Penyebab Laptop Sering Crash dan Not Responding

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Apr 10, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    116
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Untuk kamu yang aktif bekerja menggunakan laptop pasti pernah mengalami kejadian dimana program yang kamu buka tiba-tiba freeze dan tidak bisa diklik apa-apa. Ya, itulah yang dimaksud dengan Not Responding.

    Jika kamu memaksa untuk klik-klik program yang sedang not responding tersebut, maka yang akan terjadi program akan crash dan tiba-tiba menutup sendiri (Stop Working / Force Closed).

    Mungkin itu tidak seberapa ya, karena ada yang lebih parah saat not responding. Yakni tiba-tiba laptopmu menjadi Hang dan tidak bisa digunakan. Untuk orang awam pasti akan bingung harus melakukan apa agar laptop yang not responding tersebut bisa berfungsi normal kembali. Karena itulah pada kesempatan kali ini, kami dari Agres akan coba sharing tentang apa sih yang sebenarnya menyebabkan laptop jadi sering Crash dan Not Responding.

    Sehingga dengan penjelasan pada tulisan kali ini kamu bisa tahu apa yang menyebabkan laptopmu bisa mengalami not responding.

    Langsung saja, simak tulisan ini sampai habis ya…

    Penyebab Laptop Sering Crash dan Not Responding

    Ada banyak penyebab kenapa laptop yang kamu gunakan sering crash dan mengalami not responding. Namun, menurut kami beberapa penyebab di bawah ini adalah yang paling sering menyebabkan not responding :

    1. Penggunaan RAM yang Tinggi

    Penyebab pertama yang paling sering menjadi penyebab laptopmu mengalami crash dan not responding adalah karena kapasitas RAM yang kamu gunakan cukup tinggi. Sehingga beban laptopmu pun akhirnya menjadi berat, dan pada akhirnya program yang sedang kamu buka akan mengalami not responding.

    Untuk mengecek hal ini benar atau tidaknya, kamu dapat memeriksa kapasitas penggunaan RAM laptopmu lewat Task Manager saat not responding terjadi. Tekan CTRL + ALT + DEL pada keyboard untuk masuk ke dalam Task Manager.

    [​IMG]

    Kemudian pilih Tab Performance untuk melihat apakah Memory yang kamu gunakan cukup tinggi atau tidak. Jika di atas 85% bahkan mencapai 100%, maka penyebab dari not responding laptopmu bisa saja memang dari RAM ini.

    Untuk mengatasi not responding yang terkendala RAM ini, kamu bisa upgrade spesifikasi RAM laptopmu. Misal, sebelumnya RAM yang kamu gunakan 2GB, maka kamu bisa upgrade jadi 4GB – 8GB.

    2. Harddisk Sudah Tidak Bagus

    Penyebab kedua kenapa laptop yang kamu gunakan bisa mengalami not responding berasal dari Harddisk yang kamu gunakan. Harddisk yang sudah tidak sehat biasanya akan menurunkan performa laptop yang kamu gunakan. Bahkan jika terdapat Bad Sector di harddiskmu, not responding akan sering terjadi dan laptop yang kamu gunakan bisa sering mengalami crash dan restart secara tiba-tiba.

    [​IMG]

    Untuk mengetahui apakah harddisk yang digunakan laptopmu masih sehat atau tidak bisa kamu periksa menggunakan software khusus pengecek harddisk. Salah satu software yang kami sarankan untuk mengecek Harddisk milikmu adalah HDD Scan.

    Nah, itulah beberapa hal yang menurut kami menjadi penyebab laptopmu sering mengalami program crash atau not responding. Pada intinya jika spesifikasi laptop memadai, maka not responding akan minim sekali terjadi. Kecuali memang ada beberapa sistem laptopmu yang error karena ada bebera file yang hilang / corrupt.

    Saran kami, jika memang menurutmu spesifikasi dari laptopmu sudah ketinggalan dan memang sudah waktunya untuk update laptopmu dengan yang terbaru, maka kamu bisa mencarinya di Agres.ID ya.

    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/04/penyebab-laptop-sering-crash-dan-not.html
    https://www.agres.id
     
Loading...

Share This Page