Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Discussion in 'Computer' started by renderware, Jul 10, 2019.

Tags:
  1. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    Penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya dengan cepat dan benar memanglah harus diketahui oleh beberapa pengguna laptop tersebut. bukan hanya dipandang dari segi awam maupun sudah lama menggunakan laptop atau PC.

    Mengambil tindakan yang tidak membahayakan dari laptop ialah tindakan yang perlu diperhatikan pertama kami jika memang ingin mengetahui apa sebenarnya dari penyebab laptop lemot.

    Kita tidak bisa mengambil tindakan dengan ceroboh yang mana bisa mempengaruhi dari kinerja laptop atau PC itu nantinya. Maka dari itulah akan lebih baik dengan mempertimbangkan teknik yang benar atau mengetahui cara mengatasinya dengan cepat dan benar, bukan hanya cepat saja.
    Sebelum membuat sebuah tindakan pada perangkat laptop atau PC yang lemot, ada baiknya kita mengetahui apa yang menjadi penyebab laptop lemot tersebut. Berikut yang sering menjadi penyebab dari laptop lemot, diantaranya:

    1. Banyaknya aplikasi yang berjalan ketika startup pada laptop atau PC

    Laptop atau PC pada dasarnya akan menjalankan beberapa aplikasi secara otomatis ketika kita pertama kali menghidupkan perangkat tersebut. Dari sinilah terkadang penyebab laptop lemot terjadi. Maka dari itu perlu membuat disable pada aplikasi yang kiranya tidak diperlukan berjalan ketika menghiupkan komputer pertama kali.

    2. Perangkat hardware yang mulai melemah atau mengalami kerusakan

    Penyebab laptop lemot bukan hanya terjadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan pada startup ketika dihidupkan pertama kali. Penyebab lainnya bisa saja disebabkan karena ada kerusakan di beberapa hardware misalnya hardisk, ram, motherboard dan lain sebagainnya.

    Maka dari itulah perlu melakukan pengecekan dengan benar atau mengikuti cara mengatasinya dengan cepat dan benar. Sekali lagi harus sesuai dengan aturan agar tidak menimbulkan kerusakan lainnya.

    3. Terlalu banyak extension yang berjalan pada browser

    Penyebab laptop lemot bisa juga terjadi karena terlalu banyak extensi yang berjalan pada browser tersebut. entah itu extensi chrome maupun Mozilla firefox. Extension ini biasanya sering dikenal juga dengan Add-ons atau plugin pendukung pada sebuah browser.

    Ada baiknya menghilangkan atau menonaktifkan beberapa extension atau add-ons yang tidak diperlukan saat itu, hal ini berguna membuat kinerja laptop kembali normal lagi.

    4. Terlalu banyak multitasking

    Multitasking atau menjalankan aplikasi secara bersamaan dalam waktu yang sama bisa juga menjadi penyebab laptop lemot. Semua perangkat komputer atau laptop tentunya memiliki kekuatan masing-masing, yang mana bisa saja kekuatannya dalam melakukan multitasking tidak terlalu bagus. Demi mencegah laptop lemot maka diperlukan menutup beberapa aplikasi pada saat bersamaan.

    5. Membuka tab browser dengan banyak

    Banyak alasan yang membuat beberapa pengguna melakukan pembukaan tab browser secara banyak dalam waktu yang sama. Entah itu mencari data atau lain sebagainya. Namun tidak bisa dipungkiri tindakan ini bisa membuat dari kinerja laptop malah tidak bagus atau sering dikenal dengan salah satu penyebab laptop lemot.

    Akan lebih baik bila hanya membuka tab browser yang diperlukan saja pada saat-saat tertentu. Dengan tindakan ini bisa dikatakan anda sudah melakukan tindakan cara mengatasinya dengan cepat dan benar pada perangkat anda saat ini.

    6. Adanya virus pada perangkat laptop atau PC

    Virus memang hal yang mungkin untuk dihindari pada sebuah komputer. Banyaknya perangkat tambahan atau antivirus seperti sekarang ini, hal tersebut tidak akan menjamin yang namanya terlepas dari sebuah virus.

    7. Kapasitas RAM yang terlalu kecil

    RAM adalah salah satu komponen yang sangat diperlukan keberadaannya sampai saat ini pada perangkat komputer dan laptop. RAM pada dasarnya akan bekerja membaca data atau menyimpan data pertama kali pada laptop atau komputer yang kemudian disimpan kembali pada sebuah hardisk.

    Dengan kapasitas RAM yang kecil, maka bisa dipastikan tidak akan bisa bekerja dengan maksimal ketika harus menyimpan atau membaca data sementara. Hal inilah yang menjadi salah satu dari penyebab laptop lemot.

    8. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal pada laptop atau PC

    Keperluan setiap orang jelas akan berbeda-beda ketika menggunakan perangkat komputer atau PC. Mungkin ada diantara pengguna memerlukan aplikasi dengan ukuran yang sangat berat bahkan dengan jumlah yang banyak terinstal pada laptop mereka saat ini. Namun tanpa disadari, penyebab laptop lemot bisa berasal dari hal tersebut. maka dari itu cara mengatasinya dengan cepat dan benar ialah dengan menghapus aplikasi yang sekiranya jarang digunakan.

    Itulah beberapa dari penyebab laptop lemot yang benar-benar harus anda pahami sampai saat ini. semua bisa saja terjadi kapanpun dan pada siapapun.

    Secara singkat pembahasan yang ada pada artikel cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang dan sangat sederhana dilakukan, ialah jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan selama ini diantaranya:

    • Penyebab laptop lemot windows 10
    • Cara mengatasi laptop lemot windows 7
    • Cara mengatasi laptop lemot windows 8
    • Cara mengatasi laptop lemot saat internetan
    • Cara mengatasi laptop lemot saat browsing
    • Mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang

    Menjaga ketahanan atau keawetan dari sebuah perangkat laptop atau komputer memang layak diperhatikan oleh siapapun. Alasannya ialah agar perangkat yang dimiliki sekarang ini bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama, dengan demikian anda bisa berhemat uang hanya dikarenakan membeli perangkat yang rusak terus menerus nantinya.

    Berapapun harga perangkat yang anda miliki sekarang ini, itu semua tidak akan pernah terlepas dari namanya permasalahan. Namun meskipun laptop dibeli dengan harga yang murah sebenarnya bisa bertahan lebih lama juga bila dilakukan perawatan laptop yang baik. Maka dari itulah sangat diperlukan dari sifat bijak bagi kita ketika sedang menggunakan perangkat laptop atau PC agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya pada perangkat tersebut.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,219
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Ane punya laptop, sempat terjatuh dan mengalami error fan, setelah diperbaiki error fan kembali bisa berjalan windowsnya, tapi anehnya kok batere tidak bisa ngisi, indikator menyala namun sampai berjam-jam tetap saja nol persen, apanya yah
     
  3. fajar

    fajar New Member

    Joined:
    Mar 26, 2013
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    pakai SSD langsung ngebut lg
     
  4. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    265
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    yup setuju banget dulu waktu masih sekolah smk laptop ane spek kentang celeron ram 4 ngelag banget kalau buat urusan ngedit video semenjak upgrade ke ssd semuanya jadi lancar dan lebih baik walau lag masih ada karena memang processornya kentang banget tapi overall peningkatan performa sangat terasa sekali jika memakai ssd
     
  5. Ujan bager

    Ujan bager New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  6. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    415
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Saya masih dimasalah ini RAM cuma 2 GB, pas kerjaan banyak terasa banget lemotnya. Mau ganti belum ada dana buat gantiin yg lama.
     
Loading...

Share This Page