Pentingkah Likuiditas Dalam Perencanaan Pensiun?

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Nov 12, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    105
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Apakah kalian paham, apa itu likuiditas? Likuiditas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh bank dalam memenuhi kewajiban finansial nasabah yang sudah jatuh tempo. Dalam sebuah bank maupun perusahaan asuransi, likuiditas perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola uang masyarakat atau konsumen. Pengelolaan yang baik ini akan membuat nasabah percaya dan menjadi daya tarik bagi konsumen yang melakukan investasi di perusahaan asuransi tersebut. Kepercayaan dari sebuah nasabah maupun knsumen sangatlah penting didalam suatu perusahaan. Citra yang baik di dalam masyarakat membuat perencanan berjalan dengan baik dan terarah.

    Dengan adanya perencanaan ini, perusahaan asuransi pensiun bisa memperkecil dana yang menganggur sehingga menurunkan tingkat profit perusahaan. Selain itu, terdapat dua resiko yang terjadi dengan adanya likuiditas ini yaitu, kekurangan dana dan kelebihan dana. Apabila suatu perusahaan asuransi kelebihan dana, perusahaan tersebut harus mengorbankan tingkat bunga yang tinggai. Namun apabila perusahaan asuransi kekurangan dana, perusahaan tersebut akan mengalami kekurangan dan tidak cukup untuk membayarkan kewajiban jangka pendek ke nasabah. Sehingga hal ini dapat membuat perusahaan mendapatkan teguran dari bank sentral dan juga melakukan perlindungan aset axa mandiri. Tentunya hal ini bertujuan agar perusahaan tersebut tetap melakukan pembayaran ke nasabah dan melindungi uang nasabah.

    Dalam merencanakan pensiun tentunya kita menginginkan perusahaan yang benar-benar menjaga uang kita di hari tua nanti. Selain itu, kita tentunya menginginkan uang pensiun yang kita tabung dapat kita gunakan dengan nyaman dan tenang. Dengan begitu, perencanaan likuiditas ini sangat penting dalam perencanaan pensiun. Namun, seberapa pentingkah likuiditas dalam perencanaan? Dan apa saja fungsi serta manfaatnya untuk perusahaan dan nasabah? Berikut manfaat serta fungsi likuiditas dalam sebuah perusahaan maupun nasabah, antara lain :

    · Likuiditas perencanaan ini digunakan sebagai salah satu alat dalam mengantisipasi kebutuhan dana dalam suatu perusahaan. Dana tersebut ada dua, yaitu berupa kekurangan dana dan kelebihan dana di dalam perusahaan.

    · Likuiditas pensiun dapat mempermudah konsumen yang ingin menarik atau melakukan pinjaman ke perusahaan tersebut. Hal ini tentunya sudah dipikirkan oleh perusahaan dalam mengatur dan merencanakan dana tersebut, salah satunya dana pensiun.

    · Likuiditas ini juga bisa digunakan untuk melihat perkembangan perencanaan dalam mengelola dana nasabah yang tergabung serta meningkatkan kinerja dari suatu perusahaan.

    · Perencanaan likuiditas ini juga bermanfaat sebagai alat ukur dalam melihat kemampuan suatu perusahaan dalam membayar utangnya dalam jangka pendek.

    · Likuiditas digunakan sebagai tameng untuk melindungi uang nasabah dan juga sebagai perlindungan aset axa mandiri di perusahaan asuransi tersebut.

    · Perencanaan juga bisa membantu perusahaan asuransi menganalisis dan memperkirakan keuangan yang dimilikinya untuk membayarkan utang jangka pendek suatu perusahaan.

    Di atas merupakan beberapa fungsi dan manfaat likuiditas dalam perencanaan pensiun. Hal ini tentunya membuktikan bahwa likuiditas dalam perencanaan tersebut sangat penting bukan? Perencanaan yang dibuat oleh perusahaan asuransi ini bertujuan agar uang tabungan baik itu dana asuransi pendidikan ataupun dana asuransi pensiun terbayar dan dapat ditarik nasabah sesuai jangka jatuh temponya. Namun disisi lain, kita juga harus memperhatikan asuransi yang memang benar-benar menjalankan tugasnya. Hal ini dilakukan agar kita tidak tertipu oleh iming-iming asuransi. Tentunya kita sudah mengetahui bukan, bahwasanya banyak perusahaan yang hanya mengatasnamakan asuransi lalu melakukan penipuan? Sebagai nasabah yang biajak kita harus dituntut untuk hati-hati. Dalam merencanakan asuransi juga harus dipikir matang-matang agar pembayaran premi terpenuhi dan tidak mengalami penunggakan.
     
Loading...

Share This Page