, sementara fisiologi melihat organisme pada tingkat jaringan dan organ tubuh. Pakar ekologi mempelajari interaksi antara berbagai organisme itu sendiri di dalam lingkungan, dan mereka yang mempelajari etologi tentang perilaku hewan, terutama hewan yang kompleks dalam kelompok. Genetika, yang tumpang tindih dengan studi molekuler, melihat kode kehidupan, Asam Deoksiribonukleat (DNA).

    Empat Dasar Studi Utama

    Dasar-dasar biologi modern mencakup empat komponen yang dimulai dengan teori sel, yang menyatakan bahwa satuan dasar yang disebut sel membentuk semua kehidupan. Evolusi adalah teori bahwa hidup tidak dirancang dengan sengaja, namun berevolusi secara bertahap selama banyak waktu melalui mutasi acak dan seleksi alam. Teori gen menyatakan bahwa sekuens molekul kecil DNA mendikte seluruh struktur organisme, yang berpindah dari orang tua ke keturunannya. Akhirnya, homeostasis adalah gagasan bahwa setiap tubuh organisme mencakup rangkaian proses yang kompleks yang dirancang untuk tetap selaras dan melestarikannya terhadap efek entropis atau destruktif di luar organisme.
    Perkembangan Abad ke-20

    Sebagian besar pendekatan modern terhadap biologi dimulai dengan penggunaan kristalografi sinar-x pada tahun 1950 untuk menangkap citra DNA yang konkret. Sejak itu, banyak penyempurnaan terhadap teori yang diajukan, karena kehidupan itu rumit dan informasi baru hampir terus-menerus ditemukan. Pada akhir 20 dan awal abad ke-21, banyak kegembiraan berpusat pada sekuens genom dan perbandingannya, yang disebut genomik. Kemajuan ini telah menyebabkan penciptaan organisme atau jaringan hidup melalui pemrograman DNA yang ditulis khusus, yang disebut biologi sintetis. Bidang semacam itu pasti akan terus meraih perhatian saat perkembangan baru mendorong batas dari apa yang mungkin terjadi.
     
    Last edited by a moderator: Jul 21, 2017
  2. Burhan Abdillah

    Burhan Abdillah Member

    Joined:
    Jan 25, 2017
    Messages:
    399
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    aku kurang suka biologi dik..... *depresi2* karena selain nama nama biologi sulit2 untuk di lafal kan terlebih lagi sulit sekali di ingat *kerja*, entah mengapa sampai sekarang aku benci pelajaran biologi *benci* tapi jangan di tanya kalau Matematika, Komputer(Programmer, SEO) dan Bahasa Inggris saya paling suka....wkwkwk, inti nya eksak lebih menyenangkan dari pada hafalan wkwkw*keren3*
     
  3. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ane SMK, ga ada biologi, jadi nya gapernah belajar :D
     
  4. Nhesa02

    Nhesa02 New Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Terimkasih kakak. Sangat bagus, sangat bermanfaat. Apa lagi saya sedang memperdalam pelajaran biologi untuk ujian masuk kuliah nanti... :D
     
Loading...

Share This Page