Perawatan Mobil Agar Bersih, Nyaman dan Aman

Discussion in 'Otomotif' started by Zainul91, Jun 12, 2020.

  1. Zainul91

    Zainul91 New Member

    Joined:
    Jun 8, 2020
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Selain eksterior mobil yang diperhatikan Interior mobil juga merupakan bagian yang penting karena menyangkut penumpang dan pengemudi dalam pengalaman berkendara. Kabin mobil yang bersih pastinya membuat penghuni mobil menjadi nyaman dalam berkendara sepanjang perjalanan.

    Banyak artikel mengulas tentang perawatan interior mobil. Artikel ini merupakan rangkuman dari sumber-sumber yang terpecaya. Semoga membantu dalam merawat interior mobil anda menjadi bersih, nyaman dan aman.

    Jok Mobil

    [​IMG]

    Jok mobil adalah tempat yang krusial bagi pengendara. Merawat jok tidaklah rumit, anda bisa memulai membersihakannya dengan lap kering, bila terdapat noda, sikatlah noda tersebut atau gunakan lap yang lembap, keringkan Kembali dengan lap kering lagi. Jika jok berbahan kulit, oleskan lotion pelembah setelah dibersihkan untuk menjaga keawetan jok. Lain halnya jika jok mobil berbahan katun atau sejenisnya, bersihkan dengan sikat kering lanjutkan menggunakan penyedot debu agar bersih secara menyeluruh.

    Dashboard Mobil

    [​IMG]

    Untuk membersihkan dashboard anda bisa menggunakan kemonceng yang berbahan lembut. Lakukan secara merata pada sekitar bagian dashboard supaya debu keluar. Lalu guanakan lap kanebo dalam keadaan lembap, lap secara menyeluruh sesakali cuci bilas lap. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan biopolish leather care supaya dashboard anda terlihat lebih mengkilap.

    Karpet Mobil

    [​IMG]

    Karpet juga sangat penting walaupun tersembunyi karena tempatnya yang dibawah. Yang sering anda jumpai adalah karpet yang berbahan karet yang elastis. Ada juga yang berbahan bulu yang halus. Cara pembersihannya juga berbeda. Dalam satu bulan setidaknya lakukan dua kali pembersihan untuk menjaga karpet tetap awet dan nyaman.

    Plafon atau Langit-Langit Mobil

    [​IMG]

    Meski berada diatas pandangan mata kita, plafon mobil juga penting harus kita rawat. Kebanyakan plafon mobil sekarang berbahan fabric dan beludru. Untuk jenis fabric, anda bisa siapakan cairan khusus fabric dan kain sejenis microfiber. Basahi kain dengan cairan tersebut, lalu lap searah pada plafon agar serat halusnya tidak rontok. Untuk plafon berbahan beludru ada cara khusus dan anda harus lebih berhati-hati dalam membersihkannya.

    Bagian Lain

    [​IMG]

    Untuk bagian yang lain yang tidak kalah penting adalah setir mobil, handling, kaca dan spion bagian dalam, ventilasi AC dan lain sebagainya. Bersikanlah secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kenyamanan kabin dalam berkendara.

    Fogging atau Pengasapan Mobil

    [​IMG]

    Fogging atau pengasapan tidak hanya dilakukan di luar ruangan, akan tetapi untuk mobil juga perlu. Pengasapan ini dilakukan untuk membunuh mikroorganisme jahat. Rekomendasi pribadi adalah menggunakan Kyoto fogging machine karena alat ini sangat efektif dan efesien. Asap fogging yang bisa menjangkau seluruh interior serta liquid fogging Kyoto yang mengandung anticide yang membasmi tuntas mikroorganisme jahat. Tidak berbahaya dan juga membuat wangi interior. Untuk fogging lakukanlah setidaknya beberapa kali supaya interior anda bersih, nyaman dan aman.


     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,184
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Membersihkan mobil sebaiknya rutin sih, jangan sampai kotor sekali. Penyakitnya kalau sudah terlalu kotor, jadi malas membersihkannya. Paling bawa ke salon mobil, selesai:D
     
Loading...

Share This Page