Penyebab Perut Mulas Mencret dan Cara Mengatasinya

Discussion in 'Health & Medical' started by Rinda Septiani, Aug 2, 2017.

  1. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    458
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Perut mules merupakan sensasi perasaan yang tidak nyaman yang dirasakan pada perut. Mulas atau melilit dalam masyarakat awam sering disamartikan dengan sakit perut karena disertai dengan rasa nyeri pada perut. Mulas pada umumnya terjadi karena ukuran perut yang bertambah besar dari dalam sehingga menekan dan mengurangi ruang bebas yang terdapat di dalam perut.

    Mulas yang normal merupakan rangsangan untuk segera buang air besar (BAB), buang air kecil (BAK), bersendawa, atau buang angin (kentut). Oleh karena itu ketika perut terasa mulas kenali dulu apa yang menjadi penyebabnya apakah mulas yang normal atau mulas yang tidak normal yang dapat disebabkan oleh suatu penyakit, sehingga penanganan yang tepat terhadap perut mules dapat segera dilakukan. Pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa penyebab perut mules dan cara mengatasinya.

    1. Makan Makanan Pedas

    Ketahanan sistem pencernaan setiap orang tidaklah sama, termasuk soal tahan akan makanan pedas. Jika pencernaan Anda termasuk sangat rentan, maka tidak heran bila penyebab mencret dan kondisi perut melilit yang dialami adalah dari makanan pedas yang Anda konsumsi. Ada orang yang kuat pedas di mulut, namun perutnya tidaklah begitu kuat sehingga harus bolak-balik kamar mandi akibat ketidaknyamanan di bagian perutnya.

    2. Menikmati Susu dan Produk Olahannya

    Banyak orang yang baik-baik saja memang ketika mengonsumsi susu dan juga produk olahan dari susu, namun ada sejumlah orang yang tidak tahan dengan susu serta produknya sehingga dapat memicu reaksi alergi atau bahkan sakit perut. Susu sangat nikmat dan berkandungan mineral baik untuk tubuh terutama kandungan kalsiumnya yang tinggi, namun bahan makanan ini tidak mudah dicerna. Laktosa dari susu tidak akan mampu diproses oleh pencernaan Anda sehingga perut pun akan menimbulkan adanya gas di perut Anda sehingga tidak akan nyaman.

    3. Mengonsumsi Makanan Asam

    Tidak semua orang tahan dengan makanan atau minuman yang rasanya asam, seperti misalnya cuka, lemon, jeruk nipis, tomat, anggur dan lain sebagainya. Mengonsumsi makanan asam apalagi sebelum makan nasi dipercaya banyak orang indonesia dapat menyebabkan sakit perut dan beberapa orang memang mengalami hal ini. Minum minuman bersoda juga dapat memberikan efek yang sama, yaitu perut melilit dan bisa juga disertai dengan mencret setelah itu karena dalam minuman soda ada kandungan asamnya.

    4. Mengonsumsi Gorengan dan Makanan Berlemak Lainnya

    Sakit perut yang terasa mengganggu saking melilitnya yang juga disertai dengan mencret bisa juga dipicu ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak gorengan atau makanan berlemak. Ingat bahwa sistem pencernaan dapat mengalami kontraksi yang dipicu oleh gorengan dan makanan penuh lemak jenuh. Efek metabolisme yang dimiliki oleh kedua jenis makanan tersebut memang sangat berbeda-beda pada setiap orang, namun terlalu berlebihan dalam mengonsumsi tetap tidak bagus untuk kesehatan. Beberapa orang ada yang bisa mengalami sembelit, namun ada juga mengalami diare sesaat setelah menikmati gorengan dan makanan-makanan mengandung lemak jenuh tinggi.

    5. Minum Kopi

    Selain susu, kopi juga adalah minuman yang banyak dikonsumsi banyak orang karena begitu nikmat dan memberikan energi lebih saat dibutuhkan. Kandungan kafein di dalam kopi sangat tinggi dan kita semua tahu akan hal itu, namun yang belum banyak diketahui orang adalah bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat memicu gangguan sistem pencernaan atau motilitas. Kondisi seperti ini akan membuat apa yang ada di dalam perut cepat turun atau justru sebaliknya (diare atau konstipasi)

    Cara Mengatasi Perut Mulas dan Mencret Secara Alami dan Sederhana:

    Ketika perut terasa mulai melilit dan mencret, setelah itu Anda bisa menanganinya dengan beberapa langkah berikut ini di mana dijamin aman dan sederhana untuk dilakukan.

    - Minumlah air hangat untuk menenangkan kondisi perut yang mungkin akan bergejolak lagi setelah Anda mencret.

    - Minum air jahe tanpa ditambah dengan gula juga bisa menjadi obat ampuh bagi yang perutnya melilit disertai dengan mencret.

    - Menghindari makanan pedas, berlemak, asam, produk susu, dan juga minum kopi secara berlebihan.

    - Apabila disertai dengan muntah, Anda baru boleh makan kembali setelah 6 jam. Bahkan sesudah 6 jam, pastikan bahwa makanan yang Anda makan pertama kali adalah yang ringan-ringan saja, seperti biskuit atau bubur dengan porsi yang tidak perlu banyak-banyak.

    - menyiapkan air matang 1 liter yang dilarutkan dengan garam 1 sendok teh. Tambahkan juga gula 8 sendok teh, dan campur semuanya hingga benar-benar rata sebelum akhirnya diminum sehari paling tidak 3 kali.

    - Istirahat yang cukup.
     
  2. rosyad

    rosyad Well-Known Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,050
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    48
    Saya kira jeahe juga bikin mencret, ternyata tanpa gula bisa jadi obat.
     
Loading...

Share This Page