Perbedaan Kartu Kredit dan ATM Debit, Bagus Mana?

Discussion in 'Education' started by Tonton, Dec 19, 2019.

  1. Tonton

    Tonton New Member

    Joined:
    Oct 11, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Dunia Perbankan saat ini terdapat berbagai macam jenis kartu yang beredar di masyarakat. Yang mana fungsi masing-masing kartu yang dikeluarkan oleh setiap bank di seluruh dunia ini sama, yakni dapat digunakan sebagai alat transaksi. Hanya saja yang membedakannya adalah dari segi fitur dan layanan yang diberikan oleh kartu tersebut. Nah untuk jenis kartu tersebut yang umum dikeluarkan oleh pihak bank adalah kartu kredit dan juga kartu Atm debit.

    Kedua kartu tersebut saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Contohnya kartu Atm, dimana kartu ini mungkin hampir sebagian besar kalangan masyarakat memiliki jenis kartu yang satu ini. Dimana proses pembuatannya juga sangat mudah dan cepat. Namun untuk jenis kartu kredit, bisa dikatakan hanya masyarakat kelas menengah ke atas yang memiliki jenis kartu yang satu ini. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kartu kredit yang memiliki banyak persayaratan seperti NPWP, SIUP dan lainnya.

    Bagi kalian yang mungkin masih minim mengenai pengetahuan perbedaan kartu kredit dan Atm yang dikeluarkan oleh bank Indonesia, maka informasi yang akan kami kupas disini sangat cocok untuk kalian baca dan cermati. Berbicara mengenai perbedaan kartu kredit dan Atm ini memang wajib kalian ketahui, sebelum kalian memilih antara kartu kredit dan kartu Atm debit. Dengan mengetahui perbedaan tersebut maka nantinya kalian dapat dengan menentukan kartu mana yang cocok.

    Perlu kalian ketahui juga bahwa kartu kredit dan Atm ini memiliki data-data yang sensitive serta jangan sampai diketahui oleh orang lain. Maka dari itu kalian harus wajib tahu perbedaan kedua kartu tersebut gara nantinya kita tidak salah dalam memilih kartu tersebut, baik kartu kredit maupun kartu Atm debit. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai perbedaan kartu kredit dan kartu Atm debit yang telah kami siapkan berikut ini.

    Perbedaan Kartu Kredit dan ATM Debit Semua Bank
    [​IMG]
    Pembahasan utama yang akan kita bahas kali ini adalah informasi mengenai perihal perbedaan antara kartu kredit dan kartu Atm. Hal ini bertujuan agar kalian dapat memahami dengan detail mengenai perbedaan keduanya.

    1. Pengertian Kartu ATM dan Kartu Kredit
    • Kartu kredit adalah : sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi. Kartu kredit juga diciptakan untuk kemudahan dan cara kerja yang diatur oleh Bank Indonesia. Kepemilikan kartu kredit juga sekarang menjadi salah satu syarat penting untuk mengajukan berbagai produk pinjaman seperti KTA atau KPR.
    • Kartu Atm Debit : adalah sebuah kartu pembayaran berbasis elektronik yang diterbitkan oleh pihak bank. Kartu ini juga dapat berfungsi sebagai pengganti metode pembayaran tunai. Jumlah uang yang bisa dibelanjakan adalah jumlah uang (saldo) yang ada di tabungan bank milik kalian. Selain untuk melakukan pembayaran, kartu debit juga digunakan untuk penarikan uang tunai secara instan, karena fungsinya sebagai kartu ATM untuk menarik tunai.
    2. Cara Mendapatkan Kartu Atm dan Kartu Kredit

    Untuk jenis kartu Atm kalian dapat mengurusnya dengan mudah, yang terpenting adalah kalian sudah menjadi nasabah di bank tersebut. Apalagi saat ini setiap bank yang ada di Indonesia pasti mengeluarkan kartu Atm ke nasabahnya. Dan sedangkan untuk jenis kartu kredit, kalain harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh pihak Bank. Syarat tersebut juga berbeda-beda di setiap bank, ditambah untuk proses mendapatkan kartu kredit ini juga lebih lama dibandingkan dengan kartu Atm debit.

