Pengobatan Radang Sendi Secara Medis

Discussion in 'Health & Medical' started by Malik Al-farokh, Oct 5, 2017.

Tags:
  1. Malik Al-farokh

    Malik Al-farokh Member

    Joined:
    Aug 3, 2016
    Messages:
    59
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Radang sendi atau arthritis juga disebut penyakit yang menyebabkan peradangan pada satu atau beberapa persendian. Gejalanya biasanya terasa nyeri, bengkak, kemerahan, atau sensasi hangat di sendi yang meradang. Arthritis juga bisa menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit bergerak.

    Faktor risiko radang sendi biasanya meningkat seiring bertambahnya usia. Selain usia, obesitas, jenis kelamin, dan riwayat kesehatan keluarga juga bisa berpengaruh. Apalagi jika Anda pernah mengalami cedera di sendi, bukan tidak mungkin rasa sakit di sekitar sendi akan kambuh lagi.

    Ada banyak sekali jenis radang sendi, tapi kita akan lewati bagian tersebut dan langsung membahas mengenai cara pengobatan radang sendi.

    Pengobatan radang sendi

    Ketika anda mendapati gejala radang sendi seperti persendian yang terus terasa nyeri atau sakit ketika digerakan, atau bahkan ketika sedang diam pun terasa sakit, maka segera temui dokter. Dengan menemui dokter, maka anda akan mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

    Pengobatan radang sendi yang direkomendasikan oleh dokter tergantung pada jenis dan tingkat keparahan radang sendi itu sendiri. Selain meringankan gejala, pengobatan radang sendi juga bertujuan memperbaiki fungsi sendi.

    Untuk mengurangi rasa sakit, Anda dapat menggunakan obat antiinflamasi non steroid (misalnya ibuprofen), analgesik (misalnya acetaminophen), serta krim atau salep yang mengandung capsaicin dan mentol sesuai dengan dosis dan dosis resep yang ditentukan oleh dokter.

    Untuk mengatasi kasus radang sendi akibat serangan sistem kekebalan tubuh kita sendiri, dokter mungkin meresepkan sekelompok obat antirematik modifikasi penyakit atau dalam bahasa inggris adalah disease-modifying antirheumatic drugs (DMARD), seperti hydroxychlorquine atau methotrexate. Seiring dengan DMARD, infliximab atau etanercept (jenis agen biologis) biasanya diberikan. Selain itu, dokter mungkin juga menyediakan obat kortikosteroid, seperti kortison atau prednison.

    Selain obat-obatan, terapi fisik juga kadang dianjurkan oleh dokter dengan tujuan memperkuat otot di sekitar sendi dan meningkatkan kemampuan gerakan tubuh.

    Mengatasi Radang Sendi Tingkat Parah

    Bila gejala radang cukup parah dan tidak bisa diatasi lagi, baik dengan obat maupun terapi, maka dokter cenderung ikut campur. Beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan adalah prosedur injeksi atau arthodesis, prosedur pemotongan tulang atau osteotomy, atau prosedur MS atau artroplasti.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    325
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Kalau sendi kerasa kurang enak, biasanya sih rajin senam/Olahraga, yg enak sekarang senam pgri sama senam mau mere, ga perlu pake obat ko, habis senam minum susu murni merk ber...ang.. itu pengalaman aja hehee
     
Loading...

Share This Page