Penjelasan Lengkap Tentang Digital Marketing

Discussion in 'Internet Marketing' started by Rinaldy, Jul 2, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    41
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Setiap pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik dan dapat digunakan oleh spesialis pemasaran untuk menyampaikan pesan promosi dan mengukur dampaknya melalui perjalanan pelanggan Anda. Dalam praktiknya, pemasaran digital biasanya mengacu pada kampanye pemasaran yang muncul di komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lain. Ini dapat mengambil banyak bentuk, termasuk video online, iklan bergambar , pemasaran mesin pencari, iklan sosial berbayar, dan posting media sosial. Pemasaran digital sering dibandingkan dengan “pemasaran tradisional” seperti iklan majalah, papan reklame, dan surat langsung . Anehnya, televisi biasanya disamakan dengan pemasaran tradisional .

    Apa itu pemasaran digital?
    Pemasaran digital , juga disebut pemasaran online, adalah promosi merek untuk terhubung dengan pelanggan potensial menggunakan internet dan bentuk komunikasi digital lainnya. Ini tidak hanya mencakup email , media sosial , dan iklan berbasis web, tetapi juga pesan teks dan multimedia sebagai saluran pemasaran.

    Pada dasarnya, jika kampanye pemasaran melibatkan komunikasi digital, itu adalah pemasaran digital.

    Pemasaran masuk versus pemasaran digital
    Pemasaran digital dan pemasaran masuk mudah dikacaukan , dan untuk alasan yang bagus. Pemasaran digital menggunakan banyak alat yang sama seperti pemasaran masuk—email dan konten online, untuk beberapa nama. Keduanya hadir untuk menarik perhatian prospek melalui perjalanan pembeli dan mengubahnya menjadi pelanggan. Namun kedua pendekatan tersebut mengambil pandangan yang berbeda tentang hubungan antara alat dan tujuan .

    Pemasaran digital mempertimbangkan bagaimana setiap alat individu dapat mengubah prospek. Strategi pemasaran digital suatu merek dapat menggunakan banyak platform atau memfokuskan semua upayanya pada 1 platform.

    Pemasaran masuk adalah konsep holistik. Ini mempertimbangkan tujuan terlebih dahulu, kemudian melihat alat yang tersedia untuk menentukan mana yang akan secara efektif menjangkau pelanggan sasaran, dan kemudian pada tahap saluran penjualan mana yang harus terjadi.

    Hal terpenting yang harus diingat tentang pemasaran digital dan pemasaran inbound adalah bahwa sebagai seorang profesional pemasaran, Anda tidak harus memilih di antara keduanya. Bahkan, keduanya bekerja paling baik bersama-sama. Pemasaran masuk memberikan struktur dan tujuan untuk pemasaran digital yang efektif untuk upaya pemasaran digital, memastikan bahwa setiap saluran pemasaran digital bekerja menuju suatu tujuan.

    Pemasaran digital B2B versus B2C
    Pemasaran digital berfungsi untuk perusahaan B2B dan juga B2C, tetapi praktik terbaik berbeda secara signifikan di antara keduanya .

    • Klien B2B cenderung memiliki proses pengambilan keputusan yang lebih lama, dan dengan demikian saluran penjualan yang lebih lama . Strategi membangun hubungan bekerja lebih baik untuk klien ini, sedangkan pelanggan B2C cenderung merespon lebih baik terhadap penawaran dan pesan jangka pendek.
    • Transaksi B2B biasanya didasarkan pada logika dan bukti , yang dihadirkan oleh pemasar digital B2B yang terampil. Konten B2C lebih cenderung berbasis emosional, berfokus pada membuat pelanggan merasa senang dengan pembelian.
    • Keputusan B2B cenderung membutuhkan masukan lebih dari 1 orang . Materi pemasaran yang paling mendorong keputusan ini cenderung dapat dibagikan dan diunduh. Pelanggan B2C, di sisi lain, menyukai koneksi satu-satu dengan merek.
    Tentu saja, ada pengecualian untuk setiap aturan. Perusahaan B2C dengan produk mahal, seperti mobil atau komputer, mungkin menawarkan konten yang lebih informatif dan serius. Strategi Anda selalu perlu diarahkan ke basis pelanggan Anda sendiri, apakah Anda B2B atau B2C.

