PERANG HARGA...! Berani...???!

Discussion in 'General Business' started by Kecephotobooth, Nov 3, 2018.

  1. Kecephotobooth

    Kecephotobooth Member

    Joined:
    Aug 3, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Perang harga / Price War merupakan sebuah bencana yang bisa menggoyang sebuah bisnis bahkan menjatuhkan. Bagaimana tidak, jika perang harga yang lebih murah akan selalu menjadi prioritas utama para pembeli. Ya... walaupun hal itu tidak mutlak, tapi harga menjadi salah satu yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen saat akan membeli sesuatu.

    Pertanyaannya sebagai pelaku bisnis bagaimana kita menyikapi perang harga yang biasanya seringkali dilakukan oleh para pendatang baru yang sedang promosi dan pedagang besar yang memiliki modal yang jauh lebih banyak...?

    Ini beberapa tips untuk menghadapi perang harga :

    1. Tinjau kembali Harga produk atau jasa yang kita jual.
    Hal ini perlu dilakukan agar kita bisa membuat sebuah list, produk atau jasa yang mana yang bisa di ikutsertakan dalam "Perang Harga" ini. Hal ini mungkin bisa dilakukan dengan cara sortir barang masuk. Contohnya ada produk atau layanan jasa yang sudah dijual dan sudah mendapatkan untung yang lumayan besar pada penjualan sebelumnya dikurangi harganya dengan mengurangi sedikitdari keuntungan

    2. Cek Kualitas Produk atau pelayanan
    Untung dikit yang penting laku...! Kalimat itu yang sering terdengar dan sering dijadikan acuan untuk melakukan perang harga ini. Padahal sebagai pebisnis, dengan hukum ekonomi yang ada "modal sekecil kecilnya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya" hal ini sangat bertolak belakang. Ketika kita membahsa persaingan bisnis sengan pengusaha besar, maka yang kita hadapi adalah kalimat yang pertama tadi "Untung dikit yang penting laku" Lalu bagaimana cara kita mensiasati agar kita bisa survive dengan modal kecil yang kita punya untuk bisnis kita...? Salah satunya adalah dengan menjaga kualitas dan layanan yang sudah ada. Jangan karena kita mengikuti perang harga yang sedang terjadi, kita malah pasang harga murah dan mengabaikan kualitas. Jika hal ini terjadi pelanggan akan banyak yang kecewa dan akan segera meninggalkan anda.

    3. Menambahkan layanan (Value Produk/Jasa)
    Ini adalah cara yang sangat murah tetapi tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk yang berbisnis dibidang jasa. Cara ini akan sedikit menguras tenaga dari karyawan yang bekerja, namun percayalah hal ini akan membuahkan hasil yang manis. Karena setiap pelangganselain suka dengan yang namanya harga murah, mereka juga suka dengan bonus...! Bonus disini banyak jenisnya, bisa dengan memberikan FREE ONGKIR

    4. Membuat Produk dan Layanan Baru
    Ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis di jaman sekarang ini. Tren cepat sekali berganti, jadi jangan sampai ketinggalan momentumnya ka bisnis anda harus mengeluarkan produk atau layanan baru. Hal ini akan sangat membuat pelanggan betah dan menunggu setiap layanan ataupun produk baru yang anda punya. Dan yang tidak kalah pentingnya, inovasi akan memperkokoh eksistensi kita dalam satu bisang usaha. Ketika kita punya produk ataupun jasa yang berbeda dengan pesaing yang sibuk "BANTING HARGA" anda bisa dengan mantap memperluas pasar yang anda punya dengan produk serta layaanan baru yang anda punya tanpa harus kehilangan pasar yang sudah terbentuk sebelimnya.

    5. Perkuat Branding
    Branding merupakan sesuatu yang sangat penting dalam suatu usaha. Brand yang sudah dikenal dan melekat di hati konsumennya akan sangan sulit disaingi oleh pendatang baru ataupun pedagang besar yang memberikan harga murah. Karena Di dalam benak pelanggan anda sudah terbentuk mindset " Kalo beli ke yang lain ga srek" nah itu adalah kekuatan branding, akan memunculkan fanatisme.


    Nah itu dia 5 tips untuk menghadapi "PERANG HARGA" Sebagai pengusaha dan pebisnis anda tidak perlu takut dengan yang namanya persaingan. Karena akan selalu ada celah untuk membuka market baru. Pebisnis dan pengusaha yang hebat akan selalu berhasil membuka pasarnya sendiri guys...!
     
    seotog likes this.
  2. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    203
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    wahh di market place harga saling ancur ancuran.,.. kadang saya mikir ini untung yh berapa
     
  3. Kecephotobooth

    Kecephotobooth Member

    Joined:
    Aug 3, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    iya bro, di marketplace banyak yang tebar harga.murah karena kebanyakan yang jualan di marketplace adalah penjual besarnya alias toko grosirnya. makanya harganya jadi terjun bebas...
     
  4. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    231
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    udah banyak ini di market place, tp bedanya juga cmn 500 sampe 1000 rupiah hehehe
     
  5. Teguh.sunandar

    Teguh.sunandar New Member

    Joined:
    Jul 26, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    1
    mirip sama prinsip jualan orang cina ya rugi dulu biar dapet pelanggan abis itu naikin harga dikit-dikit.
     
  6. hiacewisata

    hiacewisata Member

    Joined:
    Jun 16, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Perang harga kadang memang bikin sakit kepala.
    Untuk menyiasatinya biasanya saya menambahkan layanan lebih (Bentuk Jasa).
     
  7. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    373
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    di marketplace perang harga, dan web online shop entah dimana? :D
     
  8. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    61
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    Biasanya jualan di sosmed, perang harga ini sudah biasa

    Tapi tonjolkanlah value dari produk kita

    Contohnya, apa kelebihan produk dan apa bonus peroduk tersebut bagi pelanggan
     
Loading...

Share This Page