Penyebab Sakit Radang Tenggorokan, Gejala dan Cara Pengobatannya

Discussion in 'Health & Medical' started by Josua Rifandy Siahaan, Oct 14, 2019.

  1. Josua Rifandy Siahaan

    Josua Rifandy Siahaan New Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Penyebab sakit radang tenggorokan terkadang sering tidak diperhatikan oleh banyak orang. Radang tenggorokan adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Diperkirakan setiap tahunnya ada kurang lebih 13 juta orang pergi ke dokter dengan keluhan tenggorokannya sakit. Keluhan sakit radang tenggorokan biasanya ditandai dengan nyeri, gatal di tenggorokan, dan kering. Hal ini disebabkan karena tenggorokan terkena infeksi. Jika sudah memiliki tanda-tanda seperti ini orang yang menderita sakit radang tenggorokan akan merasakan sakit pada tenggorokan yang mengakibatkan susah berbicara, susah untuk menelan, dan dapat mengakibatkan tonsi terlihat memerah.

    Penyebab sakit radang tenggorokan dapat diakibatkan dari banyak faktor yang mempengaruhinya. Di Indonesia radang tenggorokan biasa disebut dengan sakit panas daam. Radang tenggorokan atau yang biasa disebut dengan faringitis merupakan kondisi yang terjadi pada bagian belakang tenggorokan atau faring mengalami peradangan. Radang tenggorokan juga dapat menjadi pertanda awal dari timbulnya sakit flu dan pilek, efek samping pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari penyakit yang serius. Sakit radang tenggorokan memang sangat menggangu namun terkadang penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih satu minggu.

    Tanda dan Penyebab Sakit Radang Tenggorokan

    Sakit radang tenggorokan dapat menyerang siapa saja namun, bagi anak-anak berusia 5-15 tahun lebih sering mengalami gejala sakit tenggorokan. Orang dewasa 10% sakit tenggorokan disebabkan karena mengalami infeksi bakteri streptococcus.

    Di bawah ini ada beberapa gejala dan tanda saat radang tenggorokan menyerang anda. Gejala umum yang timbul biasanya tergantung dari penyebabnya, gejala yang sering muncul yaitu:

    * Sakit Tenggorokan
    * Sakit Kepala
    * Demam
    * Terjadinya Pembengkakan kelenjar Getah Bening di Leher
    * Ruam Kulit
    * Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

    Penyebab terjadinya sakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh demam, yaitu:

    * Batuk
    * Bersin
    * Sakit Kepala Ringan
    * Demam dengan Suhu 38 Derajat Celsius

    Sementara itu gejala sakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh flu adalah:

    * Pegal-Pegal
    * Kelelahan
    * Panas Dingin

    Ada juga gejala yang yang disebabkan karena terserang bakteri mononukleosis atau demam kelenjar yaitu:

    * Pembesaran Kelenjar Getah Bening di Leher dan Ketiak
    * Peraangan Hati
    * Pembengkakan Limpa
    * Amandel Bengkak
    * Sakit Kepala
    * Kehilangan Selera Makan

    Selain beberapa hal di atas sakit radang tenggorokan dapat disebabkan karena beberapa hal diantaranya:

    1. Alergi

    Postnasal drip merupakan faktor utama yang menyebabkan sakit radang tenggorokan karena alergi. Postnasal drip terjadi saat mampet pada sinus mengalir ke tenggorokan, sehingga mengakibatkan rasa sakit, gatal, atau rasa menggelitik. Alergi terhadap bulu binatang, debu, jamur, serbuk sari bunga juga dapat mengakibatkan terjadinya sakit radang tenggorokan.

    2. Udara

    Udara yang panas dan pengap di dalam sebuah ruangan dapat mengakibatkan sakit radang tenggorokan. Sehingga tenggorokan anda akan merasa gatal dan kasar terutama saat anda bangun tidur pagi hari. Hal ini juga mengakibtkan anda sulit bernafas melalui hidung sehingga pernafasan sering melewati mulut.

    3. Iritasi (Bahan Kimia)

    Polusi udara yang disebabkan oleh bahan kimia dan asap rokok dapat mengakibatkan terjadinya sakit radang tenggorokan. Karena udara yang tercemar tadi sering kita hirup akhirnya menimbulkan iritasi pada tenggorokan. Minum alkohol, mengunyah tembakau, dan mengkonsumsi makanan pedas juga dapat menimbulkan sakit radang tenggorokan.

    4. Otot Tegang pada Tenggorokan

    Berbicara keras, sering berteriak, atau bahkan berbicara dengan waktu yang lama tanpa jeda dapat menimbulkan sakit radang tenggorokan. Hal ini disebabkan karena otot di tenggorokan menegang.

    5. Penyakit Gastroesophageal Reflux (GERD)

    GERD meruakan penyakit dengan gejala nyeri pada ulu hati atau terasa terbakar di dada yang mengakibatkan naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus juga biasa disebut dengan kerongkongan merupakan bagian saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dengan lambung. Penyakit GERD menimbulkan rasa tidak nyaman pada teggorokan sehingga memicu terjadinya sakit radang tenggorokan.

    Cara Mengantisipasi Penyebab Sakit Radang Tenggorokan

    Bagaimana cara merawat tubuh agar tidak terjadi hal tersebut? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat menyembuhkan sakit radang tenggorokan saat anda sudah mulai merasakan gatal, serak, atau sakit saat untuk menelan. Diantaranya:

    1. Kumur Air Garam

    Beberapa studi menyimpulkan bahwa berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan. Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu meredakan rasa panas sakit tenggorokan dan meredakan nyeri. Air garam juga berfungsi mencairkan lendir pada tenggorokan, membantu membilas bakteri, dan meredakan berbagai penyakit iritasi yang dapat mengakibatkan anda susah menelan.

    2. Penuhi Cairan Tubuh

    Menjaga asupan cairan dalam tubuh sangat penting untuk mengobati sakit radang tenggorokan. Banyak cairan dapat meringankan rasa sakit yang timbul di tenggorokan. Jika caian di dalam tubuh kurang, maka akan menimbulkan peradangan semakin memburuk. Air putih dapat menjadi asupan yang tepat untuk menambah cairan pada tubuh. Jika anda tidak menyukai air putih anda dapat menggantinya dengan teh jahe madu hangat, sup ayam, atau teh hijau tawar hangat. Sup ayam mengandung sodium yang berfungsi anti peradangan.

    3. Air Perasan Lemon

    Dengan mencampurkan perasan air lemon ke dalam air hangat dan kumur selama beberapa detik dapat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan. Kandungan astringen yang terdapat pada lemon dapat berfungsi mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan sehingga menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan bakteri dan virus penyebab iritasi

    Penyebab sakit radang tenggorokan benar-benar menggangu. Oeh sebab itu, anda harus mewaspadai gejala yang timbul dan melakukan pengobatan yang tepat. Jika pengobatan sendiri tidak membuahkan hasil maka segeralah pergi ke dokter.
     
Loading...

Share This Page