Perencanaan Bor Pile

Discussion in 'General Discussion' started by anton2609, Mar 13, 2015.

  1. anton2609

    anton2609 Member

    Joined:
    Nov 21, 2014
    Messages:
    75
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bor pile atau Strauss pile adalah sebuah struktur bagian paling bawah pada sebuah bangunan. Bor pile atau Strauss pile di kategorikan sebagai Pondasi Dalam. Pondasi dalam fungsinya adalah meneruskan beban bangunan sampai di lapisan tanah yang lebih keras tentunya yang mampu menopang berat kolom-kolom pada sebuah bangunan. Pondasi memiliki peran terpenting dalam sebuah bangunan.



    Perencanaan bor pile alangkah baikya dilakukan uji tanah terhadap daya dukung pondasi dahulu. Yaitu dengan sondir atau soil infestigation. Soil infestigtion dan soondir adalah cara yang umum di pakai untuk mengetahui daya dukung pondasi untuk pembuatan bor pile atau Straus pile dan pondasi dalam lainya .



    Bor pile yaitu pengeboran menggunakan mesin sedangkan Strauss pile pengeboranya menggunakan manual atau bor tangan. Pengerjaan bor pile mesin bisa di lakukan pengeboran berdiameter 30cm sampai 60cm dan kedalaman mencapi 24m bahkan bisa lebih. Tergantung pada kondisi lapisan tanah keras di daerah tersebut. Strauss pile dengn pilihan dimeter 20cm sampai 35cm. Karena cara pengeboranya dengan tenaga manual. Dan kedalamanya pun maksimal hanya mencapai 8 meter. Bor pile dan Straus pile memiliki fungsi sama yang membedakan hanya diameter dan kedalaman karena pengerjaanya menggunakn mesin dan manual.



    Jadi perencanaan bor pile adalah hal yang sangat penting untuk menentukan kedalaman yang tepat dan diameter yang di butuhkan dan yang cocok untuk pembuatan pondasi sebuah banguan.
     
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,648
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    pakai gambar pasti lebih mantap penjelasannya, *bagus*
     
    anton2609 likes this.
Loading...

Share This Page