Penting! 3 Cara Terbaik Menghemat RAM Smartphone Android

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by kickbisnis, Jan 10, 2018.

  1. kickbisnis

    kickbisnis Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Menggunakan smartphone sudah menjadi sebuah hal biasa saat ini. Mungkin, dulu kamu menganggap kalau seseorang menggunakan smartphone itu adalah orang yang memiliki banyak uang. Nyatanya, saat ini hal tersebut tidaklah berlaku lagi. Kamu sudah bisa memiliki sebuah ponsel dengan hasil kamu sendiri, sebab smartphone Android murah sudah banyak variannya.

    Berbicara smartphone Android, tidak lepas kaitannya dengan spesifikasi. Biasanya, hal yang akan kamu lihat di sebuah smartphone Android adalah spesifikasi termasuk chipset, memori internal, kamera, dan juga RAM. Nah, melalui artikel ini, Jaka akan memberikan cara terbaik menghemat RAM yang bisa kamu gunakan ke smartphone Android kamu.

    3 Cara Terbaik Menghemat RAM Untuk Smartphone Android


    [​IMG]

    Ya, biasanya perkara RAM selalu menjadi perdebatan dan keluhan oleh para pengguna smartphone Android. Sebab, kamu sudah merasa kalau kamu tidak menggunakan aplikasi dan game apapun, kenapa RAM kamu tetap boros, betul begitu? Maka dari itu, perhatikan artikel ini secara seksama agar kamu tidak salah paham lagi mengenai penggunaan RAM di smartphone Android.

    1. Periksa Aplikasi yang Berjalan di Background

    [​IMG]

    Pertama, kamu wajib untuk mengetahui aplikasi Android yang ada pada smartphone kamu. Sebenarnya, banyak aplikasi yang berpotensi untuk memenuhi RAM kamu, meski kamu sudah tidak memakainya lagi. Sebab, banyak aplikasi yang masih berjalan di background dan pada akhirnya, membuat RAM kamu menjadi boros. Cara terbaik adalah, periksa aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut dengan masuk ke Settings > Battery & Storage > Memory. Setelah itu, kamu akan menemukan aplikasi yang masih berjalan, maka matikan lah dengan memilih opsi Stop. Dengan begitu, kamu sudah bisa menghemat RAM dengan baik.

    2. Matikan Animasi dan Transisi yang Aktif


    [​IMG]

    Di setiap smartphone Android, pasti memiliki fitur animasi dan transisi yang menarik yang tersedia secara bawaan. Biasanya, fungsi ini lebih berguna untuk memperindah tampilan antarmuka. Namun, hal ini juga membawa dampak terhadap pemborosan RAM loh. Maka dari itu, matikan animasi dan transisi yang masih aktif. Caranya, kamu masuk ke Settings > Developer. Setelah itu ada tiga pilihan yaitu Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Matikan semuanya. Dengan begini kamu sudah melalui cara terbaik menghemat RAM untuk smartphone Android kesayangan kamu.

    3. Jangan Pernah Gunakan Live Wallpapers atau Widgets yang Berlebihan


    [​IMG]

    Sudah hal wajar jika kamu ingin membuat dalaman smartphone kamu terlihat menawan, seperti memasangkan Live Wallpapers atau beragam Widgets yang terlihat menarik. Sayangnya, hal yang kamu lakukan itu juga merupakan salah satu faktor pemborosan RAM. Maka dari itu, jangan pernah menggunakan Live Wallpapers, karena hal ini juga bisa memakan baterai lebih banyak. Kalau mau, gunakanlah wallpaper standar dan widgetsederhana saja. Sehingga, kamu bisa menghemat RAM di smartphone Android terbaik kamu.

    Baca :


    • Wajib Ngerti! Pengertian dan Fungsi RAM Pada HP/Smartphone Dan Komputer/Laptop
    • 7 Laptop Keren Dengan RAM 4GB, Core i3 Harga 5 Jutaan
    • 8 Daftar Laptop RAM 4GB Dengan Harga Dibawah 4,5 Juta
    • 10 Smartphone RAM 3GB Harga Dibawah 2 Jutaan Terbaik Yang Wajib Kamu Miliki !

    Itulah beberapa cara terbaik menghemat RAM untuk smartphone Android yang kami bisa berikan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu menyelesaikan masalah dan keluhan seputar RAM.
    Apakah kamu memiliki cara terbaik lainnya?

    Sumber: Jalan Tikus
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Tambahan, hapus atau disable aplikasi bloatware yang biasa udah terpasang di Android waktu beli, biasanya aplikasi bloatware jarang banget dipakai.
     
  3. ratukoplo

    ratukoplo New Member

    Joined:
    Jan 31, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mematikan semua jaringan aplikasi yang berjalan
     
Loading...

Share This Page