Pentingnya pemilihan CMS : Pilih mana WordPress.org atau WordPress.com ?

Discussion in 'CMS & Blogging Platform' started by Yandiahmadgandasaputra, Sep 14, 2020.

  1. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    57
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Pilih mana WordPress.org atau WordPress.com ?

    Sebelumnya kita jelaskan terlebih dahulu secara umum apa itu wordPress ?

    WordPress
    WordPress merupakan sebuah platform / Content Management System untuk membangun website ataupun blog. WordPress ini diciptakan atau dibangun oleh Matt Mullenweg dan Mike Little di tahun 2003. Content Management System ini bermula dari ditutupnya sebuah software blogging yang bernama b2/cafeblog. Nah keduanya ini merupakan pengguna dari software tersebut. Namun dengan adanya penutupan software blogging ini maka mereka mencoba menciptakan software serupa dengan nama yang berbeda. Tepat satu tahun selanjutnya yaitu di tahun 2004, kedua programmer ini berhasil merilis CMS WordPress 1.0 dengan fungsi yang fundamental mrip seperti b2/cafeblog yang telah dimodifikasi. Dan sejak saat itu WordPress mulai naik hingga detik ini menjadi CMS yang cukup populer di kalangan pegiat blogger dan juga programmer. Adapun sifat dari WordPress ini yaitu open source dimana platform ini menyediakan tema yang dapat dimodifikasi oleh penggunanya.

    Lalu apa bedanya WordPress.org dan WordPress.com ?
    Ok kita bahas ya ?

    Sebenarnya keduanya hadir dari perusahaan yang sama. Namun terdapat perbedaan yang detail sekali. Sederhananya mungkin seperti ini. Jika anda tmerupakan pemula dan sangat tidak memahami seputar programming mungkin kami sarankan anda untuk mengenal WordPress ini dari WordPress.com dahulu. Namun jika anda sedikit banyak mengetahui dunia programming dan menyukai tantangan maka kami rekomendasikan anda untuk menggunakan WordPress.org. Kami kenalkan dari sisi pengertiannya ya. WordPress.org merupakan sebuah layanan CMS Self Hosted (asumsikan sebuah rumah, milik Pribadi secara keseluruhan dan dibawah kendali anda), Sedangkan untuk CMS WordPress.com merupakan sebuah layanan Hosted (asumikan sebuah kontrakan, Milik orang lain dan anda hanya sebagai orang yang menempati saja). Ini artinya ketika anda menggunakan CMS WordPress.org maka anda dapat secara langsung membangun alamat anda sendiri di lokasi hosting yang anda miliki. Sedangkan jika anda menggunakan CMS WordPress.com maka blog atau website anda secara langsung menempati hosting dari WordPress itu sendiri dengan ekstensi domain WordPress juga.

    Lalu dimana pentingnya pemilihan CMS WordPress ini ?

    WordPress ini memiliki popularitas yang sangat baik, mudah dibuat dan digunakan dan tentunya dengan harga yang terjangkau, komunitas besar, banyak tersedia tutorialnya, mau anda pemula ataupun ahli semuanya bisa menggunakan WordPress. Lalu ada tema yang gratis dan berbayar ya, jadi anda bisa mengupgrade ke berbayar jika itu diperlukan. Tapi sebenarnya yang gratis juga sudah cukup bagus dari sisi design. Nah pentingnya disini. Ketika anda memiliki usaha atau ingin mengkomersilkan halaman blog atau website anda, maka kami rekomendasikan WordPress.org, mengapa ?_karena disini tersedia banyak sekali fitur dan juga plugin yang pasti anda perlukan kedepannya seperti fitur live chat customer, SEO, dll. Lalu jika anda hanya ingin membuat sebuah halaman blog seputar riwayat atau profil pribadi dan memang tidak ada keinginan untuk memonetisasinya, maka cukup menggunakan WordPress.com. Sebenarnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya dari fitur dan layanannya. Namun disini saya berbagi berdasarkan pengalaman saja.

    Ingat ya pilih CMS WordPress ini sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan anda kedepannya. Jangan sampai ketika sudah susah payah membuat konten tiba-tiba di depan menyulitkan anda kedepannya.

    Selamat mencoba ya, sehat dan sukses selalu.
    Terimakasih.
     
  2. anomali studio

    anomali studio New Member

    Joined:
    Sep 14, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    good untuk belajar ngoprek2 web :D
     
    antoteksam likes this.
  3. tajbatalk

    tajbatalk New Member

    Joined:
    Apr 8, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya pilihnya wordpress.org :)
     
  4. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    57
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Thank you mas @anomali studio , lanjutkan ngopreknya :)
     
  5. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    57
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Lanjutkan @tajbatalk biar makin profesional.:)
     

Share This Page