Pergi Berlibur? Ini Tips Agar Rumahmu Tetap Aman Selama Liburan

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, May 31, 2018.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    138
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Libur lebaran sudah di depan mata nih. Pasti kamu sudah menyiapkan destinasi wisata untuk mengisi liburan bersama keluarga ‘kan?

    Karena biasanya libur lebaran memakan waktu yang lama, artinya kamu harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dan dalam waktu yang lama juga. Ini juga berarti bahwa kamu harus menyiapkan segala sesuatu agar rumahmu tetap aman selama liburan.

    Lalu, apa saja sih yang harus dilakukan agar kamu dan keluarga bisa liburan dengan nyaman?

    Pertama, lapor kepada pihak terkait seperti ketua RT/RW atau kepala keamanan. Kalau kamu tinggal di apartemen, kamu juga bisa memberitahu pihak management kalau hunianmu sedang kosong. Meski keamanan di apartemen sudah terjamin, nggak ada salahnya kok melakukan hal ini, demi menghindari kejadian yang nggak diinginkan.

    Kedua, mintalah bantuan tetangga untuk memeriksa hunian secara berkala. Setidaknya, mereka akan membantu menyapu halaman agar tetap terlihat bersih. Jadi, orang lain nggak akan curiga kalau rumahmu sedang kosong.

    Ketiga, simpan dokumen berharga di dalam SDB (Safe Deposit Box) bank selama liburan. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

    Keempat, pastikan peralatan elektronik seperti tv, komputer atau mesin cuci dalam keadaan mati. Cabut semua kabel yang menempel pada saklar. Selain itu, pastikan juga gas dan mesin air dalam keadaan aman ya.

    Kelima, titipkan hewan peliharaanmu di pet shop. Opsi ini dipilih jika kamu benar-benar nggak bisa mengajak si manis pergi liburan bersama. Tapi, pastikan kamu memilih pet shop yang terpercaya agar peliharaanmu tetap sehat dan terawat.

    Keenam, cobalah untuk nggak update media sosial. Hal ini memang terdengar sulit sih. But, don’t worry! Ini hanya untuk sementara waktu kok. Pasalnya, terlalu mengekspos kegiatan berlibur di media sosial bisa dilihat siapa saja. Hal ini semata-mata untuk menghindari orang-orang yang berniat buruk.

    Gimana, gampang kan tipsnya? Yuk buat liburan makin berkesan dan menyenangkan. Rumah aman, liburan pun nyaman!

    Sumber
     
  2. nophit

    nophit New Member

    Joined:
    May 31, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    cocok, apalagi udah mau musim mudik lebaran gini
     
Loading...

Share This Page