    Jenis pemasaran digital
    Ada banyak spesialisasi dalam pemasaran digital karena ada cara berinteraksi menggunakan media digital. Berikut adalah beberapa contoh kunci.

    Optimisasi Mesin Pencari
    Optimisasi mesin pencari, atau SEO, secara teknis merupakan alat pemasaran daripada bentuk pemasaran itu sendiri. The Balance mendefinisikannya sebagai "seni dan ilmu membuat halaman web menarik bagi mesin pencari."

    Bagian "seni dan sains" dari SEO adalah yang paling penting. SEO adalah ilmu karena mengharuskan Anda untuk meneliti dan menimbang berbagai faktor yang berkontribusi untuk mencapai peringkat setinggi mungkin. Hari ini, elemen paling penting untuk dipertimbangkan saat mengoptimalkan halaman web meliputi:

    • Kualitas konten
    • Tingkat keterlibatan pengguna
    • Ramah seluler
    • Jumlah dan kualitas tautan masuk
    Penggunaan strategis dari faktor-faktor ini menjadikan SEO sebagai ilmu, tetapi ketidakpastian yang terlibat menjadikannya sebuah seni.

    Dalam SEO, tidak ada rubrik yang dapat diukur atau aturan yang konsisten untuk peringkat tinggi. Google hampir selalu mengubah algoritmenya , jadi tidak mungkin membuat prediksi yang tepat. Yang dapat Anda lakukan adalah memantau dengan cermat kinerja halaman Anda dan melakukan penyesuaian yang sesuai.

    Pemasaran konten
    SEO adalah faktor utama dalam pemasaran konten , strategi yang didasarkan pada distribusi konten yang relevan dan berharga kepada audiens target .

    Seperti dalam strategi pemasaran apa pun, tujuan pemasaran konten adalah untuk menarik prospek yang pada akhirnya berubah menjadi pelanggan. Tapi itu berbeda dari iklan tradisional. Alih-alih menarik prospek dengan nilai potensial dari suatu produk atau layanan, ia menawarkan nilai secara gratis dalam bentuk materi tertulis.

    Pemasaran konten penting , dan ada banyak statistik untuk membuktikannya:

    • 84% konsumen mengharapkan perusahaan menghasilkan pengalaman konten yang menghibur dan bermanfaat
    • 62% perusahaan yang memiliki setidaknya 5.000 karyawan menghasilkan konten setiap hari
    • 92% pemasar percaya bahwa perusahaan mereka menghargai konten sebagai aset penting
    Sama efektifnya dengan pemasaran konten, itu bisa rumit. Penulis pemasaran konten harus dapat berperingkat tinggi dalam hasil mesin pencari sambil juga melibatkan orang-orang yang akan membaca materi, membagikannya, dan berinteraksi lebih jauh dengan merek. Ketika konten relevan, itu dapat membangun hubungan yang kuat di seluruh saluran.

    Pemasaran media sosial
    Pemasaran media sosial berarti mengarahkan lalu lintas dan kesadaran merek dengan melibatkan orang dalam diskusi online. Platform paling populer untuk pemasaran media sosial adalah Facebook , Twitter, dan Instagram , dengan LinkedIn dan YouTube tidak jauh di belakang.

    Karena pemasaran media sosial melibatkan partisipasi audiens yang aktif, itu telah menjadi cara yang populer untuk mendapatkan perhatian . Ini adalah media konten paling populer untuk pemasar B2C dengan 96%, dan juga mulai berkembang di bidang B2B. Menurut Content Marketing Institute , 61% pemasar konten B2B meningkatkan penggunaan media sosial mereka tahun ini.

    Pemasaran media sosial menawarkan metrik keterlibatan bawaan , yang sangat berguna dalam membantu Anda memahami seberapa baik Anda menjangkau pemirsa . Anda dapat memutuskan jenis interaksi mana yang paling berarti bagi Anda, apakah itu berarti jumlah pembagian, komentar, atau total klik ke situs web Anda .

    Pembelian langsung bahkan mungkin bukan tujuan dari strategi pemasaran media sosial Anda . Banyak merek menggunakan pemasaran media sosial untuk memulai dialog dengan audiens daripada mendorong mereka untuk menghabiskan uang segera. Ini sangat umum pada merek yang menargetkan audiens yang lebih tua atau menawarkan produk dan layanan yang tidak sesuai untuk pembelian impulsif . Itu semua tergantung pada tujuan perusahaan Anda.

