Perencanaan Keuangan yang Baik di Tengah Pandemi Covid-19

Discussion in 'General Internet' started by ramdhanahaz, Nov 2, 2020.

Tags:
  1. ramdhanahaz

    ramdhanahaz Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    21
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Seperti yang kita lihat bahwa untuk saat ini kasus pandemi covid-19 di Indonesia bisa dikatakan masih sangat tinggi. dan Anda juga pasti sudah paham bahwa covid-19 ini memang tidak hanya berdampak pada krisis kesehatan saja.

    Akan tetapi juga merambah ke berbagai lini kehidupan manusia. Untuk itu, di tengah masa-masa sulit seperti saat ini kita sebagai manusia memang sangat dituntut untuk lebih bisa survive dan mencoba untuk bertahan di keadaan yang sulit seperti sekarang.

    Untuk itu, supaya bisa lebih tahu bagaimana caranya bisa bertahan di tengah kondisi saat ini, diperlukan yang namanya perencanaan keuangan yang baik dan tepat.

    [​IMG]

    Untuk Anda yang sudah terbiasa liburan di dalam maupun luar negeri. Untuk Anda yang sudah terbiasa setiap hari makan di luar rumah. maka karena adanya corona ini Anda sangat dituntut untuk tetap di dalam rumah demi memutus penyebaran corona di tanah air.

    Tidak hanya itu saja, dalam hal perekonomian juga memang perlu dan sangat penting untuk bisa lebih terbiasa dengan keadaan yang semakin buruk.

    Misalnya sekolah dari rumah, bekerja dari rumah, pengurangan karyawan sampai keuntungan yang berkurang bagi para pemilik bisnis

    Kondisi saat ini memang sangat menyakitkan bagi siapa saja. Tidak hanya rakyat Indonesia saja, akan tetapi dampak corona juga dirasakan oleh siapa saja yang negaranya terdampak covid-19.

    Maka dari itu, supaya bisa tetap bertahan maka diperlukan langkah-langkah yang tepat sehingga meski di situasi yang sulit seperti sekarang kita bisa tetap bertahan.

    Karena sampai dengan saat ini, tidak akan ada yang pernah bisa tahu kapan corona akan hilang dari Indonesia. Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk merencanakan keuangan yang baik di tengah pandemi covid-19 yang bisa menjadi panduan Anda:

    · Hemat

    Ini adalah kunci yang paling utama supaya Anda bisa lebih terbiasa dengan kehidupan di tengah masa pandemi yang memang sangat sulit seperti sekarang. Mungkin memang ada banyak sekali orang-orang yang sudah terbiasa dengan kehidupan glamour, misalnya sering liburan ke luar negeri, makan di resto mewah, karena dampak corona mereka dengan sangat terpaksa harus hidup hemat. Kenapa? Karena corona ini dampaknya sangat luar biasa sekali.

    Tidak hanya yang kaya saja. Yang miskin juga merasakan dampaknya. Dan tidak hanya dalam bidang kesehatan saja tetapi faktor ekonomi juga sangat terpengaruh karena corona. Jadi membiasakan diri hidup hemat adalah tips untuk merencanakan keuangan terbaik yang bisa Anda pilih.

    · Catat semua kebutuhan pokok

    Apabila baru saja menerima gaji mulai sekarang Anda bisa mencatat setiap kebutuhan pokok yang Anda butuhkan. Mungkin memang harusnya bersyukur bagi mereka yang masih bekerja.

    Kadang juga ada yang bekerja tetapi gaji tidak full. Untuk itu, memang diperlukan langkah yang tepat supaya tidak sampai terjadi hal yang tidak dinginkan di masa yang sulit seperti sekarang.

    Misalnya kelaparan. Untuk itu usaha hanya membeli barang dan kebutuhan pokok saja dan hindari barang-barang yang tidak terlalu penting.

    Di atas adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk perencanaan keuangan yang baik dan mudah di tengah masa pandemi seperti saat ini.

    Mungkin untuk orang-orang dengan kemampuan ekonomi yang bagus memang kurang begitu terasa dampaknya. Tetapi bagi siapa saja dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan memang sangat dituntut untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Supaya tidak terjadi masalah yang lebih serius dan bisa membahayakan kesehatan.
     
  2. Dias Marendra

    Dias Marendra New Member

    Joined:
    Sep 22, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Keadaan memang sangatlah sulit sekarang, namun jangan sampai kita patah arang dan berhenti berjuang buat orang-orang yang kita sayangi. Yuk, semangat dan bangkit lagi! Percaya saja janji Tuhan bahwa Ia tak akan memberikan cobaan di luar kemampuan umatnya.
     
  3. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    82
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    iya pandemi covid membuat hampir semua sektor ekonomi terdampak cukup parah
    harus pinter2 atur keuangan
     
Loading...

Share This Page