Penggunaan Game AR Sebagai Upaya Untuk Mempromosikan Pariwisata

Discussion in 'Tourism' started by Dudu, Oct 23, 2018.

  1. Dudu

    Dudu Guest

    Air New Zaeland merupakan salah satu maskapai penerbangan yang giat dalam mempromosikan pariwisata Negaranya. Setelah sukses dalam menarik perhatian dan mendapat pengakuan internasional dengan video keselamatannya yang unik, kini mereka berkolaborasi dengan Augmented Reality dalam menciptakan papan permainan interaktif AR bernama “Fact or Fantasy Game of New Zealand”, masih dalam rangka mempromosikan pariwisata New Zaeland ke mata Dunia tentunya.



    Game ini menggunakan platform Magic Leap dan mengharuskan pemain untuk memakai headset untuk berinteraksi dengan peta 3D New Zaeland. Interaktivitas adalah bagian tak terpisahkan dari permainan dan pemain bisa berinteraksi dengan hobbit yang mengesalkan, terciprat oleh ikan paus dan bertemu dengan kiwi yang menggemaskan.

    Permainan ini dipamerkan di konferensi pengembang pertama Magic Leap yang berbasis di Florida, Los Angeles minggu lalu, di mana Lokakarya Weta juga ditampilkan dalam demo game unggulan selama konferensi utama. Tidak seperti Virtual Reality, yang membenamkan pengguna ke dalam lingkungan virtual, augmented reality melapiskan objek digital ke dalam lingkungan dunia nyata. Objek virtual ini dapat berinteraksi dengan objek nyata dan perspektifnya berubah saat pemain bergerak.

    Maskapai ini telah mengkesampingkan kepentingan lokal demi upaya multi-nasional. Air NZ bekerja sama dengan Magic Leap di AS serta FrameStore yang berbasis di Inggris (yang pengalaman kerjanya mencakup pembuatan Paddington Bear dan banyak karakter film CGI lainnya) untuk membuat game.

    Seberapa efektifkah kemitraan ini sebagai kendaraan untuk mempromosikan pariwisata? Augmentasi, yang mengharuskan pemain untuk mengenakan headset Magic Leap, berada di atas meja yang memperagakan model 3D New Zaeland, jadi penggunaannya kemungkinan akan terbatas pada perangkat lengkap untuk acara industri pariwisata. Walau begitu, hal tersebut menghasilkan putaran PR yang baik.

    [​IMG]

    Ini bukan pertama kalinya Air New Zealand telah mencoba-coba augmented reality. Pada bulan Mei tahun lalu, mereka bekerja sama dengan Dimension Data untuk mengembangkan aplikasi untuk platform augmented reality Microsoft, HoloLens.

    Aplikasi ini dirancang untuk membantu awak kabin dengan menampilkan informasi pelanggan saat mereka melakukan tugas penerbangan mereka. Aplikasi ini melihat data seperti pilihan makanan dan minuman yang disukai, Air Points dan data status poin yang dihamparkan pada pandangan mereka tentang pelanggan. Air New Zealand mengatakan ini memungkinkan interaksi yang lebih pribadi dengan penumpang. Dimension Data menyatakan bahwa pembaruan masa depan juga dapat memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi keadaan emosi penumpang menggunakan isyarat visual dan pendengaran.

    Walaupun terdengar inovatif, itu belum diterapkan dalam penerbangan. Sementara inovasi semacam itu membuat hubungan masyarakat yang baik dan memposisikan Air New Zealand sebagai inovator, kenyataannya adalah bahwa para penumpang kemungkinan besar akan ketakutan oleh anggota kru yang mengenakan helm HoloLens (yang dijual seharga NZ $ 4.560), dan merasa privasi mereka berpotensi dilanggar.

    Baca juga: Nikmati Penerbanganmu Dengan Hiburan Virtual Reality di Dalam Pesawat

    Jadi, apakah kasus penggunaan untuk augmented atau virtual reality dalam penerbangan telah mati? Mungkin tidak. Sementara terjebak dalam kursi ekonomi yang sempit selama penerbangan jarak jauh ke London tahun lalu, headset VR terbukti menjadi penyelamat yang tak ternilai. Ketika dipasangkan dengan sepasang headphone peredam kebisingan, kursi saya yang sempit seketika bertransformasi menjadi bioskop virtual yang besar (dan kosong) yang mewah untuk menonton banyak film yang disimpan di ponsel saya. Dan hal tersebut merupakan penyelamat dari perasaan sesak akibat kursi kelas ekonomi yang sempit.
     
  2. AmriMF

    AmriMF Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    425
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Google+:
Loading...

Share This Page