Penyakit Aneh Yang Hanya Diderita Jutaan Warga Jepang

Discussion in 'General Discussion' started by Malik Al-farokh, Aug 26, 2016.

Tags:
  1. Malik Al-farokh

    Malik Al-farokh Member

    Joined:
    Aug 3, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Sebuah fenomena “penyakit” aneh sedang mewabah dan menghinggapi hampir satu juta warga Jepang. Penyakit aneh itu disebut hikikomori, dan penderitanya sebagian besar adalah para pemuda.

    [​IMG]

    Mereka yang dihinggapi hikikomori biasanya menarik diri dari kehidupan sosial, mengisolasi diri di dalam kamar yang dalam beberapa kasus berlangsung bertahun-tahun.

    Seorang pakar hikikomori, Dr Takahiro Kato, pernah mengalami masalah ini pada masa remajanya. Kini dia bekerja untuk mencegah “penyakit” ini menyebar dan menghinggapi generasi muda Jepang.

    Dr Kato, yang mempelajari hikikomori di Universitas Kyushu, Fukuoka, mengatakan bahwa dia sudah pernah melihat beberapa kasus paling parah yang diderita para pria berusia 50-an yang sudah menarik diri dari kehidupan sosial selama 30 tahun.

    Kato melanjutkan, para penderita hikikomori, yang menolak kontak dengan teman dan bahkan keluarga, sering kali adalah para pemuda cerdas dan berkemampuan tinggi.

    “Saya sangat khawatir karena kini sekitar satu persen dari populasi Jepang mengidap hikikomori atau gangguan sejenisnya,” kata Kato.

    “Sebagian besar dari mereka adalah lulusan universitas sehingga sangat berpengaruh terhadap perekonomian negeri ini. Sejumlah penderita adalah lulusan universitas ternama, dan ini sangat menyedihkan,” tambah dia.

    Yuto Onishi (18), asal Tokyo, sudah mengurung diri di kamarnya selama hampir tiga tahun sebelum dia mulai mencari pengobatan sekitar enam bulan lalu.

    Yuto menghabiskan harinya dengan tidur lalu menjelajah internet pada malam hari serta membaca komik Jepang alias manga. Selama mengurung diri, Yuto tak pernah berbicara dengan orang lain.

    Saat memulai terapi, Yuto mengatakan bahwa kondisinya kemungkinan dipicu sebuah insiden saat dia duduk di bangku SMP dan gagal menjadi juara kelas. “Sekali Anda mengalaminya (hikikomori), maka Anda akan kehilangan realitas. Saya tahu hal itu tak lazim. Namun, saya tak ingin berubah. Saya merasa aman di sana,” ujar Yuto.

    Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan mendefinisikan hikikomori sebagai orang-orang yang tidak berpartisipasi dalam masyarakat, terutama bekerja atau belajar, dan tidak memiliki hubungan dekat di luar anggota keluarga.

    Dr Kato menegaskan, kondisi lingkungan sekitar memberikan kontribusi terhadap munculnya hikikomori, yang paling banyak menghinggapi keluarga kelas menengah.

    “Kondisi ini sangat jarang menimpa keluarga miskin sehingga lingkungan kelas menengah, keluarga kelas menengah, adalah kelompok yang paling rentan menderita hikikomori,” ujar Kato.

    Banyak penderita hikikomori mengurung diri di rumah keluarga mereka, dan sering kali para orangtua tetap mendukung keputusan anak-anak mereka yang menarik diri dari lingkungan.

    “Jepang sangat berbeda dengan masyarakat Barat. Sebagai contoh, hubungan ibu dan anak sangat berbeda dengan budaya Barat,” papar Kato.

    “Para orangtua Jepang terlalu melindungi anak-anak mereka. Oleh karenanya, beberapa orang sangat sulit untuk menjadi mandiri. Itulah mengapa jumlah kasus hikikomori di Jepang sangat tinggi,” tambah Kato.

    Kato melanjutkan, secara budaya, anak laki-laki Jepang lebih tertekan karena harus masuk ke universitas terbaik, perusahaan terbaik, dan lain-lain. Oleh karena itu, Kato mengatakan, terapi juga harus dilakukan untuk anggota keluarga penderita hikikomori demi mengubah model hubungan antar-anggota keluarga.

