Pentingnya Sudut Pandang Sebuah Tulisan

Discussion in 'Internet Marketing' started by Idoy Maulana, May 2, 2019.

Tags:
  1. Idoy Maulana

    Idoy Maulana New Member

    Joined:
    Dec 15, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Tingkat kualitas sebuah konten tulisan yang dibuat oleh jasa copywriting tidak hanya ditentukan dari topik atau gagasan yang dibahas, tapi juga ditentukan oleh beberapa faktor lainnya. Misalnya, sebuah artikel yang berisi sebuah informasi yang dibuat berdasarkan fakta. Kualitas tulisan juga ditentukan dari tingkat aktualitas fakta yang dibahas dalam topik yang bersangkutan, fakta-fakta atau informasi yang diungkapkan didalam tulisan pun harus memiliki sumber yang jelas sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Selain itu, masih ada beberapa faktor yang juga turut berpengaruh. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kualitas sebuah konten tulisan.

    Faktor Penentu Kualitas Sebuah Tulisan
    Selain yang sekilas disebutkan diatas, masih ada beberapa faktor yang juga turut berpengaruh. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kualitas sebuah konten tulisan.

    • Relevansi Topik yang Dibahas
      Sebuah tulisan memang tidak bisa dibuat untuk menyenangkan dan membuat semua tipe pembaca merasa puas bagaimana pun caranya. Maka dari itu seorang penulis dan penyedia jasa copywriting biasanya memiliki target pembacanya masing-masing. Jika anda merasa sudah membuat tulisan berkualitas yang berisi berbagai informasi yang penting dan berbobot, namun tak juga mendapatkan tanggapan ataupun respon yang positif dari pembaca, bisa jadi anda salah dalam menentukan sasaran pembaca. Misalnya, anda membuat konten yang tulisan yang berhubungan dengan teknologi smartphone terbaru lengkap dengan berbagai macam perbandingannya. Namun, anda justru memasarkan atau menyebarkan konten tulisan tersebut kepada orang-orang yang sudah sangat tua (berumur). Tentu saja, tulisan anda tidak akan bisa dinikmati, karena memang itu bukanlah sasaran yang tepat untuk tipe tulisan yang anda buat. Jadi, sebaiknya perhatikan relevansi konten tulisan yang dibuat dengan target atau sasaran audience anda.

    • Tingkat Kepentingan Sebuah Topik Tulisan
      Tidak semua topik yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat penting untuk dijadikan sebuah konten ataupun tulisan. Misalnya, ada dua topik atau pun bahasan yang sedang ramai dibicarakan orang, seperti hasil quick count pemilihan umum presiden dan wakil presiden Indonesia, dan topik yang membahas tentang pernikahan seorang selebriti ternama. Jika anda ingin membuat konten yang sesuai dengan waktu dan tingkat kepentingan yang sedang berkembang di masyarakat, tentu saja akan lebih bijak jika anda membuat konten tulisan yang berisi soal pemilihan umum karena sifatnya yang lebih urgensi.
     
  2. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    108
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    jelas sih, karena memang aktivitas menulis itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dan mengenai sudut pandang juga, ane sih setuju kalau dibilang penting ya.
     
  3. Dewi Nadzifah

    Dewi Nadzifah Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    trus pernyataan tentang sudut pandangnya dimana?
     
  4. Bunga Almira

    Bunga Almira New Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Setuju gan, membuat target pembaca dari sebuah tulisan itu penting. Juga membuat tulisan kita jadi lebih relevan dimata pembaca.
     
  5. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    416
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    intinya, artikel yang kita tulis itu harus mempunyai manfaat penting untuk pembaca
     
Loading...

Share This Page