Penyebab Gejala dan Pencegahan Batu Ginjal

Discussion in 'Health & Medical' started by enter1kali, Dec 13, 2013.

  1. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    423
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Batu ginjal adalah gumpalan kristal mineral dan garam yang berukuran kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal anda. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.

    Penyebab Batu Ginjal
    Batu ginjal terutama disebabkan oleh kristalisasi kalsium oksalat (sejenis garam pada beberapa makanan), atau bisa juga karena tumpukan asam urat (limbah penguraian protein dalam tubuh). Terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium oksalat atau asam urat berisiko menimbulkan penyakit batu ginjal. Kurang cairan juga dapat menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal. Bila kita kurang minum, air seni menjadi lebih pekat sehingga garam dan mineral mudah untuk mengkristal. Kelainan metabolisme tertentu juga dapat membuat tubuh lebih mudah memproduksi kristal batu dalam ginjal.
    Pembentukan batu ginjal akan terulang selama pola makan dan pola minum seseorang tidak berubah. Pria dua kali lebih sering terkena penyakit batu ginjal dibandingkan wanita dan risikonya terus meningkat seiring usia. Gejala batu ginjal dirasakan 12% pria dan 5% wanita berumur 70 tahun.

    Gejala dari Penyakit Batu Ginjal
    Pada awal terbentuknya batu ginjal tidak menimbulkan gejala yang mencurigakan. Seorang penderita penyakit batu ginjal akan merasakan berbagai gejala setelah batu ginjal tersebut bergeser menuju ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih). Dalam istilah medis, gejala yang timbul karena tersangkutnya batu ginjal pada ureter disebut krisis kolik ginjal. Adapun beberapa gejala batu ginjal yang terjadi yaitu:

    • Rasa sakit yang hebat pada ginjal (di bawah tulang rusuk belakang) yang menjalar hingga ke perut, kelamin dan paha. Rasa sakit bisa berlangsung beberapa menit atau jam yang diselingi periode nyaman.
    • Rasa mual dan muntah disertai demam tinggi.
    • Buang air kecil tidak lancar dan tersendat-sendat. Ini terjadi karena ada sumbatan batu ginjal pada saluran kencing.
    • Ada darah pada air seni. Ini bisa disebabkan karena ada radang pada ginjal atau infeksi saluran kemih.

    Pencegahan Batu Ginjal
    Penyakit batu ginjal dapat dicegah dengan membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Beberapa hal yang termasuk pola hidup sehat untuk mencegah penyakit batu ginjal yaitu:

    • Minum air yang cukup, terutama pada musim panas. Dengan banyak minum air maka kadar air seni bertambah, sehingga mengurangi kepekatan air seni dan mencegah pengkristalan garam mineral pada ginjal.
    • Kurangi kadar garam dan protein hewani pada makanan yang dikonsumsi. Dengan mengurangi kadar garam berarti Anda telah mengurangi kandungan kalsium pada air seni.
    • Kurangi konsumsi susu dan minuman yang berkalsium tinggi. Kelebihan kalsium akan dibuang oleh tubuh melalui air seni sehingga meningkatkan batu ginjal.
    • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar kalsium oksalat tinggi, seperti coklat, kacang, bayam dan anggur.
    • Olahraga secara teratur.

    sumber Penyebab Penyakit Batu Ginjal
     
  2. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    338
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Nuwn gan

    bener2 sakit gan, klo batu ginjal dah murka, sampai2 buat gerak kaki saja rasanya luar biasa sakit, gara2 kurang minum terus jarang gerak juga, sampai sekrang masih terasa, tapi gak terlalu parah rasanya *dash1*
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    makasih informasinya

    makasih atas informasinya,,sangat bermanfaat
     
Loading...

Share This Page