Perhatikan 8 Hal ini ketika Memilih Domain Untuk SEO dan Branding

Discussion in 'Site & Server Administration' started by HadoSW, Nov 14, 2017.

  1. HadoSW

    HadoSW New Member

    Joined:
    Nov 14, 2017
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    1. Penting mana, Untuk SEO apa Brand???

    [​IMG]

    Biasanya selain mengincar nama domain murah dalam memilih domain, nama yang pertama muncul pasti yang berkaitan dengan nama produk yang dijual. Okey,,, Penerapan keyword on domain sebenarnya tidak masalah. Namun tidak ada salahnya bila Anda meninggalkan jejak kosa kata unik yang lain di ingatan visitor/ pelanggan sebagai representatif dari produk di toko/ website Anda. Ini memberikan gambaran bahwa Anda memiliki Brand, spesialisasi yang unik, pembeda dan tersendiri di ruang ingatan pelanggan.

    Terlebih jika sudah menyangkut logo, keyword on domain sangat jauh dari kata Branding. Sekeren apapun bentuk logonya. Untuk SEO, itu kembali ke cara optimasi keyword. Bayangkan saja kata AMAZON, keyword apa yang terlintas, kena semua bukan??? itulah penting Brand.

    Brand masih bisa dijadikan turunan keyword dari nama produk, sementara keyword dari nama produk agak rancuh bila dijadikan Brand.

    Misalnya untuk produk cincin couple, 3 pilihan yang sering terjadi:
    cincin-couple.com : Nama seperti ini susah untuk dikatakan, bikin malas diketik, apalagi diingat. Bayangkan saja tulisan itu dalam bentuk logo di baju Anda.
    cincincouple.com : Terdengar spesifik, ramah SEO namun tidak cukup berniat membangun Brand, sampai kiamat benar-benar tehenti pada 1 macam produk. Tak masalah, bila memang fokus jualan 1 produk saja dan ingin membeli domain lagi untuk produk couple lainnya.
    Romancouple.com : Jelas Brandable, Bertema romansa, Produk bisa ditambah nantinya yang bertema couple, tidak hanya cincin, tapi gelang, dan kalung, bahkan jam tangan couple juga bisa. Bayangkan juga tulisan itu adalah logo di baju Anda.

    2. Rancanglah Hal Baru agar Bisa dan Familiar untuk Diucapkan


    Sekarang bayangkan kata "meme". Ada yang mengucapkan meme, sebagianya lagi mengucapkan "mem", yang lainnya lagi "mim". Mana yang benar? Jawabannya tergantung di Negara mana Anda tinggal. Di Indonesia kebanyakan menyebutnya meme. Jadi ketika dituliskan dalam bentuk keyword, tidak pernah salah. Lain halnya kalau mim terlebih dahulu familiar, walaupun itu bentuk ucapan aslinya, tapi bisa saja membingungkan untuk beberapa visitor indonesia.

    Nah, itu dulu... saat dimana demam meme comic mulai muncul. Tapi saat ini saya rasa semua sudah paham dan nancap sekali di dalam kepala. Yang artinya ada perjuangan keras dari pencipta meme membentuk brand dari karyanya. Hasilnya, meme sudah MENDUNIA dengan beberapa turunan nama domain.

    3. Pastikan nama Domain yang Pendek.


    Hal ini tentu semua sepakat, tidak lagi jadi bahan perdebatan. Semakin pendek juga semakin bagus. Karena, seiring bertambahnya tahun dan teknologi semakin canggih, kadang malah membuat usernya malas. Tak terkecuali malas ngetik. Jadi berpikirlah 10x bila ingin membeli domain panjang.