    Pemasaran bayar per klik
    Bayar per klik, atau PPC, memposting iklan di platform dan membayar setiap kali seseorang mengkliknya.

    Bagaimana dan kapan orang melihat iklan Anda sedikit lebih rumit. Ketika sebuah tempat tersedia di halaman hasil mesin pencari , juga dikenal sebagai SERP, mesin mengisi tempat itu dengan apa yang pada dasarnya adalah lelang instan. Algoritme memprioritaskan setiap iklan yang tersedia berdasarkan sejumlah faktor , termasuk:

    • Kualitas iklan
    • Relevansi kata kunci
    • Kualitas halaman arahan
    • Jumlah tawaran
    Setiap kampanye PPC memiliki 1 atau lebih tindakan target yang harus diselesaikan pemirsa setelah mengklik iklan. Tindakan ini dikenal sebagai konversi, dan dapat bersifat transaksional atau non-transaksional. Melakukan pembelian adalah konversi, tetapi begitu juga pendaftaran buletin atau panggilan yang dilakukan ke kantor pusat Anda.

    Apa pun yang Anda pilih sebagai target konversi, Anda dapat melacaknya melalui platform pilihan Anda untuk melihat bagaimana kinerja kampanye Anda.

    Pemasaran afiliasi
    Pemasaran afiliasi memungkinkan seseorang menghasilkan uang dengan mempromosikan bisnis orang lain. Anda bisa menjadi promotor atau bisnis yang bekerja dengan promotor, tetapi prosesnya sama dalam kedua kasus tersebut.

    Ia bekerja menggunakan model bagi hasil. Jika Anda adalah afiliasi, Anda mendapatkan komisi setiap kali seseorang membeli barang yang Anda promosikan. Jika Anda pedagang, Anda membayar afiliasi untuk setiap penjualan yang mereka bantu.

    Beberapa pemasar afiliasi memilih untuk meninjau produk hanya dari 1 perusahaan, mungkin di blog atau situs pihak ketiga lainnya. Lainnya memiliki hubungan dengan beberapa pedagang.

    Apakah Anda ingin menjadi afiliasi atau menemukannya, langkah pertama adalah membuat koneksi dengan pihak lain . Anda dapat menggunakan platform yang dirancang untuk menghubungkan afiliasi dengan pengecer, atau Anda dapat memulai atau bergabung dengan program pengecer tunggal.

    Jika Anda seorang pengecer dan Anda memilih untuk bekerja secara langsung dengan afiliasi, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat program Anda menarik bagi calon promotor. Anda harus menyediakan alat-alat yang mereka butuhkan untuk berhasil kepada afiliasi tersebut. Itu termasuk insentif untuk hasil yang bagus serta dukungan pemasaran dan materi yang sudah jadi.

    Iklan asli
    Iklan asli adalah pemasaran yang menyamar. Tujuannya adalah untuk berbaur dengan konten di sekitarnya sehingga tidak terlalu mencolok seperti iklan.

    Iklan asli dibuat sebagai reaksi terhadap sinisme konsumen saat ini terhadap iklan. Mengetahui bahwa pembuat iklan membayar untuk menjalankannya, banyak konsumen akan menyimpulkan bahwa iklan itu bias dan akibatnya mengabaikannya.

    Iklan bawaan mengatasi bias ini dengan menawarkan informasi atau hiburan sebelum mencapai promosi apa pun, dengan mengecilkan aspek "iklan".

    Penting untuk selalu memberi label pada iklan bawaan Anda dengan jelas . Gunakan kata-kata seperti "dipromosikan" atau "disponsori". Jika indikator tersebut disembunyikan, pembaca mungkin menghabiskan banyak waktu untuk terlibat dengan konten sebelum mereka menyadari bahwa itu adalah iklan.

    Ketika konsumen Anda tahu persis apa yang mereka dapatkan, mereka akan merasa lebih baik tentang konten dan merek Anda. Iklan bawaan dimaksudkan agar tidak terlalu menonjol dibandingkan iklan tradisional, tetapi tidak dimaksudkan untuk menipu.

