Pentingnya media pembelajaran untuk Anak

Discussion in 'Education' started by Jules Arkley, Mar 7, 2019.

  1. Jules Arkley

    Jules Arkley New Member

    Joined:
    Jun 20, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    3
    Kewajiban negara mencerdaskan kehidupan bangsa tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Kewajiban ini menjadi pengingat seluruh komponen bangsa untuk saling berkerjasama mewujudkan cita-cita bangsa tersebut. Untuk memastikan cita-cita tersebut terwujud, pemerintah bahkan telah membuat banyak peraturan, salah satunya mengenai pengadaan media pembelajaran kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

    Pentingnya media pembelajaran dan media pendidikan

    Proses mencerdaskan kehidupan bangsa ini melibatkan banyak hal. Ada anak-anak bangsa yang membutuhkan akses pendidikan terbaik untuk membuatnya cerdas seperti cita-cita bangsa. Ada pula sumber daya pendidik dalam hal ini guru yang menjadi garda paling depan dalam proses meraih cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Hingga kondisi geografis yang menjadi tantangan paling besar dalam mewujudkan cita-cita bangsa ini.

    Selain pihak-pihak yang terlibat, dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa ini juga melibatkan beberapa komponen pendukung. Salah satunya adalah keberadaan media pembelajaran dan juga media pendidikan yang sangat penting dalam penyelenggaraan proses belajar di sekolah. Dengan adanya media pembelajaran dan pendidikan ini, proses belajar tidak hanya berlangsung lebih mudah. Namun juga efektif sehingga cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai.

    Mengenai media pembelajaran

    Sekilas, tidak ada perbedaan antara media pembelajaran dan media pendidikan. Namun jika ditelaah lebih mendalam, terdapat beberapa hal yang membuat keduanya menjadi berbeda. Selama ini banyak pihak menutup mata akan adanya perbedaan media pembelajaran dan media pendidikan ini. Pada akhirnya keduanya dianggap sama. Dengan kata lain saat media pembelajaran telah tersedia di sekolah maka tidak diperlukan lagi kehadiran media pendidikan.

    Media pembelajaran atau media belajar lebih banyak dianggap sebagai sebuah perantara. Di mana melalui perantara inilah, seorang guru atau pemilik ilmu menyampaikan ilmunya kepada penerima dalam hal ini siswa. Tujuan penggunaan media pembelajaran ini adalah untuk memastikan ide atau ilmu yang disampaikan dapat diserap dan dipahami dengan baik oleh siswa. Tentu saja penggunaan media pembelajaran menjadi terbatas di dalam kelas hanya untuk siswa.

    [​IMG]

    Mengenal media pendidikan

    Mengingat media pembelajaran tidaklah sama dengan media pendidikan, maka sudah seharusnya jika pembahasan mengenai media pendidikan dilakukan dengan mendalam dan menyeluruh. Dengan pembahasan yang menyeluruh, semakin banyak orang-orang yang terkait dengan pendidikan merasa penting untuk memanfaatkannya dalam memudahkan proses pendidikan terutama di sekolah. Sehingga tidak hanya sekolah-sekolah besar, namun seluruh sekolah di Indonesia juga menggunakan media pendidikan ini.

    Media pendidikan juga dapat dikatakan sebagai perantara. Namun saat penggunaannya dilakukan di dalam kelas dalam proses mengajar. Namun saat pengunaannya dilakukan di rumah, akses media pendidikan menjadi lebih luas. Tidak hanya untuk kepentingan siswa melainkan juga kepentingan guru. Selain itu media pendidikan ini juga merupakan alat yang dapat digunakan seluruh karyawan sekolah untuk mendukung proses operasional dan belajar di sekolah.

    Media pembelajaran / pendidikan terbaik

    Perbedaan media pembelajaran dan media pendidikan tidak lantas menjadikan keduanya terpisahkan penggunaannya dalam sekolah. Justru keduanya dapat diintegrasikan menjadi satu-kesatuan utuh dalam sebuah software media pembelajaran yang mendukung proses belajar hingga operasional sekolah. Sebuah software harus dibuat untuk mendukung proses belajar di kelas hingga operasional sekolah.

    Sebagai sebuah media pembelajaran, software juga harus dapat digunakan siswa untuk mendukung belajar di dalam kelas hingga saat berada di rumah. Bukan hanya siswa namun juga guru dalam menyiapkan banyak materi belajar hingga kuis dan ulangan saat berada di dalam kelas. Software juga harus membantu para karyawan sekolah dan guru mengerjakan tugas-tugasnya dari mengelola perpustakaan, mengorganisir surat menyurat hingga keperluan adiministrasi lainnya
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,277
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Jaman makin canggih deh, sekarang ini untuk belajar menggunakan komputer sudah bukan hal baru lagi, banyak sekolah yang sudah memanfaatkan ini, kalau dulu jaman ane sekolah tidak ada komputer, dan ujian saja masih pake pensil 2B
     
  3. Bagas Pramudita

    Bagas Pramudita Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    89
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Mungkin ini bisa jadi salah satu media pembelajaran untuk anak juga, tapi tetap harus dalam pengawasan orangtua.
     
    Last edited by a moderator: Mar 14, 2019
Loading...

Share This Page