Penting! Ketahui dulu jenis kayu berkualitas untuk lantai kayu parket

Discussion in 'Arsitektur' started by ParketBandung, Jan 25, 2018.

  1. ParketBandung

    ParketBandung Member

    Joined:
    Aug 11, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Bagi anda penyuka Desain Interior dan eksterior Rumah, pastinya akan melakukan berbagai cara agar bisa mewujudkan hunian berestetika agar hunian tersebut nyaman dan terlihat mewah. Dengan tampilan yang mewah dan berestetika tentu menjadi kebanggan tersediri bagi anda, Apalagi bagi anda yang hendak menjual kembali rumah tersebut.

    Salah satu cara yang bisa anda lakukan dalam mewujudkan hunian berestetika dan mewah tersebut adalah dengan menambahkan berbagai jenis kerajinan kayu sebagai hiasan rumah anda, baik untuk diterapkan di dinding, atap, di pagar ataupun di lantai rumah.

    Namun, jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan untuk penerapan lantai kayu parket ini, karena ada beberapa pertimbangan yang harus sobat ketahui sebelumnya. Salah satu hal penting tersebut adalah seberapa berkualitaskan kayu yang akan digunakan untuk penutup lantai tersebut. Apakah lantai tersebut dapat awet bertahan bertahun tahun-tahun atau tidak? apakah akan bagus diterapakn pada lantai atau tidak?

    Nah, untuk menjawab semua kebingungan anda itu, kali ini saya akan coba mengulas berbagai jenis kayu yang sangat cocok untuk diterapkan sebagai lantai kayu parket untuk hiasan rumah anda. Kayu apa sajakah itu? Mari kita ulas sama-sama.

    Kayu Jati

    Siapa yang tidak kenal kayu satu ini. Kayu yang sangat dipuji karena kualitas dan tingkat kekersannya yang sangat baik ini memang sangat diandalkan untuk berbagai keperluan antaranya untuk furniture, Kusen, kontruksi bangunan serta tidak ketinggalan penerapan pada lantai kayu.

    kayu Jati ini memiliki tingkat kekersan kelas II, tingkat kekuatan kelas II serta tingkat keawetan kelas I yang membuat kayu ini terbilang sangat berkualitas. Ditambah dengan corak pada kayu ini yang begitu Indah akan membuat tampilan rumah anda semakin elegan dan sangat alami dan tentu akan menambah estetika rumah sobat.
    [​IMG]
    Kayu Merbau

    Tahukah kamu, selain kayu Jati ada jenis kayu lain yang memiliki kualitas yang hampir sama dengan kayu Jati dan kayu tersebut memang sering sekali dijadikan bahan pertimbangan yang sulit dengan kayu Jati. yah, nama kayu tersebut adalah kayu Merbau. Kayu ini tidak sering digunakan sebagai Furniture dan berbagai kerajinan karena sangat sukar mengolahnya.

    Kayu Merbau ini memiliki tingkat kekerasan kelas II, tingkat kekuatan kelas I dan tingkat keawetan kelas II yang membuat kayu ini terbilang berkualitas. Kayu Merbau ini berwarna mewah kecoklatan yang apabila terpasang pada hunian, hunian tersebut terlihat sangat mewah dan elegan.
    [​IMG]
    Kayu Bengkirai

    Kayu Bengkirai ini memiliki tingkat kekersan kelas I, tingkat kuat kelas II, dan tingkat awet III. dengan tingkat kekerasan kayu bengkirai yang sangat tinggi ini membuat kayu ini banyak diandalkan untuk lantai diluar ruangan seperti di teras atau di halaman.
    [​IMG]
    Kayu Sonokeling

    Memang, dari segi kualitas kekerasan, keawetan serta kekuatan, kayu ini dibawah kayu Jati, namun, yang menari dari kayu Sonokeling ini adalah warna kayu tersebut yang unik yaitu hitam pekat, bahkan banyak orang mengira bahwa kayu ini sudah jati arang, padahal memang warna kayunya yang hitam. Kayu ini banyak diminati oleh para pengrajin karena warnanya tersebut. Kayu ini juga sangat baik untuk dijadikan lantai parket.

    Kayu Ulin

    Nah, ini nih jenis kayu yang sangat direkemndasikan jika sobat sedang mencari jenis kayu berkualitas untuk dijadikan penutup lantai. Namanya kayu Ulin. Kayu Ulin ini berasal dari kalimantan, kayu ini banyak sekali dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan, tiang, Bantalan rel kereta api, bahan dasar kapal laut serta keperluan-keperluan yang membutuhkan kayu-kayu keras dan sangat kuat kayu Ulin selalu jadi andalan.

    Kayu Ulin secara teknis memiliki tingkat kekerasan kelas I, tingkat kekuatan kelas I dan tingkat keawetan kelas I. Dengan tingkat kekerasan yang sangat tinggi ini, kayu Ulin sering diaplikasikan sebagai penutup lantai halamanan atau Lantai kayu outdoor.
    [​IMG]
    Selain dari 5 jenis kayu diatas, ada beberapa jenis kayu lain yang bisa sobat aplikasikan seperti kayu Sungkai dan kayu keruing.

    dimana saya mendapatkan info lantai kayu diatas? saya mendapatkan info lantai kayu diatas di website www.rajawaliparquet.com sebagai salah satu penyedia lantai kayu parket solid terbesar di Indonesia.

    Dengan adanya ulasan ini semoga anda bisa memilih lantai kayu yang paling berkualitas sebagai penutup lantai. Adapun beberapa jenis lantai kayu sintetis yang bisa sobat pilih jika dibandingkan dengan lantai kayu solid yang terbuat dari kayu asli tentu lebih baik menggunakan lantai kayu solid.

    hanya saja, dengan harganya yang cukup tinggi, anda bisa menggunakan lantai kayu sintetis sebagai alternatif pengganti lantai parket kayu solid diatas.

    Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat....
     
Loading...

Share This Page