    Otomatisasi pemasaran
    Otomatisasi pemasaran menggunakan perangkat lunak untuk mendukung kampanye pemasaran digital, meningkatkan efisiensi dan relevansi iklan.

    Menurut statistik:

    • 90% konsumen AS menganggap personalisasi "sangat" atau "agak" menarik
    • 81% konsumen ingin merek yang mereka libatkan untuk memahami mereka dengan lebih baik
    • 77% perusahaan percaya pada nilai personalisasi waktu nyata, namun 60% berjuang dengannya
    Otomatisasi pemasaran memungkinkan perusahaan mengikuti ekspektasi personalisasi. Ini memungkinkan merek untuk:

    • Kumpulkan dan analisis informasi konsumen
    • Rancang kampanye pemasaran bertarget
    • Kirim dan posting pesan pemasaran pada waktu yang tepat kepada audiens yang tepat
    Banyak alat otomatisasi pemasaran menggunakan keterlibatan prospek (atau ketiadaan) dengan pesan tertentu untuk menentukan kapan dan bagaimana menjangkau selanjutnya. Tingkat penyesuaian waktu nyata ini berarti Anda dapat secara efektif membuat strategi pemasaran individual untuk setiap pelanggan tanpa investasi waktu tambahan.

    Email Pemasaran
    Konsep pemasaran email itu sederhana—Anda mengirim pesan promosi dan berharap prospek Anda mengkliknya. Namun, eksekusinya jauh lebih kompleks. Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa email Anda diinginkan. Ini berarti memiliki daftar keikutsertaan yang melakukan hal berikut :

    • Mengindividualisasikan konten, baik di isi maupun di baris subjek
    • Menyatakan dengan jelas email seperti apa yang akan diterima pelanggan
    • Tanda tangan email yang menawarkan opsi berhenti berlangganan yang jelas
    • Mengintegrasikan email transaksional dan promosi
    Anda ingin prospek Anda melihat kampanye Anda sebagai layanan yang berharga, bukan hanya sebagai alat promosi.

    Pemasaran email adalah teknik yang terbukti dan efektif dengan sendirinya: 89% profesional yang disurvei menyebutnya sebagai penghasil prospek paling efektif.

    Lebih baik lagi jika Anda menggabungkan teknik lain seperti otomatisasi pemasaran, yang memungkinkan Anda mengelompokkan dan menjadwalkan email Anda sehingga memenuhi kebutuhan pelanggan Anda dengan lebih efektif.

    Manfaat pemasaran digital
    Pemasaran digital telah menjadi menonjol terutama karena menjangkau khalayak yang begitu luas, tetapi ia menawarkan sejumlah keuntungan lain . Ini adalah beberapa manfaatnya.

    Jangkauan geografis yang luas
    Saat Anda memposting iklan online, orang dapat melihatnya di mana pun mereka berada (asalkan Anda tidak membatasi iklan Anda secara geografis). Hal ini memudahkan untuk mengembangkan jangkauan pasar bisnis Anda.

    Penghematan biaya
    Pemasaran digital tidak hanya menjangkau audiens yang lebih luas daripada pemasaran tradisional tetapi juga membawa biaya yang lebih rendah. Biaya overhead untuk iklan surat kabar, iklan televisi, dan peluang pemasaran tradisional lainnya bisa tinggi. Mereka juga memberi Anda lebih sedikit kendali atas apakah audiens target Anda akan melihat pesan-pesan itu di tempat pertama.

    Dengan pemasaran digital , Anda hanya dapat membuat 1 konten yang menarik pengunjung ke blog Anda selama aktif. Anda dapat membuat kampanye pemasaran email yang mengirimkan pesan ke daftar pelanggan yang ditargetkan sesuai jadwal, dan mudah untuk mengubah jadwal atau konten tersebut jika Anda perlu melakukannya.

    Saat Anda menambahkan semuanya, pemasaran digital memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dan kontak pelanggan untuk pembelanjaan iklan Anda.

    Hasil yang dapat diukur
    Untuk mengetahui apakah strategi pemasaran Anda berhasil, Anda harus mencari tahu berapa banyak pelanggan yang ditariknya dan berapa banyak pendapatan yang akhirnya didorongnya. Tetapi bagaimana Anda melakukannya dengan strategi pemasaran non-digital?

