Penyakit Jantung Koroner & Gejala yang Ditimbulkan

Discussion in 'Health & Medical' started by Reza Ahmad, Aug 15, 2019 at 4:48 PM.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    60
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Penjelasan dari Penyakit Jantung Koroner
    Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyakit yang terjadi pada organ jantung yang diakibatkan karena adanya masalah pada pembuluh darah arteri atau pembuluh darah jantung karena plak atau lemak yang mengendap di pembuluh darah, hal ini membuat aliran darah menuju ke jantung menjadi semakin sedikit dan memicu terjadinya penyakit jantung koroner ini.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa penyakit jantung koroner ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Ada sekitar lebih dari 7 juta jiwa yang meninggal di dunia karena penyakit ini. Sedangkan di Indonesia, sudah tercatat ada lebih dari 2 juta jiwa yang terkena penyakit jantung koroner di tahun 2013. Diketahui juga rentang usianya yaitu pada 45-54 tahun yang mengidap penyakit ini.

    Gejala-gejala Penyakit Jantung Koroner yang Dapat Ditimbulkan
    Pada awalnya memang kurangnya suplai darah ke organ jantung tidak memberikan gejala apapun, akan tetapi dengan semakin bertambahnya tumpukan lemak atau plak di pembuluh darah arteri dapat menimbulkan gejala penyakit jantung koroner ini, yaitu :

    Angina
    Angina merupakan gejala nyeri dada yang terjadi karena kurangnya suplai darah ke otot jantung. Angina dapat terjadi dalam beberapa menit dan biasanya dikarenakan suatu hal, contohnya aktivitas fisik hingga tingkat stres. Gejala angina yang dirasakan pun bervariasi dari ringan hingga berat, angina ringan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya seperti rasa sakit maag, sedangkan angina berat dapat menimbulkan rasa nyeri dada layaknya tertindih dan rasa nyerinya dapat menjalar ke bagian tubuh lain seperti lengan, punggung, dan yang lainnya.

    Serangan Jantung
    Serangan jantung terjadi lantaran pembuluh darah arteri telah tertutup atau tersumbat secara total hingga aliran darah tidak dapat mengalir menuju jantung. Gejala serangan jantung ini harus ditangani secepat mungkin untuk menghindari terjadinya kerusakan permanen pada otot jantung. Gejala yang dirasakan kurang lebih sama seperti pada gejala yang ditimbulkan angina, hanya saja intensitas rasa nyeri yang ditimbulkan jauh lebih berat dan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun tanpa sebab, seperti pada saat beristirahat contohnya.

    Gagal Jantung
    Risiko gagal jantung juga dapat dialami bagi orang yang mengalami penyakit jantung koroner. Karena organ jantungnya yang lemah dalam memompa darah, darah pun akhirnya berkumpul di paru-paru yang menyebabkan gejala sesak napas. Gagal jantung bisa terjadi baik secara langsung/ seketika maupun secara perlahan.

    Ada juga kasus lainnya dimana penderita penyakit jantung koroner ini mengalami gejala yang tidak disebutkan diatas seperti rasa jantung berdebar, atau bahkan tidak memberikan gejala apapun sampai terdiagnosa mengidap penyakit jantung koroner.

    Untuk tips sehat lainnya, bisa klik disini. Thanks
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,136
    Likes Received:
    74
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Penyakit berbahaya dan cukup banyak yang meninggal dunia karena penyakit jantung
     
  3. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    60
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Memang gan, salah satu jenis penyakit jantung ini memang yang paling umum terjadi di Indonesia, pola hidup yang engga sehat pemicu utamanya.
     
Loading...

Share This Page