    3. Sistem Transaksi Kartu Kredit dan Kartu ATM

    Untuk sistem kartu Atm sendiri yakni dengan menggunakan saldo. Jika saldo Atm masih dan diatas limit maka kalian masih dapat bertransaksi dengan menggunakan kartu Atm tersebut. Sedangkan untuk kartu kredit ini menggunakan sistem hutang. Jadi kalian tidak perlu mengisi saldo kartu kredit namun nantinya kalian harus membayar hutang kartu kredit setiap awal bulan atau batas jatuh tempo. Biasanya kartu jenis ini digunakan oleh mereka yang suka berbelanja online seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan lainnnya dengan menggunakan sistem cicilan bunga 0%.

    4. Biaya Kartu Atm dan Kartu Kredit

    Kartu Atm debit ini memiliki biaya administrasi yang tidak terlalu tinggi dan banyak. Karena kalian hanya akan dibebankan biaya bulanan saja sekitar Rp10 ribu. Sedangkan untuk jenis kartu kredit, kalian dapat membayar biaya bulanan yang lebih tinggi dari biaya bunga jika sistem cicilan yang diambil memiliki Bungan, biaya bulanan, biaya tahunan dan biaya cicilan minimum.

    5. Kelebihan Kartu Kredit dan Kartu Atm

    Untuk kelebihan kartu Atm ini adalah biaya yang kita keluarkan tidak terlalu besar. Kemudian selain itu juga kalian tidak akan dibebani dengan hutang yang jika suatu saat kalian tidak bisa mengendalikan nafsu untuk membeli barang maka hal ini akan sangat berbahaya. Jadi dengan kata lain kartu Atm ini memiliki kelebihan lebih hemat dan mudah untuk dikontrol dalam hal pengeluaran. Sedangkan untuk kartu kredit ini memiliki kelebihan kalian dapat berbelanja secara online maupun offline dengan cicilan Bungan 0%. Jadi kalian dapat memiliki barang impian dengan proses yang cepat.

    6. Kekurangan Kartu Kredit dan Kartu Atm

    Kartu ATM atau kartu debit ini memiliki kekurangan yaitu kalian tidak bisa menggunakan kartu ATM untuk sistem cicilan 0%. Sedangkan kekurangan kartu kredit adalah kalian akan lebih beresiko terjebak dengan bunga dan hutang tinggi setiap bulannya jika kalian tidak bisa mengkontrol nafsu untuk membeli barang-barang impian kalian.

    7. Gambar Kartu Kredit

    Selanjutnya yakni adalah soal bentuk dari kartu Atm dan kartu kredit juga memiliki perbedaan yang dapat kalian lihat dibawah ini.

    [​IMG]

    8. Gambar Kartu Atm Debit

    Gambar dibawah ini merupakan gambar kartu kredit yang dapat kalian ketahui.

    [​IMG]

    Nah itulah beberapa perbedaan kartu kredit dan Atm yang perlu dan wajib diketahui. Jika kalian berkeinginan untuk kredit barang tanpa kartu kredit di online shopping, maka kalian dapat melakukan cara kredit melalui perusahaan pembiayaan. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jadi kalian mau pilih kartu kredit atau kartu Atm?

    Kami lebih menyarankan untuk menggunakan kartu Atm debit saja terlebih dahulu jika kalian belum mampu membuat kartu kredit. Selain mudah dalam pembuatannya, kartu Atm juga mudah untuk kita kontrol, lain halnya dengan kartu kredit dimana kita pasti akan terlena dengan promo bunga cicilan 0% yang akhirnya kita akan membeli barang tersebut namun tidak dapat memanage pengeluaran yang akan kita keluarkan pada bulan berikutnya. Penggunaan kartu Atm menurut kami lebih baik dibandinkan dengan penggunaan kartu kredit.

    Sumber dari website : www.idekredit.com
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,344
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Saya pernah ditelepon pihak bank untuk memberikan kartu kredit, yang akan dikirimkan ke alamat rumah, tapi ane tidak menerima tawaran ini takut nanti jadi boros, juga ada syarat yang belum terpenuhi
     
  3. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    250
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Dalam pemikiran sederhana saya beda kartu kredit dengan kartu ATM debit itu adalah
    - kartu kredit bisa buat ngutang
    - kartu ATM debit tidak bisa buat ngutang
     
  4. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    43
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Perasaan, debit ATM saya sendiri ada nomor seri-nya, tapi pas belanja online.

    Mengapa tidak bisa ya *depresi1* minta nomor verifikasi *berdarah*
     
Loading...

Share This Page