Penggunaan VR Untuk Melatih Robot Membantu Manusia Dalam Pekerjaan Rumah Tangga

Discussion in 'Science' started by MonsterAR, Oct 30, 2019.

  1. MonsterAR

    MonsterAR Member

    Joined:
    Jun 10, 2018
    Messages:
    81
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:


    [​IMG]



    Teknologi Virtual Reality (VR) saat ini sudah semakin berkembang. Tak hanya itu saja, penggunaan dari VR sendiri sudah diaplikasikan ke dalam berbagai bidang seperti hiburan, kesehatan, hingga pendidikan.

    Program dari VR sendiri juga berbagai macam salah satunya adalah sebagai media pelatihan bagi para penggunanya. Hal ini dilakukan karena pelatihan menggunakan VR sangat efektif bagi penggunanya, serta lebih hemat biaya. Tidak hanya untuk melatih manusia saja, ternyata VR juga bisa digunakan untuk melatih robot lho.

    Hal ini dilakukan oleh Toyota Research Insitute (TRI) yang berbasis di Jepang, mereka merilis rincian mengenai proyek baru yang sedang dikembangkan yang akan meminta para peneliti mengajarkan robot bagaimana menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan rumah tangga menggunakan teknologi VR.

    [​IMG]
    Image Source : yellrobot

    Menggunakan serangkaian sensor 3D dan kamera yang terpasang pada robot, melalui headset VR peneliti dapat melihat dunia dari perspektif robot dan mengontrol tindakannya menggunakan pengontrol gerakan standar.

    Saat peneliti menyelesaikan berbagai tugas dengan lengan mekanisnya, seperti membuka dan menutup lemari atau menyingkirkan piring, mereka dapat meninggalkan catatan khusus untuk robot atau instruksi tentang cara menyelesaikan tugas dengan cara yang berbeda. Robot kemudian merekam dan menganalisis informasi tersebut, kemudian membangun setiap metode dan instruksi baru yang ditambahkan.

    Penggunaan VR Sebagai Media Pelatihan Untuk Cegah Pelecehan Anak di Bawah Umur

    Setelah seorang peneliti memberikan jumlah data yang cukup untuk “robot dalam pelatihan,” Toyota kemudian menggunakan pengetahuan yang terakumulasi itu untuk mendidik robot-robot lain menggunakan teknik yang disebut sebagai “pembelajaran armada.”

    Pengetahuan apa pun yang diperoleh satu robot dibagikan kepada seluruh armada lainnya. Tentu ini merupakan pencapaian yang luar biasa, karena hanya dengan melatih satu robot saja hasilnya bisa diterapkan juga ke seluruh robot Toyota yang lainnya.

    [​IMG]
    Image Source : static.pressfrom

    Untuk mengatasi keragaman yang dihadapi robot di lingkungan rumah, penerapan VR untuk melatih robot ini mengajarkan robot untuk melakukan tugas tertentu dengan berbagai objek, daripada memprogram robot untuk melakukan tugas yang telah ditentukan sebelumnya dengan objek tertentu.

    Dengan cara ini, robot belajar menghubungkan apa yang dilihatnya dengan tindakan yang diajarkan. Ketika robot melihat objek atau skenario tertentu lainnya, bahkan jika adegan telah berubah sedikit saja, dia tahu tindakan apa yang dapat dilakukan berkaitan dengan apa yang dilihatnya.


    TRI mengungkapkan bahwa, tujuan akhir dari proyek ini adalah mengembangkan sistem yang dapat mendukung mereka yang membutuhkan bantuan di rumah seperti lansia, dengan melakukan pemeliharaan, pembersihan, dan membantu melakukan berbagai kegiatan dasar lainnya.​
     
Loading...

Share This Page