Penting! 5 Syarat yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Investasi

Discussion in 'General Business' started by Herwin Junior Situmorang, Jan 14, 2021.

  1. Herwin Junior Situmorang

    Herwin Junior Situmorang New Member

    Joined:
    Nov 24, 2020
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sudah tahu pentingnya memulai investasi sedini mungkin? Bagus sekali! Anda sudah satu tahap lebih maju dalam memulai menyiapkan dana masa depan. Sekarang saatnya Anda menentukan jenis investasi yang tepat untuk Anda lakukan. Untuk menentukan hal tersebut, simak dulu beberapa syarat berikut yang harus diperhatikan sebelum memulai berinvestasi.

    5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi
    [​IMG]


    Setiap orang memiliki tujuan dan dan kebutuhan hidup yang berbeda-beda. Gaya hidup juga akan mempengaruhi pemasukan dan pengeluaran sehari-hari sehingga kondisi keuangan setiap orang berbeda-beda. Saat akan memutuskan untuk berinvestasi, Anda wajib memperhatikan kondisi keuangan Anda terlebih dahulu serta beberapa syarat memulai investasi lain yang harus Anda cermati sebelum memulai investasi.

    Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi? Berikut kami siapkan daftarnya untuk Anda!

    1. Paham Dasar Investasi dan Tujuan Investasi Yang Jelas
    Hal yang paling utama ditentukan dalam memulai suatu kegiatan adalah niat dan tujuan. Kenapa Anda berniat untuk memulai investasi? Apakah Anda sudah benar-benar paham mengenai dasar investasi? Tujuan apakah yang ingin dicapai dari investasi tersebut? Apakah untuk memulai bisnis baru, atau untuk membeli rumah impian? Ketika sudah tahu tujuan yang ingin dicapai, Anda dapat menentukan jenis investasi yang paling tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

    2. Target Yang Ingin Dicapai Melalui Investasi
    Ketika sudah memahami dasar investasi dan mengetahui tujuan dari investasi yang Anda lakukan, Anda perlu menentukan target yang ingin dicapai dari investasi tersebut. Target yang dimaksud adalah target keuntungan yang ingin dicapai dan juga target waktu tercapainya tujuan Anda.
    Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan pola keuangan yang lebih terarah dan strategi investasi yang mantap sehingga target yang Anda buat bisa tercapai dengan tepat.

    3. Kondisi Keuangan Yang Sehat
    Syarat memulai berinvestasi yang terpenting adalah kondisi keuangan yang sehat. Sekarang saatnya Anda mengevaluasi kondisi keuangan Anda saat ini. Apakah cash flow Anda sudah positif? Jika belum, berarti Anda perlu membenahi pengeluaran Anda sehingga jumlahnya tidak lebih banyak dari pendapatan bulanan Anda.
    Kemudian, pastikan Anda tidak memiliki utang yang dapat menjadi kendala untuk mencapai target investasi Anda. Jika Anda masih memiliki utang, sebaiknya lunasi utang tersebut terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi. Selain itu, sebaiknya modal investasi tidak didapatkan dengan cara berutang. Dengan kondisi keuangan yang sehat, Anda akan lebih mudah menyisihkan modal untuk berinvestasi.

    4. Siap Sedia Dana Darurat
    Hal lain yang harus diperhatikan sebelum memulai berinvestasi adalah Anda harus sudah memiliki dana darurat yang siap sedia. Tujuan adanya dana darurat adalah agar Anda siap sedia saat terjadi keadaan darurat seperti kecelakaan atau musibah lainnya yang menyebabkan Anda kehilangan pendapatan utama Anda. Syarat ini penting untuk memulai investasi agar tujuan investasi Anda tidak terganggu dengan musibah yang ada.

    Jumlah dana darurat yang perlu disiapkan setiap orang berbeda-beda. Idealnya, seseorang perlu menyiapkan dana darurat sejumlah total pengeluarannya selama 3-6 bulan. Namun apabila Anda sudah berkeluarga, sebaiknya Anda memiliki dana darurat sejumlah biaya hidup selama 12 bulan.

    5. Aset Yang Akan Digunakan Untuk Investasi
    Syarat memulai berinvestasi lain yang juga penting adalah mengetahui aset yang akan digunakan untuk modal awal berinvestasi. Semakin banyak aset yang dimiliki maka akan semakin mudah dalam menentukan jenis investasi dan menanam modal di investasi tersebut.

    Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai berinvestasi dan memastikan bahwa syarat memulai investasi tersebut sudah terpenuhi, saatnya menentukan jenis investasi yang tepat sesuai kondisi keuangan Anda.
    Klik link dibawah untuk baca lebih lengkap seputar investasi :

    Penting! Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memulai Investasi
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,618
    Likes Received:
    122
    Trophy Points:
    63
    Investasi ada yang resiko tinggi atau resiko rendah
    yang resiko tinggi seperti trading crypto atau forex
    yang rendah investasi reksadana
     
  3. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    intinya high risk high return, asal paham resiko dan dana darurat ada investasi sah-sah saja di tekuni.
     
  4. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    163
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Okay, noted gan hehehe *malu2* kalau dari prinsip high risk high return itu tergantung dari seberapa pemakaian uang yang kamu miliki di akun trading /saham milikmu *bergaya**menunjuk*
     
Loading...

Share This Page