    Selalu ada pilihan tradisional untuk bertanya kepada setiap pelanggan, "Bagaimana Anda menemukan kami?"

    Sayangnya, itu tidak bekerja di semua industri. Banyak perusahaan tidak dapat melakukan percakapan empat mata dengan pelanggan mereka, dan survei tidak selalu mendapatkan hasil yang lengkap.

    Dengan pemasaran digital, pemantauan hasil menjadi sederhana. Perangkat lunak dan platform pemasaran digital secara otomatis melacak jumlah konversi yang diinginkan yang Anda dapatkan, apakah itu berarti tarif buka email, kunjungan ke beranda Anda, atau pembelian langsung.

    Personalisasi lebih mudah
    Pemasaran digital memungkinkan Anda mengumpulkan data pelanggan dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh pemasaran offline. Data yang dikumpulkan secara digital cenderung jauh lebih tepat dan spesifik.

    Bayangkan Anda menawarkan layanan keuangan dan ingin mengirimkan penawaran khusus kepada orang-orang yang telah melihat produk Anda. Anda tahu bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika Anda menargetkan penawaran untuk minat orang tersebut, jadi Anda memutuskan untuk menyiapkan 2 kampanye. Satu untuk keluarga muda yang telah melihat produk asuransi jiwa Anda, dan yang lainnya untuk pengusaha milenial yang telah mempertimbangkan rencana pensiun Anda.

    Bagaimana Anda mengumpulkan semua data itu tanpa pelacakan otomatis? Berapa banyak catatan telepon yang harus Anda lalui? Berapa banyak profil pelanggan? Dan bagaimana Anda tahu siapa yang sudah atau belum membaca brosur yang Anda kirimkan?

    Dengan pemasaran digital, semua informasi ini sudah ada di ujung jari Anda.

    Lebih banyak koneksi dengan pelanggan
    Pemasaran digital memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda secara real-time. Lebih penting lagi, ini memungkinkan mereka berkomunikasi dengan Anda.

    Pikirkan tentang strategi media sosial Anda. Sangat bagus ketika audiens target Anda melihat posting terbaru Anda, tetapi lebih baik lagi ketika mereka mengomentarinya atau membagikannya. Ini berarti lebih banyak buzz seputar produk atau layanan Anda , serta peningkatan visibilitas setiap kali seseorang bergabung dalam percakapan.

    Interaktivitas juga menguntungkan pelanggan Anda. Tingkat keterlibatan mereka meningkat saat mereka menjadi peserta aktif dalam kisah merek Anda. Rasa kepemilikan tersebut dapat menciptakan rasa loyalitas merek yang kuat .

    Konversi mudah dan nyaman
    Pemasaran digital memungkinkan pelanggan Anda mengambil tindakan segera setelah melihat iklan atau konten Anda. Dengan iklan tradisional, hasil paling cepat yang dapat Anda harapkan adalah panggilan telepon segera setelah seseorang melihat iklan Anda. Tetapi seberapa sering seseorang memiliki waktu untuk menghubungi perusahaan saat mereka mencuci piring, mengemudi di jalan raya, atau memperbarui catatan di tempat kerja?

    Dengan pemasaran digital, mereka dapat mengklik tautan atau menyimpan posting blog dan langsung bergerak di sepanjang saluran penjualan. Mereka mungkin tidak langsung melakukan pembelian, tetapi mereka akan tetap terhubung dengan Anda dan memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi lebih jauh dengan mereka.

    Pemasaran digital menciptakan pertumbuhan
    Pemasaran digital harus menjadi salah satu fokus utama dari hampir semua strategi pemasaran bisnis secara keseluruhan. Belum pernah ada cara untuk tetap berhubungan secara konsisten dengan pelanggan Anda, dan tidak ada hal lain yang menawarkan tingkat personalisasi yang dapat disediakan oleh data digital. Semakin Anda merangkul kemungkinan pemasaran digital, semakin Anda dapat menyadari potensi pertumbuhan perusahaan Anda.

    SUMBER 1:
    Diterjemahkan Dari MailChimp.com

    SUMBER 2:
    Answerian.com
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,087
    Likes Received:
    146
    Trophy Points:
    63
    Kadang mendengar tentang B2C tapi belum tahu artinya apa,
    ini semacam singkatan seperti p2p atau peer to peer
     
Loading...

Share This Page