Pentingnya Membuat Desain Website Terlebih Dahulu

Discussion in 'HTML & Website Design' started by Alexandromeo Lawrence, Mar 28, 2021.

  1. Alexandromeo Lawrence

    Alexandromeo Lawrence New Member

    Joined:
    Dec 16, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Salah satu proses dalam pembuatan website adalah pemilihan desain. Pada penggunaanya, desain merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung. Desain yang baik tentu akan membuat pengunjung menjadi betah.

    Proses pembuatan desain sebuah website pun akan cukup panjang. Bahkan jika untuk kebutuhan yang lebih serius, proses pembuatan desain ini akan melalui tahap riset pasar. Desain yang dibuat harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

    Setelah riset pasar dilakukan, barulah masuk ke tahap perencanaan. Di tahap ini semua hal yang akan mendukung hasil riset pasar tadi akan coba digunakan. Di tahap ini juga semua pilihan akan dicoba. Dari mulai pemilihan font, warna, layout, background, dan lainnya.

    Setelah tahap perencanaan selesai maka biasanya desain tadi akan dibuat mock up. Mock up merupakan duplikat dari desain yang sudah jadi dengan tujuan untuk melakukan pengetesan. Ada banyak aplikasi mock up website yang bisa Anda. Mock up juga bertujuan untuk melihat apakah desain tersebut sudah cocok atau belum.

    Nantinya desain mock up tadi akan melalui tes akhir sebelum desain benar – benar digunakan. Di tahap ini desain akan benar – benar dicoba. Jika ada kekurangan maka akan langsung diperbaiki. Tahap ini juga akan mencari semua kemungkinan yang bisa terjadi dengan desain tersebut.

    Setelah semua proses dinyatakan selesai maka desain sudah siap dilempar ke pengguna umum. Di sini desain sudah benar – benar digunakan.

    Dalam tahap pembuatannya pun sebuah desain haruslah memudahkan. Tidak hanya indah namun desain juga harus bisa menjadi media untuk bisa menjelaskan banyak hal kepada pengunjung. Itulah mengapa dalam proses pembuatannya pun dikenal sebuah cara untuk menentukan hierarki visual desain website.

    Tujuan dari penggunaan cara ini adalah agar desain bisa menyampaikan informasi dengan efektif kepada pengunjung website. Hierarki visual ini seolah – olah akan menjadi pemandu kepada pengunjung ketika mereka berada di sebuah website. Dengan menerapkan hierarki ini dengan baik maka harusnya desain yang dibuat tidak akan membingungkan.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,692
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Kalau yang punya modal bisa milih desain yang sesuai dengan kebutuhanya
    yang tidak ada modal, kalau bisa belajar mendesain web, dengan program yang rumit dan membingungkan
     
  3. yasir tidung

    yasir tidung New Member

    Joined:
    Mar 4, 2013
    Messages:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    cara belajar atau tempat kursus Desain website info doank
     
Loading...

Share This Page