Pengertian Film yang Perlu Kita Ketahui

Discussion in 'General Discussion' started by Ekokurniawangate, Sep 4, 2020.

  1. Ekokurniawangate

    Ekokurniawangate New Member

    Joined:
    Aug 7, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    movvie.info - Dear, penggemar film tanah air apakah kalian adalah pecinta movie atau film? kalau iya yuk simak apa sebenarnya pengertiam film dari beberapa sumber yang ada :
    [​IMG]

    A. Film Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia

    Film yaitu selaput tipis yang dibuat dari seluloid untuk tempat gambar negatif (yang akan dipotret) atau
    untuk tempat gambar positif (yang akan dimainkan dalam bioskop) serta terdapat lakon sebagai tokoh
    didalam film tersebut.

    B. Film Berdasarkan Versi Modern

    Film merupakan hasil rekaman dari sebuah reka adegan yang dilakukan oleh aktor maupun aktris yang
    memerankan sebuah peran dalam sebuah cerita. Cerita tersebut telah dikarang oleh pembuat skenario
    dalam wujud urutan adegan dan dituangkan dalam wujud video, yaitu gambar bergerak dan menghasilkan suara.
    Rekaman tersebut direkam menggunakan alat yang dinamakan kamera yang diperuntukkan khusus dalam pembuatan film baik itu film dokumenter, action, drama, komedi, dan lain-lain.
    Hasil dari rekaman kamera itu nanti dapat berupa file audio visual (Video) berformat .mp4, .mkv, .avi, .webm, .wmv dan masih banyak lagi.

    C. Film Berdasarakan Pendapat Para Ahli

    • Menurut Azhar Arsyad film merupakan kumpulan dari beberapa gambar yang berada di dalam frame, dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu menjadi hidup. Film bergerak dengan cepat dan bergantian sehingga memberikan daya tarik tersendiri.
    • Menurut Baskin film merupakan salah satu bentuk media komunikasi massa dari berbagai macam teknologi dan berbagai unsur-unsur kesenian. Film jelas berbeda dengan seni sastra, seni lukis, atau seni memahat. Seni film sangat mengandalkan teknologi sebagai bahan baku untuk memproduksi maupun eksibisi ke hadapan penontonnya.
    • Menurut Effendi film memiliki arti sebagai hasil budaya dan alat ekspresi kesenian. Film sebagai komunikasi masa adalah gabungan dari berbagai teknologi seperti fotografi dan rekaman suara, kesenian baik seni rupa, seni teater sastra dan arsitektur serta seni musik. Ia juga mengemukakan bahwa teknik perfilman, baik peralatan maupun pengaturannya telah berhasil menampilkan gambar-gambar yang semakin mendekati kenyataan. Dalam suasana gelap dalam bioskop, penonton menyaksikan suatu cerita yang seakan-akan benar-benar terjadi dihadapannya.
    Lebih lengkap untuk pengertian film di masa modern ini teman-teman bisa mampir ke website sharing film di signature dibawah artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan waktunya untuk membaca artikel ini.
     
Loading...

Share This Page