Penyebab Jantung Koroner Dan Cara Mengatasinya

Discussion in 'Health & Medical' started by Achmad Try, Oct 14, 2016.

  1. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    849
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    Secara umum, jantung koroner disebabkan oleh penumpukan lemak pada arteri koroner. Tumpukan lemak tersebut semakin lama akan semakin banyak dan mempersempit arteri koroner dan akhirnya tertutup. Tertutupnya arteri koroner adalah awal dari penyakit jantung koroner. Penyakit ini tidak akan berlanjut seandainya lemak di arteri koroner tersebut mencair dan larut kembali dalam darah sehingga bisa dibuang melalui ginjal.

    Bicara soal lemak di arteri koroner tentu saja akan berkaitan dengan makanan dan gaya hidup, bahkan pekerjaan seseorang. Oleh karena itu, perlu diketahui apa saja penyebab peyakit jantung koroner,

    1. Rokok
    2. Tekanan darah tinggi
    3. Kolesterol tinggi
    4. Diabetes
    Rokok bagi jantung
    Sejak dahulu rokok sudah menjadi “tersangka” utama dalam kasus penyakit jantung. Benda tersebut menduduki nomor pertama karena pada dasarnya rokok adalah bagian dari gaya hidup. Rokok mengandung 4.000 bahan kimia dan 50 diantaranya bisa menyebabkan kanker sedangkan zat lainnya bisa mempengaruhi koleseterol dan tekanan darah.

    Gejala jantung koroner yang paling umum
    Gejala umum jantung koroner termasuk nyeri di dada yang disebut dengan angina. Nyeri angina biasanya terjadi di dada, menyebar ke bahu, lengan, dan leher.

    Gejala lainnya berupa sesak nafas, gangguan pencernaan, mudah lelah, dan berkeringat.

    Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit jantung koroner. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

    Makanan Sehat
    Makanan sehat sangat penting untuk diperhatikan jika ingin selamat dari serangan jantung koroner.

    Makanan sehat berupa buah-buahan segar, biji-bijian atau kacang-kacangan, yogurt, buah tomat, bermacam-macam beri, merah delima, jagung, teh hijau, dan omega-3. Anda bisa mendapatkan omega 3 dari ikan berlemak, atau dengan mengkonsumsi suplemen omega 3.

    Rajin Berolahraga
    Olahraga harus menjadi rutinitas dalam rangkan mencegah dan mengobati sakit jantung. Semakin sering bergerak maka semakin jauh dari penyakit jantung.

    Manfaat olahraga sangat besar. Bagi kolesterol mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga tidak terjadi penumpukan kolesterol yang menyebabkan penyakit darah tinggi. Olahraga rutin juga mampu mengendalikan gula darah, sehingga tidak ada gula darah yang “sia-sia”. Selama olahraga, energi yang dibutuhkan menjadi lebih banyak dan akan lebih banyak gula darah yang digunakan untuk membuat energi. Sehingga diabetes pun bisa terhindarkan.

    Hal-hal yang harus dihindari
    Yang harus dihindari tentu saja hal-hal penyebab jantung koroner. Anda bisa mengkonsumsi suplemen untuk mencegah diabetes, kolesterol, dan darah tinggi. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi makanan sehat. Hindari junkfood, alkohol, makanan bergaram tinggi (asin).

    Hindari juga sikap malas dan mengikuti perasaan lelah ketika hendak berolahraga karena hal itu memberi kesempatan agar penyakit-penyakit penyebab jantung koroner tumbuh dan berkembang di tubuh Anda.
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,778
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Rajin olahraga pencegah segala penyakit :D
     
Loading...

Share This Page