Perbedaan Antara: Asuransi Motor TLO dan All Risk

Discussion in 'General Discussion' started by Muhammad Rizam, Dec 20, 2016.

Tags:
  1. Muhammad Rizam

    Muhammad Rizam New Member

    Joined:
    Nov 10, 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Ada dua jenis asuransi motor yang perlu Anda ketahui, yaitu asuransi TLO yang merupakan singkatan dari Total Loss Only dan All Risk. Penting bagi Anda untuk terlebih dahulu tahu mengenai asuransi ini sebelum Anda membeli asuransi untuk motor Anda. Selain karena Anda memang harus memilih antara kedua asuansi itu, Anda juga harus memahaminya terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih asuransi dan mendapatkan asuransi yang benar-benar cocok dengan kebutuhan dan kemauan Anda.

    Meskipun sama-sama melindungi atau memberikan pertanggungan untuk Anda dari kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang, kedua jenis asuransi motor ini memiliki perbedaan yang mencolok, terutama dalam hal jenis dan cakupan jaminannya. Berikut ini adalah perbedaannya:

    1. Asuransi TLO

    Sesuai dengan namanya (Total Loss Only), asuransi ini adalah jenis asuransi yang hanya akan memberikan pertanggungan asuransi untuk resiko yang total saja. Yang dimaksud dengan total di sini adalah resiko yang benar-benar membuat Anda kehilangan motor Anda, entah itu karena kerusakan total atau hilang. Tingkat kerusakan pada motor yang menjadi minimal di sini adalah 75 %, di bawah dari itu, kerusakan motor tidak akan diproses atau diberikan pertanggungannya oleh pihak asuransi. Tapi, jika resiko yang Anda alami adalah yang termasuk ke dalam pertanggungan TLO, maka Anda akan benar-benar mendapatkan seluruh pertanggungan dan kemudahan yang bisa ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Lalu, secara harga, asuransi TLO ini memiliki tingkat harga premi yang lebih rendah dibanding All Risk.

    2. Asuransi All Risk

    Sesuai juga dengan namanya, asuransi yang satu ini bisa menanggung segala jenis resiko yang terjadi pada motor Anda, entah itu resiko yang kecil atau besar. Entah hanya baret pada badan motor atau patah pada kaca spion, atau kerusakan motor yang parah atau motor tersebut benar-benar hilang. Karena resiko pemberian pertanggungan asuransi dan besarnya pertanggungan asuransi All Risk ini lebih besar dibanding asuransi TLO, maka tidak heran jika jenis asuransi ini memiliki tingkat harga premi yang lebih tinggi dibanding TLO. Jika untuk TLO dibutuhkan resiko yang harus mencapai 75 % terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan pertanggungan asuransi, asuransi motor All Risk ini bisa memberikan pertanggungan asuransi sebesar apa pun resikonya.

    Demikianlah perbedaan utama antara All Risk dan TLO. Dengan informasi di atas, perbedaannya sudah sangat terlihat, tinggal Anda pertimbangkan saja mana asuransi motor yang lebih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan dan kemampuan Anda. Untuk motor, asuransi yang paling umum dipilih atau digunakan adalah TLO, karena harganya yang juga lebih murah dan resikonya tidak sebesar resiko yang mungkin terjadi pada mobil.

    Cek perbandingan untuk harga asuransi motor TLO dan All Risk Disini : http://bit.ly/2aeptBq
     
Loading...

Share This Page