    Namun, banyak penderita hikikomori enggan berbicara kepada keluarga mereka sendiri, apalagi menjalani terapi. Oleh karenanya, Jepang menghadapi tantangan serius dalam mengidentifikasi masalah ini untuk keselamatan generasi mendatang.
     
    lasealwin likes this.
  2. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    572
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Untung saya hidup di Indonesia yang nggak begitu keras tuntutan hidupnya hehe,... tpi ya jangan terlalu santai .. kasihan juga ya yang menderita hikikomori...
     
  3. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    iya gan, gak baik jga kalo terlalu santai :D
     
  4. terapiotak45

    terapiotak45 Member

    Joined:
    Mar 5, 2016
    Messages:
    389
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    meski begitu banyak lho den para penggemar anime di indonesia yang bercita-cita tinggal di jepang
     
  5. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    wah wah korban kurang pede, bully, atau malah karena gengsi? 11:12 lah :)

    coba kalau di jepang banyak maling, pasti pada ngejar itu maling. otomatis keluar rumah dan nggak ada virus hikikomori :p
     
  6. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah... untung saya udah ikut organisasi dan ada tanggungan di sana..
    jjadi saya tetep ada relasi dengan orang lain di dunia nyata...
     
  7. Daffa Hauzan

    Daffa Hauzan New Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    virus hikikomori hilang... virus kemalingan mewabah.. *nangis3*
     
  8. bekenid

    bekenid Member

    Joined:
    Jun 27, 2016
    Messages:
    173
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    berat jg persaingan di jepun, klo ane yg di sana kayanya mending tinggal di desanya aja deh..
    pernah liat film, di desa kebanyakan orang2 tua jarang anak mudanya..
     
  9. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Sepertinya itu udah pada sejahtera semua jadi tinggal menggunakan apa yang ada.
    Andai mereka menjadi bermanfaat bagi orang lain dan menemukan jati dirinya.
    Salam pribadi tangguh
     
  10. Malik Al-farokh

    Malik Al-farokh Member

    Joined:
    Aug 3, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    mungkin suatu saat nanti, jepang bisa menjadi negara mundur, hal itu dikarenakan pemuda berbakatnya yang pada mengurung diri. Itu hanya spekulasi saya saja :D
    #CMIIW
     
    Marko Sianipar likes this.
  11. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    426
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Apakah mungkin ini salah satu Adzab dari Alloh ta'ala..?

    #NoOffense *senang*
     
  12. faisalhendri

    faisalhendri Member

    Joined:
    Jul 22, 2016
    Messages:
    152
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    daann..
    tidak lama lagi hal itu akan terjadi di Indonesia..
    maka dari itu kita semua harus mulai mencegah pemuda2 di Indonesia terserang "penyakit" seperti itu, salah satunya dengan bersosialisasi di Bersosial.com ..
    tapi ya gak cuma di bersosial aja toh, kita juga harus bergaul di dunia luar
     
  13. Mukhamad Aristo

    Mukhamad Aristo Member

    Joined:
    Aug 24, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Terus yang jadi pertanyaan kalo mengurung diri di kamar buat makan nya gmna ???
    Buat nyari duit nya gmna juga yaa ???
     
  14. Agustian

    Agustian Member

    Joined:
    Aug 20, 2015
    Messages:
    166
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    nah gimana tuh den :D ???
     
  15. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    429
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Untung saya di Indonesia kalo di jepang pasti bisa meniru kelakuan seperti ini
     
  16. Om Gembung

    Om Gembung Member

    Joined:
    Feb 28, 2016
    Messages:
    102
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Nggak di jepang atau indonesia kelakuan itu bisa terjadi dimana aja.
     
  17. Muhammad Amin

    Muhammad Amin Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    241
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    peranan penting bisa jadi pada setiap orang tua, supaya anak lebih banyak terbuka akan permasalahan yang dihadapi, orang tua bisa menjadi pendengar yang baik agar anak mulai membuka diri dan berinteraksi dengan lingkungan
     
  18. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Penyakit seperti ini memang susah kalau sudah menjalar di fikiran... karena dia hanya fokus pada satu bidang biasanya, yang sering saya tau biasanya penikmat anime akut yg suadah menganggap dirinya juga ikut hadir di dalam alam anime tersebut. Itu sih yg saya tau kalau yg lainnya kurang tau heheh
     
  19. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    368
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    betul banget bro, kalo saya sering kurang pde jadi lebih nyaman di rumah.. orang2 sekitar yang kritis jadi bkin skit hati..
     
  20. batikhush

    batikhush Member

    Joined:
    May 26, 2016
    Messages:
    75
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    hmmm kayak depresi gitu ya gann?
     
Loading...

Share This Page