Pentingnya Jumlah Bintang tuk Seller Online

Discussion in 'Online Business' started by lordard, Jun 24, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Pada beberapa e commerce, penjual akan memiliki sebuah sistem penilaian. Dimana sistem penilaian ini biasanya berbentuk sebuah bintang. Umumnya penilaian ini akan digambarkan dari bintang satu hingga lima, semakin tinggi bintang maka semakin tinggi pula nilai seller tersebut. ternyata, jumlah bintang ini ada kaitannya dengan consumption behavior dari para konsumen. Apakah kaitan tersebut? Yuk simak penjelasannya dalam ulasan ini.

    [​IMG]

    Bagian Dari Sistem Reputasi Seller Online

    Online review adalah informasi yang bersifat evaluasi, dimana hal ini berkaitan dengan berbagai aspek yang melekat di suatu produk. kemudian informasi yang terdapat dalam review dapat disimpulkan sebagai kualitas produk sesuai dengan pengalaman dari para penggunanya. Biasanya calon konsumen akan mencari suatu online review suatu produk sebelum melakukan keputusan pembelian. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko dari pembelian secara online.

    Namun selain untuk mengurangi risiko pembelian, pencarian ulasan online review juga dilakukan untuk meningkatkan awarness atau nilai kesadaran. Pasalnya dalam review tersebut berisikan informasi yang berdasarkan pengalaman langsung konsumen sebelumnya dan juga sebagai referensi untuk memahami produk. Biasanya informasi yang dibuat dalam review ini akan berisi tentang ulasan produk, respon dari penjual, juga kecepatan pengiriman.

    Sementara itu, online rating merupakan salah satu bagian dari online review yang memiliki skala penilaian tertentu. Biasanya online rating dalam platform e commerce akan berbentuk bintang, dimana bintang ini bisa dijadikan sarana untuk mengekspresikan pendapat dari pelanggan. Sebagai bagian dari online review, rating bintang ini juga bisa digunakan sebagai bentuk penilaian konsumen terhadap suatu produk yang mengacu pada keadaan psikologis dan emosional saat menggunakan produk.

    Rating Bintang Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Pembelian

    [​IMG]

    Kebanyakan platform e commerce akan menampilkan informasi online review dan online rating di halaman pertama akun seller, sehingga mudah ditemukan oleh calon pembeli. Termasuk dalam sistem reputasi penjual, online review dan online rating secara langsung akan memengaruhi reputasi seller online di platform tersebut. nilai dari rating bintang ini secara tak langsung akan menjadi tahap awal yang dapat menggambarkan kualitas seller secara keseluruhan.

    Online rating yang tinggi kerap kali diasumsikan sebagai nilai yang baik untuk seller. Sedangkan nilai rating yang rendah akan menjadi acuan untuk calon customer dalam pengambilan keputusan pembelian. Hal ini dikarenakan rating yang rendah adalah acuan untuk membentuk kepercayaan dan mengelola rasa tidak pasti yang dimiliki calon pembeli. Secara singkat, penilaian bintang ini membantu calon pembeli untuk meyakinkan diri sebelum mengambil keputusan.

    Online review dan online rating, bisa membantu calon pembeli untuk mendapatkan gambaran yang berkaitan dengan kualitas produk dan juga kualitas pelayanan yang diberikan oleh seller online. Dimana hal tersebut termasuk dalam unsur yang membentuk seller trustworthiness dalam platform e commerse. Selain itu, calon pembeli juga menjadikan informasi di online review dan online rating sebagai informasi pembanding untuk bisa mengurangi bias informasi.

    Dapat dikatakan, adanya online review dan rating bintang ini bisa menjadi pendorong untuk seller bahkan pengembang platform e commerce untuk mengembangkan sistem transaksi yang lebih aman dan quality control produk yang lebih baik. Selain itu, rating bintang yang ada di platform tersebut juga bisa digunakan sebagai branding merek yang baik untuk membuat seller menjadi lebih dikenal oleh pengguna platform e commerce dan masyarakat luas.

    Sebagai seorang penjual online di situs e commerce, rating bintang dan juga review merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya rating tersebut dapat digunakan sebagai branding yang tepat. Jika dikaitkan dengan consumption behavior, maka penilaian jumlah bintang ini akan berkaitan dengan keputusan pembelian. Biasanya semakin tinggi bintang, maka kepercayaan konsumen akan semakin tinggi.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,469
    Likes Received:
    106
    Trophy Points:
    63
    Makin tinggi rating bintangnya makin bagus ulasan penggunanya, karena biasanya setelah pembelian dan menerima barang pembeli ada pilihan memberikan ulasan produk, diantaranya dengan memberi bintang satu sampai lima, makin baik produk diterima pemberian bintang juga makin tinggi
     
  3. Bayu Samudra

    Bayu Samudra New Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bagaimana ya cara cepat untuk mendapatkan bintamg?
     
Loading...

Share This Page