Pentingnya ruang bermain untuk Anak-anak

Discussion in 'General Lifestyle' started by rumahoscar, Sep 8, 2015.

  1. rumahoscar

    rumahoscar Member

    Joined:
    Feb 25, 2015
    Messages:
    107
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Bermain adalah dunia bagi anak-anak. Selain bermain di area outdoor, area indoor pun tidak lepas dari keseruan mereka. Sayangnya, belum banyak orang tua yang mau menyiapkan ruang bermain bagi buah hatinya. Alasannya karena mereka khawatir rumah menjadi lebih kotor dan berantakan. Untuk itu, simak tips-tips menyiapkan dekorasi ruang bermain berikut ini.

    Pemilihan Ruangan

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih ruangan yang akan dijadikan area bermain. Ada 2 opsi, jadi satu dengan kamar anak atau terpisah. Jika jadi satu, maka akan menghemat penggunaan tempat. Sementara, ruang bermain yang terpisah lebih cocok untuk pemilik rumah yang lebih lebar. Area bermain pun bisa diletakkan di salah satu sisi ruang keluarga, sehingga Anda bisa berinteraksi dan mengawasi apa yang dilakukan oleh anak-anak. Untuk memisahkan area bermain dengan ruang keluarga, tidak perlu menggunakan partisi. Pembedaan warna dinding dan karpet sudah cukup menjadi pembatas.
    Karena ini adalah ruang bermain, Anda tentu wajib menyiapkan fasilitas bermain yang dibutuhkan oleh anak-anak. Sebenarnya ini tergantung dari apa yang disukai oleh anak Anda dan jenis kelaminnya. Biasanya anak perempuan lebih menyukai boneka dan mainan masak-masakan, sedangkan anak laki-laki lebih suka sesuatu yang teknis seperti mobil dan robot. Tetapi jika Anda memiliki keduanya (anak laki-laki dan perempuan), ada beberapa permainan unisex yang bisa dipakai bersama, seperti plastisin, jenga, lego, ular tangga, dan aneka mainan kayu.

    Zona Kotor

    Setiap anak suka menggambar. Mereka suka mencorat-coret apapun di sekitarnya. Untuk itu, siapkan zona khusus agar mereka bisa berkreasi. Tidak hanya di buku gambar, mereka pun boleh menggambar di dinding. Ada 2 alternatif, menyiapkan dinding papan tulis, atau menempeli area dinding setinggi 1 meter keliling dengan kertas karton putih. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri.
    Dinding papan tulis atau chalkboard wall lebih praktis digunakan karena Anda tidak perlu repot mengganti kertas. Kalau dinding sudah penuh, anak bisa menghapus gambarnya. Sayangnya, dinding seperti ini membuat buah hati bersinggungan dengan kapur tulis dan debu. Di sisi lain, alternatif kedua, yaitu menempeli sebagian dinding dengan kertas gambar akan memudahkan anak dalam berkreasi. Mereka bahkan bisa menggunakan beragam pewarna, mulai dari pensil warna, spidol, krayon, sampai cat air. Kelemahannya, Anda diwajibkan telaten mengganti kertas gambar tersebut.

    Warna

    Buatlah skema warna yang menarik dengan motif-motif yang ceria. Motif strips dan polkadot merupakan motif yang sesuai untuk semua kalangan, termasuk anak. Jangan ragu menggunakan warna-warna vibran di dinding. Tetapi, bila masih khawatir, gunakan saja warna krem di dinding. Variasi warna bisa diciptakan melalui perlengkapan lain seperti almari, karpet spon, dan meja-kursi.

    Penyimpanan

    Untuk menyimpan mainan anak yang jumlahnya ratusan itu, sebaiknya Anda menggunakan lemari berukuran pendek. Ini agar anak lebih mudah mengambil dan mengembalikannya. Pisahkan lemari mainan dengan lemari pakaian, agar anak tidak sembarangan menaruh kembali mainannya.

    Perlengkapan Dekorasi

    Sebenarnya dengan aneka pilihan warna di dinding dan furnitur sudah merupakan dekorasi. Tetapi, penambahan aksesoris akan membuat ruang bermain lebih ceria. Aksesoris yang bisa ditambahkan dalam ruang bermain antara lain: garland, pigura, aneka cushion, dan karpet spon. Jangan meletakkan aksesoris berbahaya seperti lilin, gelas dan piring dekoratif, ataupun stand lamp. Dekorasi dinding yang paling simple adalah dengan memajang hasil karya mereka di dalam pigura.

    [​IMG]

    Sumur https://oscarliving.co.id/tips/view/56/penting-nya-ruang-bermain-bagi-anak-anak
     
    lasealwin likes this.
  2. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    memang harus sebenernya ..
    yang pennting nggak ada barang yang membahayakan ,,,
     
  3. Coogear

    Coogear New Member

    Joined:
    Sep 8, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Yang penting sih ruangan bermain anak harus rapi dan tidak berbahaya atau membahayakan sang anak hehe Jadi kalau mau buat ruang mainan ini kudu perhatiin aspek keselamatan si anak. Gak boleh serampangan :D
     
  4. jorucel

    jorucel Member

    Joined:
    May 8, 2014
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    agar lebih menarik bisa diberi cushion yang unik dan yang penting aman seperti mempunyai sudut tidak tajam
     
  5. intan

    intan Member

    Joined:
    Aug 17, 2014
    Messages:
    62
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
  6. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Bermain adalah waktu yang harus selalu ada dalam kehidupan anak kita. dengan bermain mereka lebih mengenal dan terbuka wawasannya apalagi kalau permainan yang kita sediakan adalah permainan yang dapat mendorong kreativitas dan minat si kecil.
    Ruangan bermain khusus jika tidak tersedia di rumah di ruang tamu dan diruang makan juga bisa disulap menjadi ruang bermain anak kita
     
  7. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,461
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    kalo bisa yg ada nilai pendidikannya .. jadi bermain yg sambil belajar
     
  8. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    memang harus sebenernya ..
    yang pennting nggak ada barang yang membahayakan ,,,
     
  9. Mauren

    Mauren New Member

    Joined:
    Jan 13, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    Idem Om. Listrik / Colokan dll nya , benda / sudut tajam. Ketinggian yang bisa dipanjat sama anak juga wajib di perhitungkan matang2. Keren nih treadsnya
     
  10. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    nah, hal2 yang berbahaya seperti diatas memang harus diperhatikan....
     
  11. Aneba

    Aneba Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page