    4. Domain TLD

    Entah ektensi apapun nantinya untuk menyaingi kepopuleran .com. \ Memilih .com adalah hal yang sangat penting. Bayangkan saja, dari jaman www. muncul hingga saat ini, ratusan ekstensi muncul tiap tahunnya tetap saja tidak mampun menggeser .com. Maka, utamakan .com. Bila tidak tersedia, pilih namadomain yang lain asalkan bisa dapat .com. Karena kalau memilih domain alternatif seperti ektensi .org .info. .net atau .xyz itu bisa membingungkan, terkecuali Anda bermaksud memborong semuanya untuk satu nama domain.


    5. Usahakan untuk Menghindari Deteksi Pelanggaran Merek Dagang

    Tersebutlah nama brand Adidas misalnya. Kemudian Anda berniat membeli nama Adidas.net. Anda juyal barang yang sama, optimasi hingga page one, bahkan berdampingan dengan website official Adidas. Maka tunggulah masa dimana Official Resmi Adidas bisa saja bertindak untuk melindungi pelanggannya dari kebingungan. Domain Anda bisa hilang dari peredaran.

    Point ke 5 ini, terlalu beresiko bila Anda lakukan sekalipun barang yang dijual berbeda. Lagian, miskin banget ma ide kelihatannya. Visitor sudah cerdas. Belajarlah dari orang yang coba-coba bikin website bodong bertema poin hadiah Telkomsel.

    6. Pancinglah Intuitif visitor

    Di halaman Page one ada 10 halaman organik, dan sekitar 15-17 halaman jika ada iklan adword. Entah organik maupun adword, usahakan nama domain Anda memancing intuisi visitor. Artinya ada keterkaitan yang kuat terhadap wawasan produk yang mereka miliki saat mengetik keyword di kolom pencarian. Kadang, hanya 4 halaman pertama yang mereka ingin lihat melalui Kopelnet alias klik kanan> Open Link in New Tab. Jadi, pastikan nama domain Anda memancing klik kanan mereka untuk dibuka di salah satu Tab mereka. Syukur-syukur kalau diklik lansung tanpa melalui Kopelnet.

    7. Nama yang mewakili beberapa keyword

    Sama seperti Romancouple.com dan cincincouple.com yang dicontohkan di atas. Cincin couple mewakili satu jenis produk, anchor text pun juga mau tidak mau hanya cincin couple. Sementara Romancouple, tentu akan mewakili beberapa produk couple, beberapa anchor text, dan pada akhirnya sangat mudah memproduksi related post dan memodifikasinya. Sisi Branded dapat, SEO juga bisa, bahkan akan bisa lebih lebih luas menembak keyword lainnya.

    8. Jika Pusing karena tidak tersedia, ya sudah Modifikasi.

    [​IMG]

    Mungkin ngotot ingin keyword on domain, maksud hati agar biar cepat konversi, cepat terindex. Sementara nama domain yang dimaksud sudah dimiliki orang lain. Ya sudah, ketimbang pusing berlama-lama menentukan nama brand atau nama kekyword. Anda bisa menambahkan akhiran atau awalan. Misalnya Boscincincouple.com, BosCouple.com, Anekacouple.com, Pusatcincincouple.com, dan lain-lain.

    Bahkan, jika niat banget ingin nyaingin toko sebelah dengan nama domain yang sama, ya sudah silahakn berlelah-lelah untuk melakukan optimasi dengan nama domain murah lainnya ataupun TLD alternatif, seperti .net. .co. .info .shop .id dan lain-lain, terserah. Tapi, jangan cemburu ketika visitor yang niatnya mengunjungi website Anda malah nyasar dan konversi di toko sebelah yang namanya sama dengan Anda. Itu sering terjadi.

    Terakhir sebagai penutup. Bila berbicara fakta, apapun domain dan ekstensinya, konversi itu tergantung bahasa marketing, dan page one tergantung cara optimasi on page dan off page. Tapi untuk membangun Brand, pemilihan nama unik adalah WAJIB.
     
Loading...
Similar Threads - Perhatikan ketika Memilih
  1. bagusetiawan
    Replies:
    5
    Views:
    476

Share This Page