Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Discussion in 'Health & Medical' started by aderis, Feb 19, 2017.

  1. aderis

    aderis New Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Pada umumnya keluhan sakit pinggang erat hubungannya dengan susunan dan fungsi tulang belakang. Tulang belakang tersusun oleh beberapa ruas yang membentuk kesatuan fungsi sehingga dapat melakukan gerakan-gerakan yang diinginkan, seperti: berdiri, duduk, jongkok, membungkuk, memutar, atau miring. Deretan tulang belakang tersebut membentuk lengkungan ke depan pada daerah leher dan pinggang, dan lengkungan ke belakang pada daerah dada dan pinggul. Di antara tulang belakang yang satu dengan yang lainnya terdapat persendian sehingga memungkinkan gerakan berputar ke kanan dan ke kiri. Segeralah konsumsi Obat Sakit pinggang agar masalah Anda tidak semakin parah lagi .

    Di antara bagian-bagian dari unit fungsional tersebut, semuanya mempunyai persarafan yang dapat mengantar rangsangan nyeri. Segala proses yang menyebabkan tarikan, robekan, atau tekanan pada bagian tersebut akan menimbulkan nyeri pinggang. Demikian pula adanya proses peradangan pada bagian-bagian tersebut, dapat menimbulkan gejala sakit pinggang. Nyeri dan kaku pada pinggang pada pagi hari yang dirasakan selama bertahun-tahun lama kelamaan akan merambat ke atas tulang belakang yang dapat pula berakibat punggung menjadi lebih kaku dan punggung menjadi bungkuk.

    Penyebab sakit pinggang antara lain:
    • adanya gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang;
    • gerak atau sikap badan yang salah saat membungkuk dan mengangkat beban atau barang;
    • pemakaian sepatu dengan tumit tinggi, karena dalam keadaan normal tulang belakang daerah pinggang mempunyai lengkungan ke depan. Bila lengkungan ke depan tersebut berlebihan, akan menimbulkan gejala sakit pinggang;
    • tidur dengan alas/dasar yang terlalu lentur sehingga membuat tulang belakang mengikuti lenturan alas yang ditiduri;
    • kurang berolahraga sehingga menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan ikut menurun, sehingga otot mudah cedera karena gerakan yang saderhana, seperti: mengangkat, mendorong, atau membungkuk.
    Sumber: http://www.superindo.co.id/hidup_sehat/info_sehat/sakit_pinggang_dan_bagaimana_mengatasinya_secara_alami
     
    Last edited by a moderator: Feb 20, 2017
Loading...

Share This Page