Peran Dan Tugas Seorang Scrum Master

Discussion in 'General Discussion' started by seotog, Mar 21, 2019.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    388
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Peran Dan Tugas Seorang Scrum Master.jpg

    Scrum Master adalah seorang guru yang mengajarkan cara kerja (bukan metodologi) yang lebih kolaboratif dan menyenangkan dalam mengembangkan software. Ketika berbicara tentang Scrum, seorang Scrum Master bertanggung-jawab agar setiap orang yang menggunakan Scrum memahami Scrum secara keseluruhan bukan hanya aturan main/ritualnya saja tetapi juga pola pikir empirisme dan Scrum values yakni: commitment, courage, focus, openness and respect.

    Mayoritas Scrum Master di Indonesia masih hanya fokus pada ritual-ritual Scrum atau mekanik Scrum saja tanpa memahami kalau ritual-ritual dan elemen-elemen Scrum tersebut sebenarnya adalah manifestasi dari Scrum values. Scrum Master yang hanya fokus kepada ritual dan mekanik saja tidak akan efektif dalam menjalankan perannya — dan tidak jarang mereka adalah penyebab banyak orang di perusahaan menjadi benci terhadap Scrum.

    [​IMG]

    Scrum Master seorang leader, tetapi dia bukanlah leader yang memerintah atau otoriter melainkan seorang leader yang melayani Scrum Team lewat facilitation dan coaching. Scrum Master memandang software developer sebagai adult yang harus diperlakukan sebagai adult.

    Leaders don’t take control, they give control.

    Apa peran seorang Scrum Master itu?

    Scrum Master merupakan seseorang yang membantu tim membangun produk dalam proses Scrum. Scrum Master memastikan praktik, nilai, dan aturan dalam Scrum diterapkan secara tepat. Lebih lanjut lagi, Scrum Master membantu memfasilitasi keputusan development team yang self-organizing dan menghapus hambatan-hambatan yang dihadapi oleh development team. Untuk organisasi, Scrum Master membantu organisasi memahami Scrum dan membuat perubahan-perubahan yang mendukung proses Scrum.

    Tugas utama dari seorang Scrum Master

    Memberikan layanan kepada Scrum Team dengan cara:
    • Memberikan coaching kepada Product Owner dan Development Team mengenai Agility dan Agile practices yang dapat meningkatkan nilai dari produk yang sedang dikembangkan;
    • Memberikan coaching kepada Development Team untuk dapat mengembangkan software yang berkualitas tinggi dan tidak membuat technical debt di dalam software dengan menggunakan modern software engineering practices seperti: Test driven development, clean coding, continuous delivery, etc;
    • Memberikan coaching kepada Product Owner mengenai perannya dan bagaimana ia dapat membuat strategi pengembangan produk, memonitor progress dan mengkuantifikasikan nilai dari produk yang dikembangkan oleh Development Team di setiap Sprint;
    • Memfasilitasi diskusi, pembuatan keputusan, dan resolusi konflik di dalam Scrum Team bila diperlukan;
    • Meningkatkan flow-efficiency dari software delivery process dengan cara menghilangkan hambatan dan mengoptimalkan proses kolaborasi antar anggota Scrum Team dan orang-orang yang berinteraksi dengan Scrum Team;
    • Memfasilitasi diskusi dengan semua anggota Scrum Team untuk meningkatkan kualitas delivery process;
    • Memastikan semua anggota Scrum Team memahami Agile principles dan Scrum values: commitment, courage, focus, openness and respect dan kaitannya dengan elemen-elemen yang ada di dalam Scrum.
    Memberikan layanan kepada product owner dengan cara:
    • Memfasilitasi acara scrum sesuai kebutuhan.
    • Membantu Tim Scrum memahami kebutuhan akan item Backlog Produk yang jelas dan ringkas.
    • Memahami perencanaan produk di lingkungan kerja
    • Memastikan bahwa product owner mengetahui bagaimana mengatur Product Backlog untuk memaksimalkan nilai suatu product.
    • Memahami dan melatih ketangkasan.
    • Menemukan teknik pengelolaan Backlog Produk yang efektif.
    Scrum adalah kerangka kerja proses yang mendefinisikan aturan, acara, dan peran tertentu untuk dibawa dalam keteraturan. Namun, bisa disesuaikan dengan organisasi manapun, berdasarkan kebutuhan, asalkan aturan main scrum tidak dilanggar. Semoga artikel ini membantu Anda memahami apa peran dan tugas dari seorang Scrum Master.

    Sumber referensi:

    https://scrumguides.org/scrum-guide.html#team-sm
    https://www.scrum.org/resources/blog/who-professional-scrum-master



    [​IMG]
     
Loading...

Share This Page