Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Aug 3, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    33
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    WhatsApp sukses menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan masyarakat di dunia, baik untuk berkomunikasi ataupun keperluan bisnis.

    Hal ini tidak bisa membendung WhatsApp untuk bisa berpuas diri, hal ini diperkuat dengan munculnya “WhatsApp Business”. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis dan bisa dioperasikan di smartphone kamu yang menggunakan Andorid ataupun iOS.

    Selain itu, tujuan utama dari WhatsApp Business adalah mempermudah para pelaku bisnis agar berinteraksi langsung dengan konsumen. Terutama dengan menggunakan fitur-fitur yang sudah bisa otomatis, menyortir pesan, dan menjawab pertanyaan dengan cepat.

    Meski sama sama sebagai layanan pepesanan. Lalu, apasih yang membedakan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger?

    1. Perbedaan Logo dan Fitur
    [​IMG]

    Perbedaan yang pertama, WhatsApp Business menggunakan logo huruf “B” kapital berlatar warna hijau yang khas WhatsApp. Sedangkan, WhatsApp Messenger menggunakan logo telepon yang juga berlatar warna hijau. WhatsApp Business juga memeliki fitur untuk melihat statistik pesan terkirim maupun yang diterima, hal yang tidak dapat kamu temui dalam WhatsApp Messenger.

    2. Menggunakan dan Menambahkan Nomor Telepon Rumah

    WhatsApp Business bisa menggunakan sekaligus menambahkan nomor telepon rumah atau nomor kantor. Ini berbeda dengan WhatsApp Messenger yang hanya bisa menggunkan nomor ponsel. Namun, menggunakan kedua aplikasi WhatsApp dalam satu perangkat yang sama, harus menggunakan nomor yang berbeda untuk masing-masing aplikasi tersebut.

    3. Fitur Membalas Pesan Otomatis
    [​IMG]
    WhatsApp Business memiliki fitur yang memudahkan kamu dalam berjualan. Yaitu, dapat membalas pesan secara otomatis bila mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengaturan ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru. Tentunya, fitur ini tidak bisa kamu temukan dalam WhatsApp Messenger.

    4. Adanya Statistik Pesan

    Fitur selanjutnya, dalam WhatsApp Business kamu akan menemukan adanya statistik pesan terkirim dan pesan diterima. Dengan statistik ini sangat membantu kamu untuk melakukan analisa dan evaluasi terhadap bisnis yang sedang kamu jalankan. Tentu saja fitur ini gak bisa kamu temui di WhatsApp Messenger.

    5. Dapat Memilih Kategori Bisnis
    [​IMG]
    WhatsApp Business dapat menginformasikan profil perusahaan kamu. Seperti, jam operasional, situs website, dan lokasi bisnis kamu. Sebagai pelaku bisnis, kamu juga bisa memilih kategori bisnis yang tersedia dalam aplikasi. Dengan adanya fitur ini, tidak harus dalam bisnis yang besar karena kategori dalam WhatsApp Business juga terbuka bagi usaha kecil yang lain.

    6. Centang Hijau

    Pada pembuatan akun WhatsApp Business membutuhkan verifikasi yang tidak ada dalam WhatsApp Messenger. Proses verifikasi memang membutuhkan nomor telepon yang cocok dengan nomor telepon bisnis kamu. Apabila keduanya sudah cocok, maka kamu akan mendapatkan logo centang hijau di samping nama akun bisnismu.

    7. Nama Akun Tidak Dapat Dirubah

    Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang dapat memudahkan kamu untuk merubah nama profil, dalam WhatsApp Business justru sebaliknya. Saat memulai aplikasi ini, kamu diminta untuk memasukan nama akun bisnis dan tentunya kamu akan mendapatkan peringatan awal bahwa nama dalam akun bisnis tersebut tidak dapat dirubah.

    8. Mengkategorikan Pesan Masuk
    [​IMG]
    Fitur ini hanya ada dalam WhatsApp Business. Adanya laber dalam aplikasi ini, memungkin kan kamu untuk dapat mengatur pesan masuk tertentu. Hal ini semakin memudahkan kamu untuk mengatur komunikasi dengan konsumen.

    Nah, dengan mengetahui perbedaan aplikasi WhatsApp di atas, kamu bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Adanya beragam fitur yang ditawarkan semoga menjadi solusi terbaik untuk kamu.

    Dan jangan lupa, untuk membantu bisnis kamu, Gunakan softwear omnichannel Genie. Genie bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi. https://genie.shop
     
  2. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Salah satu kelebihan yang sangat membantu karena bisa menjawab pertanyaan2 template.
     
  3. rahmat ar

    rahmat ar New Member

    Joined:
    Jul 21, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    selain itu kelebihan whatsapp business apa aja min
     
  4. marchesale

    marchesale Member

    Joined:
    Aug 31, 2020
    Messages:
    24
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    tertarik dengan WhatsApp Business yang dapat menjawab pesan secara otomatis untuk pertanyaan yang sama,setidaknya itu dapat menefektifkan waktu
     
Loading...

Share This Page