Penyakit Bungkuk ? Ini Dia Penyebabnya

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Aug 21, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    94
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Mengenal Penyakit Ankylosing Spondylitis

    Penyakit sendi ankylosing spondylitis adalah sebuah penyakit radang sendi kronis pada tulang belakang yang disebabkan oleh disfungsi kekebalan tubuh sehingga menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi-sendi. Mengakibatkan tulang punggung belakang terasa nyeri dan kaku.

    Gejala-Gejala Penyakit Ankylosing Spondylitis

    Gejala yang muncul akibat dari penyakit ankylosing spondylitis ini dapat ditandai dengan adanya rasa nyeri atau kaku pada bagian punggung bawah, leher, tulang rawan, dan rasa nyeri di area panggul. Biasanya terasa pada saat bangun tidur atau duduk dalam satu posisi dengan waktu yang cukup lama. Berikut ini beberapa gejala umum yang terjadi pada penyakit ankylosing spondylitis, diantaranya :
    • Sering merasa mudah lelah, apalagi pada saat akan berkativitas serasa kehilangan semangat atau mood untuk melakukan hal tersebut.
    • Serasa ada benjolan atau bengkak pada area punggung.
    • Punggung mulai mengalami rasa nyeri secara perlahan. Pada awal-awal biasanya terasa pada bagian punggung bawah lalu menyebar sampai ke punggung atas.
    • Timbul secara tiba-tiba rasa sakit yang terjadi pada tulang belakang.
    • Pernafasan akan lebih sedikit terasa terganggu atau sesak, karena disebabkan peradangan dan luka di area paru-paru.
    • Sering terjadi patah tulang pada area tulang punggung bawah dan tulang leher bagian bawah.
    • Rasa nyeri yang terjadi pada punggung biasanya suka mereda pada saat melakukan membungkuk. Justru dari awalnya membungkuk, itu dapat menyebabkan bungkuk permanen.
    Gejala di atas hanyalah sebagian, jika tidak ada yang tercantum di atas, segera lakukan konsultasi dengan dokter atau ahlinya.

    Penyebab Terjadinya Penyakit Ankylosing Spondylitis

    Penyebab utama dari terjadinya penyakit ankylosing spondylitis ini dipercaya adalah diwariskan secara genetik, dan hampir seluruh (90%) pasien-pasien dengan ankylosing spondylitis dilahirkan dengan gen HLA-B27. Karena ketika dilakukan penelititan lain disebutkan bahwa seseorang yang melahirkan tanpa gen HLA-B27 tidak menimbulkan faktor gen itu kepada keturunannya. Faktor dari gen HLA-B27 tampaknya dapat ditingkatkan dari faktor-faktor tambahan lainnya, seperti lingkungan, agar timbulnya penyakit ankylosing spondylitis ini dapat semakin jelas.

     
  2. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    191
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Jadi inget temen yang sering bungkuk ehh di tendang sama bokap nya dari belakang, besokannya udah gak bungkuk lagi trauma katanya hahaha
     
  3. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    94
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Seharusnya lebih berhati-hati lagi dalam melakukan pengobatannya bang ehhehe
     
Loading...

Share This Page