Penyakit Cacar Monyet atau (Monkeypox). Kenali Ciri-Cirinya

Discussion in 'Health & Medical' started by resi raphael, Nov 14, 2023.

  1. resi raphael

    resi raphael Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    151
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Mulai menurunnya kasus COVID-19 di seluruh dunia dan dengan harapan agar pandemi ini segera berakhir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali menerima laporan mengenai kasus penyakit cacar monyet (monkeypox) dari negara-negara yang bukan merupakan wilayah endemis.

    Saat ini, penyakit cacar monyet telah menyebar ke 12 negara yang termasuk dalam tiga wilayah WHO, yakni wilayah Eropa, Amerika, dan Western Pacific.

    Situasi ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran di kalangan para pengambil kebijakan kesehatan di seluruh dunia.

    Virus cacar monyet merupakan anggota dari genus Orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae. Dalam genus Orthopoxvirus, terdapat virus lain seperti virus variola (penyebab penyakit cacar), virus vaccinia (yang digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi.

    Penyakit cacar monyet adalah salah satu penyakit yang dapat menular dari hewan primata, seperti monyet, kepada manusia. Cacar monyet adalah contoh yang menarik dari zoonosis, yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia.

    Apa itu Cacar Monyet?

    Cacar monyet, juga dikenal sebagai variola simian atau Monkeypox dalam bahasa Inggris, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus cacar monyet. Penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1970 di Republik Kongo.

    Monkeypox mirip dengan cacar manusia, tetapi lebih ringan dalam kasusnya. Meskipun demikian, infeksi monkeypox dapat mengakibatkan gejala yang serius pada manusia.

    Penyebab Cacar Monyet

    Cacar monyet disebabkan oleh virus Monkeypox yang termasuk dalam keluarga Orthopoxvirus. Virus ini adalah saudara dari virus cacar manusia (Variola virus) dan virus vaccinia.

    Manusia dapat terinfeksi dengan virus Monkeypox melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, terutama monyet, tikus, dan kelinci.

    Virus ini dapat ditularkan dari hewan primata ke manusia melalui kontak langsung. Pemakaian obat-obatan yang mengandung bahan dasar hewan primata juga dapat menjadi sumber penularan.

    Namun, cacar monyet tidak umumnya menular dari manusia ke manusia, kecuali melalui kontak fisik yang intens.

    Gejala Cacar Monyet

    Pada manusia, gejala penyakit cacar monyet menunjukkan kesamaan dengan gejala cacar air, meskipun dalam intensitas yang lebih ringan. Gejala ini dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, dan rasa kelelahan.

    Salah satu perbedaan utama antara gejala cacar air dan cacar monyet adalah bahwa penyakit cacar monyet dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati), yang tidak terjadi pada cacar air.

    Masa inkubasi cacar monyet biasanya berlangsung selama sekitar 6 hingga 13 hari, tetapi kadang-kadang dapat mencapai 5 hingga 21 hari.

    Gejala cacar monyet pada manusia termasuk:
    1. Demam
    2. Kelelahan
    3. Nyeri otot
    4. Sakit kepala
    5. Pembengkakan kelenjar getah bening
    6. Benjolan berisi air ataupun nanah di sekujur badan
    7. Ruam kulit yang muncul dalam bentuk benjolan, bintik, dan lepuh
    Gejala-gejala ini sering kali mirip dengan gejala cacar manusia, meskipun biasanya lebih ringan. Cacar monyet memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dibandingkan cacar manusia, tetapi dapat menjadi serius terutama pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

    Biasanya cacar monyet muncul dalam bentuk bintik-bintik merah yang berkembang menjadi lepuh yang berisi cairan. Lepuh ini dapat dengan cepat berubah menjadi kerak dan mengelupas.
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    saat ini kena penyakit cacar sepertinya aneh, ya? kecuali tahun 70-an yang dianggap biasa jika anak kena cacar. :D
     
  3. Devikaku

    Devikaku New Member

    Joined:
    Nov 20, 2023
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    entah penyakit apa lagi ini, semoga dijauhkan aja...
     
Loading...

Share This Page