Pentingnya Waterproofing Dalam Membuat Atap Dak Beton

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by Heri Hartono, Oct 9, 2019.

  1. Heri Hartono

    Heri Hartono Member

    Joined:
    Dec 15, 2018
    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Memiliki hunian yang nyaman adalah impian semua orang. Dan atap adalah salah satu bagian terpenting untuk menangkal panas dari cuaca yang ekstrim, dengan mempunyai atap yang bagus serta didukung dengan desain bangunan yang baik dapat menjadikan rumah dihuni dengan nyaman dan aman.

    [​IMG]

    Salah satu tipe atap yang kini digandrungi masyarakat modern adalah tipe dak beton yang mendukung hunian minimalis. Seperti yang kita ketahui bahwasannya tipe atap ini memang kuat dan tahan lama, namun tidak menutup kemungkinan jika pemasangan konstruksi yang tidak tepat membuat atap dari dak beton ini mudah rembes dan bocor terutama ketika musim penghujan. Oleh karena itu salah satu cara untuk menambah ketahanan atap dak adalah dengan dilapisi waterproof yang baik.

    Tujuan melapisi atap dak beton dengan waterproofing

    Waterproofing merupakan sebuah prosedur yang dilakukan untuk membuat suatu project bangunan menjadi kedap air. Sebuah konstruksi bangunan biasanya akan menggunakan lapisan waterproof untuk perlindungan serta demi menjaga ketahanan struktur bangunan tersebut. Ruangan yang umumnya diberi pelapis anti bocor adalah ruangan basement, atap dan area basah atau lembap lainnya. Meski demikian, anda memang akan mengeluarkan budget lebih jika ingin menambah lapisan dengan waterproof, maka disarankan anda terlebih dahulu mencari tahu tentang harga waterproofing ter-update dari berbagai vendor.

    Selain itu terdapat beberapa manfaat waterproofing pada dak beton, diantaranya:

    • Mencegah dak beton mudah lapuk dan berjamur
    • Meminimalisir resiko untuk renovasi jika terjadi kerusakan
    • Dapat menambah nilai property
    • Solusi dalam menanggulangi masalah kebocoran
    • Kualitas sesuai dengan harga waterproofing yang dikeluarkan, semakin mahal biasanya akan semakin bagus kualitasnya, maka jangan mudah tergiur dengan vendor yang asal menawarkan harga dibawah rata-rata harga pasar.
    Kenali waterproofing membrane bakar
    Apa itu waterproofing membrane bakar? Mungkin tak banyak orang yang tahu mengenai produk waterproofing jenis ini karena waterproofing membrane biasanya dipakai oleh para tukang yang sudah professional, oleh karenanya harga waterproofing membrane bakar ini relatif lebih tinggi dibanding waterproof yang lainnya. Produk ini merupakan salah satu yang dipakai sebagai pelapis anti air yang cara penggunaannya harus dibakar terlebih dahulu. Sementara prosedurnya disebut waterproofing.

    Perlindungan ini tentunya menggunakan lapisan membran atau lembaran yang terbuat dari karet. Waterproofing membrane ini biasanya banyak digunakan sebagai struktur dak atau atap beton. Jenis membrane ini rata-rata terbuat dari bahan monomer kimia yang meliputi etilena, propilena dan kemudian dicampur dengan bahan karet.

    Ciri-ciri produk membrane :
    • Membran membutuhkan perawatan yang lebih rumit
    • Pemasangannya memerlukan waktu yang lebih lama
    • Usia ketahanan membrane sekitar 10 sampai 15 tahun, setelahnya anda perlu memasang ulang atau mengganti membran secara berkala
    • Biaya operasional menjadi lebih banyak tergantung jenis membrane yang digunakan dan harga waterproofing membrane yang berbeda-beda pada setiap vendor
    • Pada umumnya membrane akan dijual mulai dari 45.000 rupiah per meter persegi sampai sekitar 90.000 rupiah. Harga yang terbilang cukup sebanding dengan fungsi waterproof itu sendiri.
    Demikianlah, betapa pentingnya lapisan waterproof pada atap dak beton anda. Namun sekali lagi, sesuaikan semuanya dengan kebutuhan dan anggaran biaya anda. Terima kasih dan semoga sukses memiliki hunia idaman. Cheers!
     
Loading...
Similar Threads - Pentingnya Waterproofing Dalam
  1. Heri Hartono
    Replies:
    2
    Views:
    412

Share This Page