Perang Harga Antar E-commerce

Discussion in 'E-Commerce' started by indocoz, Aug 11, 2018.

  1. indocoz

    indocoz New Member

    Joined:
    Aug 3, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]


    Membandingkan harga elektronik termurah dari 6 toko online terbesar di situs iPrice.

    Metodologi:

    iPrice membandingkan jumlah penawaran harga barang elektronik termurah dari 6 toko online terbesar yang terdaftar pada situs iPrice pada periode 4-10 Juni 2018. 6 toko online terbesar tersebut yaitu Lazada, Blibli, Mataharimall, Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Sedangkan merchant terdaftar lain kami grupkan menjadi “merchant lainnya” dalam data.

    Bicara soal gawai juga pasti berbicara soal perkembangan teknologi yang semakin maju. Kini kita bisa menjumpai vendor smartphone meluncurkan seri terbarunya hampir tiap bulan. Tren gawai pun silih berganti, mulai darikeyboard QWERTY hingga layar ber”poni”.

    Tidak hanya smartphone, produk elektronik seperti laptop dan kamera pun kerap mengalami kemajuan. Bisa dibilang kini konsumen sudah dimanjakan dengan suguhan gawai dengan berbagai macam model dan kebolehan dalam spesifikasinya.

    Tapi konsumen tetaplah konsumen, selain mencari spesifikasi, mereka juga tidak akan pernah menolak bila ditawarkan harga murah. Apalagi di jaman serba online seperti sekarang, belanja barang elektronik melalui toko online sudah dianggap lumrah lantaran harga yang terbilang lebih murah dibanding toko fisik.

    Berbagai cara untuk lebih menghemat saat belanja barang elektronik pun dilakukan. Mulai dari mencari diskonan, kode kupon, hingga menggunakan situs pembanding harga. Di sisi lain, berbagai toko online di Indonesia pun semakin gencar untuk memberikan penawaran harga termurah pada produk-produk elektronik.

    Penawaran Harga Barang Elektronik Murah didominasi oleh Ecommerce C2C
    [​IMG]


    Dari data yang dihimpun iPrice, secara keseluruhan ecommerce C2C seperti Bukalapak memiliki lebih banyak penawaran harga termurah untuk kategori produk smartphone dan laptop. Sedangkan penawaran harga termurah untuk kategori produk kamera lebih banyak berasal dari ecommerce B2C, yakni Lazada.

    Ecommerce C2C memiliki lebih banyak penawaran harga termurah disebabkan platform ini memungkinkan siapa saja untuk berjualan barang. Baik produk elektronik yang masih baru maupun secondhand yang tentu dibanderol dengan harga yang lebih murah.

    Sedangkan untuk kategori produk kamera, jumlah penawaran harga murah lebih banyak dimiliki oleh ecommerce B2C yakni Lazada. Hal ini menandakan harga produk kamera memiliki harga yang cukup bersaing meski ecommerce C2C mengandung produk-produk secondhand.

    Smartphone Samsung Termurah Terlihat Merata di Setiap E-commerce


    Kami juga menghimpun jumlah penawaran harga smartphone termurah dari berbagai macam brand terkenal di Indonesia. Dari data tersebut terlihat jumlah penawaran harga murah untuk smartphone Samsung terbagi merata di ke enam e-commerce tersebut.

    Menurut data Statista, di kuartal I 2018 Samsung adalah vendor smartphone raksasa yang memegang 23,4% kue pasar global. Maka tidak heran bila distribusi selebar-lebarnya menjadi hal penting untuk menjangkau konsumen.

    Selain memiliki ratusan gerai fisik resmi di Indonesia, Samsung juga melebarkan penjualan di ranah daring dengan membuka toko resmi di e-commerce seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Dari data iPrice, Mataharimall merupakan e-commerce yang kini memiliki penawaran harga murah paling banyak untuksmartphone Samsung.

    Sedangkan kompetitor Samsung asal Tiongkok seperti Xiaomi dan Oppo, dapat dibanderol dengan harga murah di Bukalapak dengan memiliki 65% dan 62% dari jumlah penawaran harga. Kedua vendor smartphone ini memang sedang naik daun di Indonesia.

    Membidik pasar menengah ke bawah, smartphone Xiaomi dan Oppo dikemas dengan tampilan yang premium namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Meski begitu, Oppo lebih membidik pasar wanita sejak memluai tren fitur percantik wajah pada 2012 dan setelah itu menjadi perangkat selfie favorit oleh wanita muda.

    Harga Termurah Produk Laptop Banyak Berasal dari Ecommerce Lainnya
    [​IMG]


    Meski jumlah penawaran harga laptop termurah masih didominasi oleh Bukalapak, namun porsi penawaran dari merchant lainnya terbilang lebih besar dibanding kategori produk smartphone.

    Untuk laptop Lenovo dan Asus misalnya, penawaran murah ini justru 32% dan 20% berasal dari e-commerce lain yang mungkin memiliki fokus menjual produk-produk laptop atau elektronik saja. Kini sudah banyak e-commerceniche bermunculan untuk memanjakan kebutuhan target konsumen yang lebih spesifik. Khusus untuk kategori laptop, terdapat toko online bernama Bhinneka.com, Jakarta Notebook, Paradise Store, dan lain-lain.

    Harga Termurah Kamera Sony didominasi E-commerce B2C
    [​IMG]


    Meski gawai ini terbilang tersier untuk sebagian orang, namun kamera menjadi kebutuhan utama bagi konsumen yang berkarir di bidang fotografi atau hanya sekedar memenuhi hobi. Kami juga menghimpun data penawaran harga kamera termurah dari tiga brand yang paling populer di Indonesia, yakni Canon, Nikon, dan Sony.

    Jumlah penawaran harga termurah untuk ketiga brand tersebut cukup seimbang antara ecommerce B2C dan C2C bila dibandingkan dengan kategori produk elektronik smartphone dan laptop. Harga murah yang cukup bersaing ini menandakan harga yang cukup stabil untuk kategori produk kamera meski dijual dari penjual yang berbeda (C2C dan B2C).

    Berdasarkan data tersebut, konsumen dapat dengan mudah menjumpai harga kamera Canon dan Nikon termurah di Bukalapak. Menariknya, harga kamera Sony termurah malah lebih mudah ditemui di e-commerce Lazada dan Blibli dengan porsi jumlah penawaran 40% dan 14%.

    Source: tim iPrice
     
Loading...
Similar Threads - Perang Harga Antar
  1. Tirah Wawas
    Replies:
    9
    Views:
    681
  2. Lulu Putri
    Replies:
    8
    Views:
    801

Share This Page