Pentingnya daur ulang untuk kelestarian Bumi

Discussion in 'Education' started by sintaaamaria, Apr 26, 2018.

  1. sintaaamaria

    sintaaamaria New Member

    Joined:
    Apr 8, 2018
    Messages:
    25
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Sampah merupakan salah satu masalah yang membuat pemanasan global terjadi. Dengan sampah yang semakin menumpuk setiap harinya, maka bumi ini akan semakin mendapatkan polusi yang mengkhawatirkan. Salah satu langkah yang bisa mengurangi penumpukan sampah adalah dengan mendaur ulang sampah. Dari barang-barang bekas menjadi barang berharga. Selain bisa dijadikan lahan usaha dengan membuka produk daur ulang, yang memiliki nilai pakai dan nilai jual, daur ulang sampah bisa menjadi alternatif dalam mengurangi sampah yang saat ini masih menjadi polemik.

    Pisahkan beberapa jenis sampah untuk mempermudah dalam proses daur ulang. Bahan plastik, logam, kaca, kertas, dan organik, selain itu ada beberapa kemasan daur ulang, food packaging Indonesia yang bisa didaur ulang, seperti produk dari Tetra pak. Pisahkan sampah sesuai dengan kategori, sehingga Anda bisa mendaur ulangnya. Proses daur ulang sendiri bisa dilakukan dengan skala kecil, yakni cukup di dalam rumah dengan membuat kerajinan dari bungkus kopi misalnya. Untuk skala menengah, biasanya daur ulang dilakukan oleh industri rumahan. Dan daur ulang dalam skala besar yang biasa di proses industri pabrik.

    Daur ulang skala kecil bisa dilakukan dengan mendaur ulang kertas, selain sangat mudah untuk di daur ulang, mendaur ulang kertas juga tidak memerlukan alat-alat yang besar. Anda bisa membuat berbagai kerajinan dekorasi rumah dengan kertas. Selain daur ulang skala kecil, kertas juga acap kali didaur ulang dalam skala besar, yakni dengan dihancurkan dan dijadikan daur ulang kertas yang lebih tebal, halus dan rata. Plastik juga biasanya di daur ulang oleh pabrik-pabrik besar. Produk kemasan makanan, food packaging Indonesia seperti kemasan tetra pak juga bisa didaur ulang, karena kemasan pada karton Tetra Pak memiliki lapisan kertas, polietilen dan aluminium yang bisa diurai dan di pisahkan serta semua bahan tersebut dapat di daur ulang. Sebut saja, lapisan kertas pada kemasan daur ulang, bisa dijadikan buku, tas belanja, atau juga poster. Sedangkan lapisan polietien dan juga aluminium bisa dijadikan furnitur atau atap gelombang.

    Untuk sampah organik, Anda bisa mendaur ulang dengan menjadikannya sebagai kompos untuk tanaman. Dengan melakukan pengelompokan sampah, Anda bisa menjual sampah non organik pada tukang loak. Pentingnya daur ulang sampah, dimulai dari rumah kita masing-masing. Dengan melakukan pengelompokan tentu akan sangat membantu mengurangi polusi udara yang membuat bumi mengalami pemanasan global. Jika semua lapisan masyarakat Indonesia ikut serta dalam melakukan pengelompokan ini, tentu sampah di Indonesia akan berkurang dan menjadi lebih bersih.

    Daur ulang sampah juga sangat baik untuk menghemat energi dan juga melestarikan lingkungan yang kita tempati. Banyak hal dalam keseharian kita yang dapat kita lakukan untuk mulai mengurangi sampah. Misalnya saja dengan menggunakan tas belanjaan, sepertinya lebih praktis menggunakan tas belanjaan dari rumah di banding dengan kantong plastik saat berbelanja di supermarket. Memilih produk makanan yang memiliki kemasan daur ulang, food packaging Indonesia yang aman dan dijamin kualitasnya, sehingga Anda tak perlu ragu saat akan mengonsumsinya. Tetra pak salah satu produsen kemasan makanan yang memiliki program “One Pack, One Act for Our Earth”. Program ini telah dilakukan sejak tahun 2005 oleh Tetra Pak Indonesia. Kegiatan tentang pentingnya daur ulang, dan menjaga kelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh tetra pak melalui pendidikan lingkungan dan daur ulang kemasan karton. Tetra pak ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk sadar dan melakukan tindakan nyata serta berpartisipasi untuk mengurangi sampah dan meminimalisir dampak negatif dari sampah.. Mari jaga bumi kita, untuk anak cucu
     
  2. Nurul Hidayah

    Nurul Hidayah Member

    Joined:
    Apr 18, 2018
    Messages:
    95
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Ada program daur ulang, cara bagus untuk mengurangi sampah dan memanfaatkan menjadi barang yang berguna, selain itu juga membuka lapangan kerja, mantap,,,
     
Loading...

Share This Page