Pentingnya menggunakan social media marketing untuk bisnis

Discussion in 'Social Networks' started by Wahyu Rusdiyanto, Jun 4, 2018.

  1. Wahyu Rusdiyanto

    Wahyu Rusdiyanto New Member

    Joined:
    May 10, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Menggunakan social media untuk bisnis menjadi trend baru sebagai salah satu media marketing yang sangat efektif. Baik dari pelaku usaha kecil hingga brand besar.

    Untuk sukses dalam social media marketing diperlukan strategi yang matang. Disini diperlukan tim yang sudah perpengalaman. Bagi brand besar tidak lah menjadi masalah, sedangkan untuk usaha kecil menjadi kendala karena terkait biaya yang cukup besar.

    Namun bukan tidak mungkin pula meskipun Anda sebagai solopreneur untuk sukses dalam menggunakan social media marketing untuk bisnis Anda. Yang terpenting Anda tekun dan terus belajar. Namun apabila Anda tidak mempunyai cukup banyak waktu bisa menggunakan jasa social media marketing yang telah berpengalaman.


    Alasan kenapa harus menggunakan social media marketing


    Menurut data yang dikeluarkan oleh We Are Social, perusahaan media asal Inggris bekerja sama dengan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 23 menit sehari untuk akses media sosial.

    Sedangkan menurut laporan berjudul “Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World”, Edisi 30 Januari 2018, dari total populasi Indonesia 265,4 juta jiwa, 130 juta adalah pengguna aktif social media dengan penetrasi hingga 49 persen. Sebanyak 37 persen menggunakan perangkat mobile dalam aktivitas social media mereka.

    [​IMG]
    Figur presentase rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktunya untuk mengakses media sosial(We Are Social)

    Pada artikel kali ini saya membagikan beberapa strategi sederhana namun cukup efektif dalam social media marketing saat ini. Menggunakan social media marketing untuk bisnis kecil dapat memberikan banyak menfaat. Namun masih banyak yang belum kepikiran untuk menggunakannya.

    Barikut ini beberapa strategi social media marketing yang perlu Anda lakukan untuk bisnis Anda.

    Bagun kredibilitas bisnis Anda

    Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam menggunakan social media sebagai saluran marketing bisnis Anda adalah membangun kredibilitas. Untuk memulai tahapan proses ini adalah dengan membangun brand awareness. Cara terbaik adalah dengan menciptakan konten yang mempunyai value pada target audience serta representasi dari produk Anda. Mulai dari text hingga visual dengan konsisten.

    Dalam membuat konten Anda perlu menetapkan goal terlebih dahulu agar konten yang Anda buat efektif tepat sasaran. Apabila masih bingung dalam hal ini Anda bisa melihat beberapa contoh posting competitor atau brand yang sudah berpengaruh. Ada banyak tools tersedia yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten yang bagus.


    Membangun Interaksi di social media

    Berbeda dengan website, social media bersifat dua arah. Anda perlu menciptakan relasi yang baik dengan audience agar citra bisnis Anda baik di social media dan akun bisnis Anda mendapatkan feedback yang positif.

    Anda juga bisa aktif pada group/forum di internet dan mendengarkan apa yang mereka butuhkan. Disini Anda juga dapat mengambil kesempatan saat ada member dari group tersebut membutuhkan sesuatu yang ada hubungannya dengan bisnis Anda.

    Kombinasi dari strategi organic dan non-organik

    Secara garis besar social media marketing dibagi menjadi dua. Organik dan non-organik. Organik adalah posting dengan jangkauan follower Anda. Sedangkan non organic adalah posting dengan jangkauan seluruh user dari platform social media yang Anda gunakan berdasarkan target audience yang telah Anda tentukan dengan membayar biaya tertentu.

    Supaya bisnis Anda bisa standout dari para competitor harus kombinasi dari kedua cara diatas. Tidak hanya mengandalkan yang gratis saja. Disini Anda perlu Anggaran yand dialokasikan secara khusus.
     
  2. Silaen Medan

    Silaen Medan Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    153
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Terima kasih infonya.....
     
  3. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,134
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Iya memang benar, media sosial bisa mendatangkan calon pembeli yang tidak terduga
     
  4. Rswd

    Rswd Member

    Joined:
    Dec 11, 2017
    Messages:
    117
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Boleh juga nih di peraktikan. Thanks gan
     
  5. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  6. Signea Living

    Signea Living New Member

    Joined:
    May 7, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Bagaimana ya cara promosi produk yang baik di media sosial sehingga bisa mendapatkan banyak pembeli?
     
Loading...

Share This Page