Pengertian dan Jenis Persediaan Barang yang Wajib Pebisnis Tau

Discussion in 'General Business' started by Darin Rania, May 24, 2021.

  1. Darin Rania

    Darin Rania Member

    Joined:
    Mar 25, 2021
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8


    apa itu persediaan barang ?
    Pengertian persediaan adalah barang yang disimpan dan nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dari situ, persediaan barang untuk sebuah bisnis artinya penting.


    1. Persediaan Berdasarkan Jenis Usahanya
    Jenis-jenis persediaan sesuai dengan jenis usahanya dibagi menjadi 2 yaitu manufaktur dan usaha dagang:

    Perusahaan Manufaktur
    Usaha manufaktur melakukan semua proses pengolahan barang mentah menjadi barang yang siap dijual. Di setiap tahapnya memiliki jenis inventory yang berbeda dan umumnya ada 4 jenis persediaan yang harus dicatat.

    Persediaan bahan baku adalah bahan baku dasar (utama) yang diperoleh perusahaan dari alam sehingga raw material belum mempunyai nilai tambah saat dijual.
    Kedua inventory bahan baku dalam proses, setelah diproses untuk menghasilkan produk membutuhkan waktu yang berbeda.

    Produk barang siap jual merupakan jenis bahan baku yang pengolahannya sudah selesai dan siap untuk dijual. Produk ini memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan bahan baku utama yang nilai jualnya masih rendah.

    Persediaan barang lainnya, persediaan ini tidak masuk ke produksi utama melainkan mencakup kebutuhan yang menunjang proses diluar proses produksi utamanya.

    Perusahaan Dagang
    Kalo perusahaan manufaktur persediaan barang dimulai dari bahan baku mentah lalu diproses menjadi produk yang siap dijual sedangkan usaha dagang tidak ada proses produksi sehingga persediaan barangnya lebih sederhana.

    Ada 2 jenis inventory yang harus kamu tau yaitu barang dagang dan barang lainnya:

    Barang dagang tidak dapat mengalami perubahan fisik saat dibeli atau dijual pada masa yang akan datang. Karena, barang yang akan dijual kembali tidak melalui tahap proses produksi.
    Barang lainnya adalah jenis persediaan barang yang menunjang proses penjualan pada bisnis kamu.

    2. Persediaan Berdasarkan Fungsinya
    Saat kamu berbisnis, kamu harus siap jika pesanan kamu banyak apalagi saat peak season karena adanya kondisi tersebut maka persediaan dibagi sesuai fungsinya, diantaranya:

    Persediaan pengaman (safety stock), jenis-jenis persediaan ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan antara penyediaan dan permintaan barang. Kalo usaha kamu tidak dapat mengatasi kedua hal itu maka nantinya bisa terjadi kekurangan stok.


    Anticipation Stock adalah persediaan antisipasi yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi ketidakpastian permintaan barang yang sudah kamu prediksi

    Transit stock yaitu persediaan yang masih dalam pengiriman, inventory ini dibagi menjadi 2 diantaranya eksternal transit stock adalah persediaan yang masih dalam perjalanan dan internal transit stock ialah persediaan yang masih menunggu untuk diproses.
     
Loading...

Share This Page