Penggunaan Aki

Discussion in 'General Discussion' started by yantigina, Oct 16, 2015.

  1. yantigina

    yantigina New Member

    Joined:
    Oct 16, 2015
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Aki merupakan salah satu alat yang terdapat pada setiap mesin untuk membantu kinerja mesin tetap lancar. Aki memiliki dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Kedua jenis aki ini memiliki perbedaan, untuk aki basah memerlukan pengisian aki secara berkala, sedangkan untuk aki kering tidak perlu pengisian aki.

    Aki memiliki banyak variasi dan kapasitas, itu semua sesuai dengan pemakaian seberapa besar ampere yang digunakan. Aki memiliki banyak penggunaannya dan memiliki jenis sendiri dalam penggunaannya, contohnya saja seperti aki untuk mobil, genset, motor, alat berat, dan lain-lain. Dan itu semua sesuai dengan ampere yang di gunakan.

    Untuk pengeluaran 1 ampere biasanya di perhitungkan berapa jam dalam 1 ampere arus keluar. Sehingga, anda harus memilih aki jenis apa dan kendaraan apa yang anda miliki. Itu semua harus di sesuaikan.
     
  2. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    @yantigina, masukkan aja : aki kering belum tentu tidak ada pengisian air. Saya pernah kerja dan punya bengkel motor, pernah ngakalin aki kering yang mati bisa di pakai kembali kok (ya caranya dengan mengisi kembali aki kering tersebut dengan air aki asli).
    Dan tambahan kedua, pembahasan akinya terlalu sedikit, kurang 'menggigit gitu..'
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,085
    Likes Received:
    2,684
    Trophy Points:
    413
    Apa benar aki kering kurang bagus untuk mobil, karena dekat dengan mesin jadi cepat panas dan rusak. Saya pernah mau beli malah disarankan jangan oleh toko-nya.
    Btw: sekarang ada aki basah bebas perawatan (tanpa perlu isi ulang air aki) bagus nggak?
     
  4. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Gak kok kang, paling pertimbangannya kalo aki mobil kering ya kalo indikatornya udah warna gelap (hitam) memang harus lgs ganti, tapi untuk perawatan paling enak kok kang. Soal panas, tidak berpengaruh kok kang, bahan yang digunakan sama, bahkan mungkin lebih tebal aki kering daripada basah kang.
    Aki basah bebas perawatan? Hmm baru dengar kang, soalnya teorinya kalo aki basah itu maksudnya ada pengguapan dari H2SO4 sehingga harus ditambahkan dengan air suling (air zuur) jadi kalo tanpa isi ulang gak mungkin, dan jawaban saya seh jangan deh kang
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,085
    Likes Received:
    2,684
    Trophy Points:
    413
    Untuk motor sih gak masalah, kenyataan rata-rata yang pakai aki kering untuk mobil akhirnya kembali lagi ke aki basah (menurut toko dan beberapa bengkel: cepat rusak)
    GS Maintenance Free: Tanpa Perawatan - Tidak perlu lagi mengecek dan menambah air aki. Saya pernah lihat, ada air tapi nggak ada lubang pengisian/pembuangan. Harganya lebih mahal.
     
  6. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Nah itu aki kering yg transparan kang, jadi aslinya aki kering itu, dia didalamnya ada air aki nanti kalo udh lemah artinya cairannya udh habis.

    Gak tau lagi ya kang, karena selama ini sodara2 saya smua pake aki kering, ya biar mudah perawatannya
     
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,085
    Likes Received:
    2,684
    Trophy Points:
    413
    Mungkin istilah aki basah atau kering itu hanya masalah air aki saja. Kalau kering tertutup rapat sehingga air tidak tumpah dan aki basah karena bisa diisi ulang dan terjadi penguapan maka sekitar aki bisa basah :D
     
  8. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    nah itu dia kang... sep bener kesimpulannya...
     
Loading...

Share This Page