Perbedaan Antara Emas Asli Dengan Yang Palsu

Discussion in 'General Discussion' started by Tri Bagas Aditiya, Mar 9, 2018.

  1. Tri Bagas Aditiya

    Tri Bagas Aditiya Member

    Joined:
    Feb 7, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Perbedaan Antara Emas Asli Dengan Yang Palsu - Emas sepertinya bukanlah hal yang asing lagi oleh mastyarakat dunia khusunya Indonesia karena emas sendiri sering diguankan untuk membuat perhiasan ataupun barang - barang lainnya.

    [​IMG]
    Emas sendiri merupakan sebuah bahan mineral yang berasal dari tambang yang berada di bawah permukaan tanah serta terbentuk dalam waktu yang sangatlah lama untuk membentuk sebiji emas yang sangat mahal harganya.

    Emas juga merupakan sebuah mineral yang didapatkan melalui proses pertambangan yang memakan waktu yang cukup lama, mulai dari pencarian lokasi dimana emas tersebut digali kemudian adalah menyiapkan lat - alat yang akan digunakan.

    Selanjutnya adalah menggalinya dengan dibantu menggunakan alat yang berat serta jalur yang digunakan ataupun yang dibuat adalah melingkar sehingga akan mempermudah dalam engangkutan bongkahan emas menuju ke tempat pembersihan serta pembuatannya.

    Kemudian setelah ditemukan bongkahan - bongkahan emas tersebut yang biasanya tertutupi oleh tanah ataupun mineral - mineral lainnya haruslah dicuci dengan bersih. Pada saat mencuci gunakan penyaring supaya serpihan - serpihan emas tidak ikut terbawa oleh aliran air yang digunakan untuk membersihkan.

    Setelah dilakukan proses penyaringan, langkah selanjutnya adalah peleburan dalam hal untuk membentuk emas menjadi bongkahan ataupun perhiasan - perhiasan seperti cincin, permata, pernak - pernik ataupun kalung yang biasanya digunakan.

    Peleburannya membutuhkan waktu yang cukup lama serta dengan mengguanakn suhu yang bisa mencapai 100 ataubahkan bisa mencapai 1000 derajat celcius tergantung dari kekerasan emas tersebut. Setelah dileburkan hal yang selanjutnya dilakukan adalah membentuknya menjadi benda - benda yang lainnya.

    Seperti emas ataupun bongkahan emas yang biasanya digunakan untuk bank sebagai patokan mata uang. Prosesnya pun membutuhkan waktu yang begitu lama serta harus dilakukan oleh ara ahli yang sudah berpengalaman.

    Kemudian adalah memprosesnya menjdai perhiasan yang biasanya dijual pada toko - toko perhiasan yang bisa kita jumpai pada kota - kota terdekat. Dan apabila membelinya pun kita harus lebih teliti lagi karena emas sekarang pun bisa dipalsukan.

    Yang pasti untuk mendapatkan emas yang asli haruslah beli pada toko - toko yang memang sudah dipercaya emas - emas tersebut benar - benar asli dengan sertifikat tentang emas tersebut. Dan juga bisa diukur kekerasannya menggunakan alat yang bernama hardness tester.

    Fungsi dari alat tersebut adalah untuk mengukur kekerasan pada bongkahan emas ataupun meas batangan yang sudah kita beli ataupun berupa perhiasan yang dimana perhiasan tersebut pastinya mempunyai berat ideal yang sesaui dengan standar yang pas.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    837
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau dengan kasat mata atau tanpa alat khusus memang susah sepertinya yaa, tapi kalau udah ahili banget tuh kayanya bisa aja tanpa alat karena udah terbiasa
     
  3. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Bener gan, saya punya sodara pemilik toko emas kecil di pasar, dia jago juga bedain emas asli dan palsu, artinya tanpa alat pun sebenarnya bisa kalau udah ahlinya
     
Loading...

Share This Page