Pentingnya Pendirian Badan Usaha untuk Bisnis Anda

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by smartlegal, Oct 14, 2019.

  1. smartlegal

    smartlegal Member

    Joined:
    Dec 26, 2018
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]


    Pendirian badan usaha
    perlu dilakukan oleh pelaku bisnis, terlebih lagi pada masa dimana kompetisi bisnis kian marak seperti sekarang ini. Tidak hanya berlaku bagi pelaku bisnis kelas atas yang memiliki modal tanpa batas, pelaku bisnis pemula termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang masih memiliki keterbatasan modal juga perlu mempertimbangkan kembali untuk melakukan pendirian badan usaha. Hal ini dikarenakan pendirian badan usaha menjadi hal penting di samping modal dasar yang dimiliki.

    Pendirian badan usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha dapat dikatakan telah memenuhi ketentuan hukum yang berlaku. Dengan demikian, keputusan pelaku usaha untuk melakukan pendirian badan usaha tersebut sebagai bukti ketundukan dan kepatuhannya terhadap ketentuan hukum yang berlaku. Pendirian badan usaha juga dilakukan untuk meminimalisir bahkan mencegah terjadinya segala macam hal buruk yang terjadi di kemudian hari sehingga dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi pelaku usaha berikut bidang usaha yang dijalankannya. Kerugian yang dimaksud antara lain kemungkinan terjadinya pembongkaran atau pemberhentian badan usaha secara paksa dikarenakan tidak adanya izin sehingga kegiatan usaha yang dijalankan dianggap ilegal atau bertentangan dengan hukum serta ketentuan yang berlaku.

    Di sisi lain, konsumen sebagai klien yang mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kelangsungan bisnis yang dijalankan tentu saja lebih mempercayai bidang usaha yang memiliki izin yang jelas. Apabila ada suatu kegiatan usaha yang belum memiliki izin serta legalitas usaha dikarenakan pelaku usaha sebagai pemilik belum melakukan pendirian badan usaha, maka hal ini dapat menimbulkan kecurigaan konsumen. Lebih jauh lagi, tidak menutup kemungkinan bahwa konsumen yang merasa curiga akan melakukan pelaporan atas dugaan bisnis yang dijalankan ilegal. Hal semacam ini tentu saja dapat mengancam keberlangsungan bisnis yang dijalankan.

    Dalam melakukan pendirian badan usaha, pelaku bisnis sebagai pemilik usaha perlu menyesuaikan kebutuhan dalam bidang usahanya tersebut dengan bentuk badan usaha yang hendak ia dirikan. Penyesuaian ini diperlukan sebagai gambaran bahwa memang pelaku bisnis tersebut telah memperkirakan dan mempersiapkan segala macam kemungkinan yang terjadi kemudian. Pada intinya, jangan sampai karena ambisi melakukan pendirian badan usaha sehingga gelap mata dan tidak melakukan pertimbangan berdasarkan kebutuhan perusahaan.

    Pendirian badan usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap bidang usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha. Hal ini dikarenakan apabila pelaku usaha melakukan pendirian badan usaha terhadap bidang usaha yang dijalankannya, maka dapat dikatakan bahwa badan usaha tersebut telah memperoleh perizinan serta legalitas yang jelas. Dengan demikian, badan usaha tersebut telah mendapatkan jaminan keamanan terhadap kegiatan usaha yang dilakukan.

    Izin serta legalitas usaha yang jelas tentu saja membuat bidang usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha menjadi lebih diakui keberadaannya. Adanya izin tersebut membuat badan usaha yang dimiliki oleh pelaku usaha dapat dikatakan legal atau memiliki status hukum yang jelas. Hal ini tentu akan menumbuhkan kepercayaan pada konsumen sekaligus mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi di kemudian hari seperti pembongkaran atau pemberhentian badan usaha secara paksa.

    Berdasarkan uraian singkat di atas, maka menjadi penting bagi pelaku usaha untuk melakukan pendirian badan usaha terhadap bidang usaha yang dijalankannya. Pendirian badan usaha tersebut membuat bidang usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha memiliki status hukum yang jelas sehingga pelaku usaha yang melakukan pendirian badan usaha tersebut sekaligus mendapatkan perlindungan hukum. Adanya perlindungan hukum yang terjamin akan berdampak pada keberlangsungan kegiatan usaha, termasuk rasa aman dan nyaman yang tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha sebagai pemilik, melainkan juga akan dirasakan oleh konsumen.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,210
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Mungkin untuk mendirikan badan usaha ini sudah termasuk pengusaha yang dengan modal lumayan, kalau cuma usaha jualan gorengan mungkin banyak yang tidak memikirkan untuk memiliki payung hukum usahanya, yang penting hidup berjalan
     
  3. 1Souvenir

    1Souvenir Member

    Joined:
    Jul 25, 2016
    Messages:
    20
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tak pikir selama ini usaha ya harusnya jalan dulu usahanya, baru deh kelengkapan izinnya dilengkapi setelah ada aliran uang masuk. Nice post!
     
  4. agam

    agam Member

    Joined:
    May 30, 2018
    Messages:
    214
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    betul, memang ada beberapa usaha sebelum berjalan diwajibkan untuk mempersiapkan badan usaha terlebih dahulu.

    thanks, nambah wawasan mengenai legal usaha.
     
Loading...

Share This Page